KOPDAR 2 SPM YOGYAKARTA

KOPDAR 2 SPM YOGYAKARTA

Full, Kelas Member Tambah Tiket 550, Simak Brosur dan Jadwal Terbaru

Dua kelas Member yang sudah tersedia sebelumnya di Kopdar 2 SPM (12 Maret) di Taman Parkir Jogja Bay, sudah full. Panitia pun mengakomodir permintaan tambah kelas. Sudah terisi 70 persen.

“Kita buka kelas khusus member tambahan di tiket 550K, karena dua kelas sebelumnya sudah habis, banyak yang minta tambah lagi,” ujar Aswindra Tumin dari NZR Indonesia, penggagas SPM.

Selain kelas Member mulai tiket 220K, 330K, dan kini tambah satu lagi tiket 550K, juga dibuka kelas Reguler untuk umum baik member maupun non member, mulai tiket 110K, 220K, 330K, 550K, 770K, 1.100K, dan kelas utama 2.200K.

 

GANTANGAN JOGJA BAY SAAT INI, RANGKA BESI PENYANGGA AKAN DIGANTI, DILENGKAPI BUKA TUTUP ELEKTRIK

 

Untuk kelas Member tambahan, hingga Senin 6 Maret sudah terisi 17 burung atau 70%. Sementara kelas utama Reguler tiket 2 juta, sudah ada 16 burung atau di atas 60%. Sisa waktu sekitar 5 hari lagi sebelum pelaksanaan, diyakini akan bisa terserap semua tiket yang disediakan.

“Kelas lain sudah ada yang habis atau menipis. Optimis masih ada beberapa hari lagi bakal full semua. Banyak yang siap hadir tapi baru mau pada daftar. Segera saja dipesan sekaligus diamankan, biar tidak kita bongkar dan jual kepada yang lebih membutuhkan,” ujar Teddy, Ketua SPM.

 

 

Total 11 kelas, termasuk tambahan, semua dibatasi 24-G. Lomba akan dinilai oleh team juri NZR Indonesia dengan sistem blok, tanpa korlap, ajuan terbuka. Para juri akan mengajukan 4 burung untuk nominasi, yang kemudian direkap di papan besar, bisa dilihat oleh semua.

Dari 4 ajuan tersebut, dua di antaranya sudah ditentukan sebagai ajuan koncer A dan B dengan menuliskan di lembar penilaian, sisanya adalah ajuan tambahan. Ajuan kemudian ditulis ulang di papan ekap. Burung yang berhak masuk nominasi, adalah dua grade teratas.

 

RANGKA BESI UNTUK PEMBENAHAN GANTANGAN, TINGGAL DIRANGKAI

 

“Dii tabel rekap, ada 4 bari grade ajuan. Paling atas ajuan 4, ajuan 3, ajuan 2, dan ajuan 1. Bila ada burung yang diajukan oleh 4 juri dan 3 juri, itulah yang masuk nominasi. Bila ada ajuan di grade 4, tapi grade 3 kosong, lalu grade 2 terisi, maka nominasi adalah burung yang diajukan oleh 4 dan 2 juri. Bila ajuan di grade 4 kosong, tapi grade 3 dan 2 terisi, maka itulah yang masuk nominasi,” ujar Mr. Bangun Catur, Ketua Divisi Juri Pusat NZR Indonesia yang sekarang juga tinggal di Yogyakarta.

Koncer A dan B yang sudah diajukan/ditulis oleh juri di lembar penilaian, tidak boleh diubah, digeser, atau ditukar, selama burung itu masuk nominasi (2 grade teratas di papan rekap) kemudian  ditandai dengan bendera nominasi di bawah burung. Bila ajuan koncer dari juri terbuang dari nominasi, maka bendera koncer tersebut ditinggal, tidak ditancapkan. Jadi jumlah bendera koncer yang ditancap, baik A atau B, belum tentu genap 4.

 

 

Satu ha lagi perlu diketahui dan dipahami, burung yang masuk nominasi, belum tentu dapat koncer. Demikian pula burung yang diajukan lebih banyak (grade lebih tinggi) bukan berarti harus juara. Bisa terjadi burung yang di grade 4 (dapat ajuan dari 4 juri) kalah bendera koncer dengan burung yang berada di grade 3 atau bahkan 2. Atau grade 3, kalah dengan grade 2.

Intinya, juara pasti nominasi, tapi nominasi belum tentu juara. Bagaimana nasib burung yang masuk nominasi, atau diajukan nominasi, tapi tidak mendapat koncer. “Bisa masuk dalam peringkat kejuaraan, untuk memenuhi kuota 1-5, dengan cara ditos. Misalnya dari bendera koncer baru teris 1-3, peringkat 4 dan 5 ditos dari grade di bawahnya,” tandas Catur.

 

 

PANITIA BOLEH MENURUNKAN BURUNG

Di Kopdar 2 SPM dan gelaran SPM lain berikutnya, mereka yang ikut terlibat dalam kepanitiaan, dari jenjang terbawah hingga Ketua, diijinkan untuk menurunkan burung miliknya, baik di kelas Member maupun Reguler. Keikutsertaan panitia, dilakukan secara terbuka, tidak ditutup-tutupi atau sembunyi-sembunyi.

Hal ini disampaikan oleh Mr. Dhona GDM, salah satu pengurus SPM. “Tidak ada yang salah dengan panitia ikut menurunkan burung. Justru dari sini kita ingin memberikan bukti, bila para juri NZR Indonesia di Kopdar 2 SPM besuk sepenuhnya akan menilai burung berdasarkan fakta lapangan, berdasarkan kinerja burung, bukan pemilik burung,” tandasnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Dalam hal penilaian, semua peserta punya hak yang sama. Mau panitia atau bukan, hanya kinerja dan kualitas burunglah yang akhirnya menentukan akan jadi juara atau tidak. “Bila ketebulan ada burung milik panitia yang juara, itu memang karena burung tersebut benar-benar layak. Kalau kalah, meskipun selisih tipis, ya harus tetap kalah. Kami mengharamkan pengkatrolan dengan alasan apa pun. Ini nanti team juri juga akan terus kita dril dan ingatkan soal komitmen ini,” imbuh Dhona.

Hingga Senin malam (6/3), tampak para pekerja sedang melembur pembenahan gantangan di Jogja Bay. Pembenahan dilakukan hampir menyeluruh, rangka tiang, besi penyangga, akan diganti dengan kontruksi baru yang lebih kuat dan tentu mentereng.

Atap yang saat ini sudah terpasang, dari bahan yang tidak berisik atau tetap senyap ketika hujan. Gantangan juga akan dilengkapi dengan perangkat buka-tutup elektrik, sehingga peserta tidak boleh terlambat menggantang. Kopdar 2 SPM, sekaligus menjadi ajang Launching Garasi Arena, yang akan jadi gantangan tetap pertama yang dengan fasilitas paling keren di blok tengah. [maltimbus]

 

 

BROSUR KOPDAR 2 SPM YOGYAKARTA:

 

JADWAL KOPDAR 2 SPM YOGYAKARTA:

 

 

 

BROSUR WONOGIRI FAIR BATTLE:

 

BROSUR DAN AGENDA LOMBA LAINNYA, KLIK DI SINI

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

KATA KUNCI: kopdar 2 spm yogyakarta spm yogyakarta solidaritas pecinta murai aswindra tumin teddy bks teddy spm dhona gdm gantangan jogja bay nzr indonesia wonogiri fair battle lomba lokal jogja lomba jogja

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp