PANITIA LATPRES KORWIL BLITAR

LATPRES PERKUTUT P4LSI KORWIL BLITAR

Peserta Membludak

Latpres Perkutut Lokal Alam yang digelar oleh P4LSI Korwil Blitar di pasar Soraya desa Banggle, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar, Minggu 16 Oktober 2022, berjalan lancar, dan sukses. Peserta datang dari berbagai kota di Jatim. Pelepasan perkutut lokal ke alam liar sebagai syarat wajib yang harus dilakukan sebelum digelarnya lomba juga sukses dilaksanakan.

Kades Banggle, DRS. Nurhuda SH., berharap kegiatan ini bisa lancar, bisa berlanjut terus menerus, “Kami juga berharap semoga pasar Soraya Banggle bisa ramai. Latpres perkutut ini merupakan even yang ke 4 yang digelar di sini. Nantinya kegiatan latpres semacam ini kita evaluasi, jika ada kekuranagan akan kita benahi, sehingga kegiatan kedepannya nanti bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan,” jelasnya.

 

 

KADES BANGGLE, DRS. NURHUDA (KANAN), SIAP MELEPAS PERKUTUT KE ALAM

 

Memilih perkutut lokal alam untuk dilombakan merupakan salah satu wujud pelestarian, hal ini karena pemilik perkutut akan merawat dan memeliharanya dengan baik, ditambah lagi setiap even diharuskan melepaskan perkutut ke alam liar. “Dengan adanya pelepsan burung untuk melestarikan alam kembali sepeti awal dulu, dan di desa Banggle sendiri penggemar perkutut lokal sangat banyak,” tambahnya.

Mr. Tjahja Wahyu Djadmiko selaku ketua P4LSI Korwil Blitar  sangat bersyukur karena Latpres yang digelar pesertanya membludak, paling jauh peserta datang dari Bali. “Alhamdulillah kali ini peminatnya cukup antusias, datang dari seluruh pelosok daerah yang ada di Jawa Timur. Mulai dari kemarin (Sabtu, Red) sudah berdatangan sampai tadi pagi (minggu pagi, Red),” ungkapnya.

 

 

Kali ini panitia latpres membuka 7 kelas, dan dimulai tepat pukul 07.00 WIB termasuk seremonial pelepasan perkutut ke alam. Menurut Mr. Koko sapaan akrab ketua P4LSI Korwil Blitar ini, pelpasan burung sifatnya wajib di P4LSI, “Dengan adanya pelepasan burung, paling tidak ada keseimbangan antara kita memelihara dengan kita lepaskan, biar ada keseimbangan di alam ini, biar tidak punah,” tegasnya.

Mr. Dedi Subandono ketua Korda P4LSI Jatim juga hadir, diterangkan olehnya kalau even semacam ini telah digelar sejak tahun 2018,  yang diadakan sebulan sekali, “Latpres merupakan agenda rutin. Alhmdulillah kali ini yang berketempatan korwil Blitar, tepatnya di pasar Soraya Banggle. Alhamdulillah kita mendapt support dari bapak kepala desa,” ungkapnya.

 

PELEPASAN PERKUTUT LOKAL KE ALAM LIAR

 

Ketua Korda Jatim mengharapkan latpres ini bia memberi dampak postifnya bagi pasar dengan kedatangan peserta dari pelosok Jatim, “Insya Allah rekan-rekan yang hadir di sini datang dari seluruh Jawa timur, termasuk perwakilan korwil yang sudah terbentuk, ada 25 korwil. Kita fokuskan acara di Blitar.”

Menurut Mr. Dedi perkembangan P4LSI sudah terlihat potensinya, adanya korcam, mulai menggeliat, secara tidak langsung berperan pada ekonomi yang ada, paling tidak tingkat financial dari rekan-rekan penggiat dan pecinta perkutut lokal sendiri bertambah. “Harapan kami untuk P4LSI Korwil Blitar, tetap jaga solidaritas, utamakan paseduluran, Insya Allah sukses,” pungkasnya.  

 

DEDI SUBANDONO, KETUA KORDA P4LSI JATIM (BERKACAMATA)

 

Acara ini juga dihadiri sesepuh desa Banggle yang diwakili oleh kamituo Da’I, dijelaskannya kalau antusias dan dukungan masyarakat desa Banggle terhadap latpres perkutut ini sangat bagus perkembangannya.

“Pelepasan burung cukup berdampak di alam Banggle, sekarang ini nyuluh atau mikat perkutut tidak boleh, untuk pelestarian, dan utuk hiburan masyarakat sekitar sini,” jelas Kamituo pada burungnews.com.

 

MR. KOKO, KETUA PANITIA (3 DR KIRI), IR HERI ROMADHON ANGGOTA DPRD JATIM (TENGAH)

 

Latpres ini juga dihadiri Ir. Heri Romadhon, angota  DPRD Prop. Jatim yang juga pembina P4LSI korwil Blitar. “Harapan kita, korwil Blitar bisa berkembang, bisa mewadahi seluruh pecinta perkutut dan Insya Allah kedepan bisa dikembangkan lebih luas lagi,” kata Mr. Heri Romadhon.

Dijelaskan kalau pembinaan yang dilakukan dalam bentuk pemberdayaan. “Dengan  pemberdayaan bisa membuat pecinta perkutut lokal ini semakin solid, guyub rukun, dalam rangka persaudaraan yang ada di komunitas perkutut. Nanti kita kembangkan dengan pak ketua korwil program-program ke depan biar pecinta perkutut dalam hal ini korwil Blitar semakin bergairah di seantero Blitar Raya,” pungkasnya. (ferry)

BROSUR & AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

IR. HERI ROMADHON, PEMBINA P4LSI KORWIL BLITAR, MEMBERI ARAHAN

 

MR. KOKO (BAWA HP), MEMBERI UCAPAN TERIMAKASIH PADA JURI YANG BERTUGAS

 

SUASANA LOMBA KELAS LOKAL ALAM A

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

MR. NURKHOLIS, WAKIL KETUA P4LSI KORWIL BLITAR

 

KI BEDJO, MC

 

KI DALANG REDI MBELONG, MC

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

BAGIAN TIKETING, LARIS MANIS

 

PERAIH DOORPRIZE SANGKAR

 

PERAIH DOORPRIZE SEPEDA

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

 

PERAIH DOORPRIZE TV LED

 

MR. JLAMPRONG (PALING KIRI) DAN TEAM DARI TULUNGAGUNG

 

MR. DIDIK CATUR (TENGAH DUDUK), SEKRETARIS P4LSI KORWIL BLITAR

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: perkutut p4lsi korwil blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp