BINTANG PRADANA. DUTA PIALA PRADANA BORONG JUARA

LAUNCHING PRIGI BIRD CONTEST KLATEN, #1

MB Lowe dan CH Zombie Menangi Kelas Utama, Duta Piala Pradana Borong Juara

Murai batu Lowe (Paul Intan) dan cucak hijau Zombie (Bambang KHI) berhasil meraih podium pertama kelas utama PBC di Launching Prigi Bird Contest. Diperkuat oleh burung-burung papan atas, Duta Piala Pradana berhasil memborong sejumlah gelar juara.

Launching Prigi Bird Contest yang diadakan pada Minggu, 13 Desember 2020 di Prigi Kulon, Ketandan, Klaten Utara berlangsung sukses. Meski hujan deras di pertengahan lomba tak mengurangi semangat dan antusiasme kicaumania untuk mencoba gantangan baru ini.

 

 

SOFYAN DAN CAHYO. MOTOR PENGGERAK PRIGI BIRD CONTEST

 

Berawal dari ide Sofyan, Cahyo, dan sejumlah peternak di Prigi Kulon untuk memanfaatkan gedung serba guna desa, mereka mengajak para pemuda untuk membuka gantangan baru ini. Mengingat kondisi perekonomian yang sedang sulit dikarenakan pandemi covid-19, ide ini mendapat respon positif dan diharapkan bisa menggerakkan roda perekonomian warga sekitar.

 

 

Bentuk, ukuran, dan tinggi gantangan standar nasional yang didukung dengan jarak dengan atap cukup jauh menjadi pembeda dengan gantangan-gantangan lainnya. Luasnya bangunan serba guna desa Prigi Kulon pun membuat pemain aman dari hujan. Panitia pun menyediakan kursi di pinggir gantangan agar peserta bisa melihat langsung kinerja gacoannya dan menikmati lomba.

 

SUASANA KELAS MURAI BATU DI LAUNCHING PRIGI BIRD CONTEST

 

Usung konsep lomba non teriak, panitia ternyata kewalahan untuk membendung teriakan peserta saat burungnya bunyi di lapangan. “Pengennya sih kita bikin lomba non teriak, duduk tenang di pinggir, trus nonton bareng burung yang lagi digantangkan. Selama nggak ekstrim dan nggak mengganggu penilaian, ya sudah kita biarin saja. Apalagi kondisinya hujan deras tadi,” ungkap Sofyan.

Salah satu laga yang menarik perhatian di Launching kali ini adalah kelas Murai Batu PBC yang akhirnya dimenangkan oleh murai batu Lowe. Bersaing dengan Mojosongo (Rivai / Edo) dan Reborn (Koh Mitro), murai batu andalan Royal Merapi BF ini diganjar bendera koncer A setelah tampil apik dari awal sampai akhir penilaian.

 

ROYAL MERAPI BF. MB LOWE JUARA KELAS MURAI BATU PBC

 

Langsung ngecun sejak awal digantangkan, murai batu berbadan mungil ini langsung mencuri perhatian juri dengan materi lagu panjang dan variatif yang digelontorkan. Membawakan materi lagu cililin, kapas tembak, tengkek, cucak cungkok, love bird, hwa mei betina, dan burung kecil-kecil lain, murai batu ekor putih ini seolah tak kenal lelah memuntahkan semua koleksi lagu yang tersimpan di memorinya.

Di kelas Murai Batu VIP, penampilan impresif ditunjukkan oleh murai batu Gedor milik Mr. Mollock yang akhirnya keluar sebagai kampiun. Berulang kali meluncurkan tembakan cililinan panjang dengan volume tandes, Gedor menjadi pilihan juri setelah unggul bendera koncer dari Sodo Lanang dan Jayabaya.

 

MR. MOLLOCK. MB GEDOR JUARA KELAS MURAI BATU VIP

 

Materi lagu panjang dan suara tembus yang ditunjukkan oleh Reborn juga berhasil mengantarkan murai batu milik Koh Mitro ini keluar sebagai kampiun di kelas Murai Batu Ring Bintang. Selain volume, kinerja spartan yang ditunjukkan oleh Reborn memang terlihat paling menonjol dibanding gaco-gaco lainnya.

 

Penampilan luar biasa juga ditunjukkan oleh cucak hijau Zombie di event kali ini mengantarakan amunisi milik Bambang KHI ini keluar sebagai pemenang di kelas Cucak Hijau PBC. Membawakan materi lagu love bird, kapas tembak, siri-siri, cucak kinoi, dan konin, Zombie terlihat menonjol dengan volume di atas rata rata dan gaya ngentrok jambul.

 

BAMBANG KHI. CH ZOMBIE JUARA KELAS UTAMA

 

Bambang mengungkapkan kalau Zombie adalah amunisi lama yang dulunya bernama Galengsong. Untuk pakan harian Zombie biasanya diberi jangkrik 3 ekor pagi dan sore, pisang kepok putih, dan tomat. Kalau mau lomba, H-3 jangkik jadi pagi 5 sore 10, Sabtu diberi tomat bacem plus madu, jor jangkrik dan UH 15. Minggu dikasih pisang bacem, minyak ikan, jor jangkrik dan UH 15.

Datang jauh-jauh dari Boyolali, Ahin yang menurunkan cucak hijau Brutal berhasil mencuri kemenangan di kelas Cucak Hijau Bintang setelah tampil maksimal dibanding lawan-lawannya. Meski hari mulai gelap dan kondisi cuaca kurang mendukung, Brutal justru tampil edan dengan mengumbar semua materi lagu koleksinya.

 

AHIN BOYOLALI. CH BRUTAL CURI KEMENANGAN

 

Kemenangan ini menjadi bukti kalau Brutal tak hanya jago kandang, namun bisa membawa pulang piala dari luar kota. Prestasi ini sekaligus menambah motivasi pria asal Boyolali ini berani menurunkan Brutal di event-event lainnya. Kalau tak ada halangan, Ahin akan kembali menurunkan Brutal di Gebyar Cendet KKB Boyolali pekan depan.

 

 

Diperkuat oleh burung-burung papan atas seperti murai batu Gedor, kacer Militan, dan kenari Las Vegas, Duta Piala Pradana yang diusung oleh Bintang Pradana dan kawan-kawan berhasil memborong sejumlah gelar juara di Launching PBC. Selain berlomba, Bintang mengaku kehadirannya di launching kali ini untuk menggalang dukungan dan sosialisasi Piala Pradana yang akan diadakan pada Minggu, 31 Januari 2021 di Bolali, Wonosari, Klaten.

 

TEJO PRADANA. KACER MILITAN NAIK PODIUM

 

Selain Gedor yang berhasil menduduki podium pertama dan ketiga di kelas murai batu, Bintang Pradana juga berhasil menempatkan kacer Militan di podium pertama kelas Kacer VIP. Di kelas Kenari, Las Vegas juga berhasil mencetak double winner di kelas Kenari Bebas PBC dan VIP.

Meski hanya sebagian kelas yang terisi penuh peserta (full gantangan), secara keseluruhan launching kali ini berjalan sukses tanpa protes berarti. Dengan lokasi strategis, gantangan standar nasional, tempat dan parkir yang luas, penjurian yang baik, dan dukungan warga sekitar bukannya tak mungkin kalau Prigi Bird Contest akan menjadi pilihan alternatif bagi kicaumania Klaten dan sekitarnya untuk melatih gacoannya.

 

PANITIA LAUNCHING PRIGI BIRD CONTEST

 

Mewakili seluruh juri dan panitia, Sofyan dan Cahyo mengucapkan terima kasih atas kedatangan peserta di launching kali ini. Mereka juga meminta maaf apabila ada kekurangan selama berlangsungnya gelaran mengingat kondisi hujan deras dan masih banyak yang harus diperbaiki. Mereka mengisyaratkan apabila PBC akan mengadakan latber rutin setiap hari Minggu. [asept]

 

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

JURI LAUNCHING PRIGI BIRD CONTEST

 

KOH MITRO. MB REBORN KONCER A DI KELAS MURAI BATU BINTANG

 

ISTANA CANARY. KENARI MINION RUNNER UP KELAS KENARI KALITAN VIP

 

ARIS WMP. AM NADIA CETAK DOUBLE WINNER

 

KAPER PERKA. KACER GHARUD MUDA JUARA KELAS KACER PBC

 

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

ROKE ROKE. KENARI HULK JUARA KELAS KENARI KALITAN PBC

 

KRIS PUTRO JOYO. CH KOPASUS JUARA 2 DAN 3

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER

 

BUYUNG AF. GALANG DUKUNGAN UNTUK EVEN PUNCAK 2nd ANNIV KICAU BATURAN BERSATU

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

KATA KUNCI: launching prigi bird contest lowe gedor zombie brutal las vegas militan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp