LOVE BIRD BABY BISA GESTANG

KONTES PRESTASI KEBOKICAK BC

Lagi, Ada LB Baby Sudah Gestang di Atas Gantangan

Gestang (gesek tangkringan) menurut definisi para pakar love bird yang terdiri dari kalangan pemain, breeder lovebird dan praktisi peneliti unggas, Dr. drh Edi Budi Santoso yang juga Guru Besar di UGM Jogjakarta, gestang sedikitnya dibedakan menjadi tiga macam. Gestang karena keturunan, gestang karena penyakit dan gestang karena over birahi.

"Gestang itu tidak bisa didefinisikan sebagai over birahi saja, karena jangankan love bird baby, love bird yang masih lolohan saja sudah ada yang bisa gestang. Kalau tidak percaya, coba buka-buka youtube, ada banyak kok vidio yang memperlihatkan, love bird lolohan sudah gestang," kata Dr drh Edi.

Jadi, lanjutnya, ketika melihat gaco gestang di atas gantangan, jangan langsung dijustifikasi atau dituduh pemainnya main curang dengan menurunkan gaco dewasa di kelas baby. "Saya yakin para pemain lovebird sudah cerdas, karena sudah banyak yang sukses mbreeding love bird."

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI.  Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Hal ini selaras dengan komentar Lukman, pemilik akun facebook haikal pratama, breeder love bird spesialis jenis liliana nyasa, black cheeked dan hibrid di Denanyar Jombang. "Kebanyakan love bird baby sudah gestang serta mbebek atau OB, itu karena pemberian asupan pakan lolohan yang mengandung protein terlalu tinggi," cetusnya.

Misalnya, lanjut Lukman, pakai voor ikan lele atau pakan kucing yang dihaluskan, sedangkan pakan itu mengandung protein hewani yang tinggi. Solusi yang ditawarkan Dr. drh Edi dan Lukman adalah, sebaiknya kenali dulu gestangnya itu karena apa. Kalau karena keturunan, akan sulit disembuhkan karena sudah bawaan lahir. "Tangkringan bagaian bawah dikasih penggaris untuk terapi, agar  love bird tidak suka gestang," kata Lukman.

Tapi kalau karena over birahi, maka ektra fooding seperti kangkung dan jagung dikurangi atau dihilangkan. "Air minum dikasih rendaman kayu manis, akan mengurangi birahi burung secara signifikan," lanjut Lukman.

Sedangkan kalau disebabkan penyakit, seperti jamur atau bakteri yang menempel di sekitar anus love bird, caranya bisa dibasmi dengan memberikan obat salep kulit yang sifatnya dingin. "Misalnya canesten atau fungiderm, oleskan saja di akan sembuh,sekitar duburnya. Kalau memang gestangnya karena jamur, maka dalam dua atau tiga hari " kata Dr drh Edi.

 

 

 

 KI AGENG MERAJAI KELAS LOVE BIRD BABY

 

Pertarungan di kelas Baby di Kontes Prestasi Kebokicak BC di Gantangan Kebokicak BC di SDN Kwaron II, Diwek Jombang pada Minggu, 8 April berlangsung sengit. Pesertanya pun full gantangan.

Nomor 64 dan nomor 48 sebenarnya bersaing sengit. Sayang, kedua gaco yang rajin menggelontorkan durasi M1 tersebut akhirnya harus kandas di tengan jalan. Nomor 64 dinyatakan gugur karena gestang, sedangkan nomor 48 durasinya bablas sampali M2 dan lanjut.

 

BANG KOZIN MAESTRO RAIH PODIUM EMAS DI KELAS BALIBU BINTANG

 

Tapi, kedua gaco itu memang asli masih baby. Burungnews menyaksikan sendiri dari dekat. Bulu sayap masih tertata rapi dan masih genap 6 helai, warna kaki masih hitam. Beberapa pemain yang tahu kualitas gaco nomor 48 langsung merapat ke Mr Kam, menanyakan mahar si baby bablas tersebut.

"Wah, kalau ini sih belum dijual. Tunggu kalau durasi yang sebenarnya keluar di kelas paud, baru saya lelang," jawab Mr Kam, pemain yang juga pedagang aksesoris sangkar yang buka lapak rutin setiap hari Minggu di arena Kebokicak BC.

 

JAWARA KELAS BALIBU FAVORIT

 

Gaco yang berhasil meraih podium di kelas Baby Favorit adalah Ki Ageng debutan Ayun dari Mr Kunam BC, Matrix orbitan Uzek dari Randu Alas dan Parjah orbitan Gus Temon dari RRH. Ki Ageng berhasil nyeri juara I, karena kembali meraih podium puncak di kelas Baby Khusus A.

Di kelas Balibu Bintang, Bang Kozin dari Maestro BC berhasil mengawal gaco andalannya, Sany mencatat durasi terbaik mengalahkan Ria andalan Hadi Konteng dari Wonokerto dan Sarep andalan Dandi dari DF Dongeng. Bang Kozin kembali mengangkat tropi emas lewat aksi Kartika di kelas Cendet.

 

JAWARA KELAS LB BABY B

 

Sedangkan di kelas Balibu Favorit, Sany terlambat ketawa. Ketka penilaian sudah selesai, Sany baru nembak panjang. "Wah, telat!" cetus Bang Kojin. Di kelas Favorit, Pajero andalan Fadhil dari Kayen meraih podium puncak diikuti Giri milik Kaji Jaddab dari Jaddab BC dan Darling milik Mixil dari Kendokenceng.

Saemo andalan Harry dari Sumberjo sukses meraih prestasi emas di kelas Love Bird Kebokicak, setelah mengungguli durasi Jimbe andalan Jatipitu BF yang sudah berdurasi super sejak usia paud, podium tiga disambar Semut analdan Aris Gembel Mbois dari Tugu, Jombang.

 

JAWARA CUCAK HIJAU KEBOKICAK

 

Kaji Jaddab yang menurunkan gaco terbaiknya Gara, akhirnya meretas sukses di kelas Bintang. Gara naik podium utama setelah tampil menawan dan menungguli durasi Tali Kutank andalan Romandita dari RBC 99. Jaddab BC juga sukses merebut podium III lewat aksi Cabe Rawit.

Di kelas Cucak Hijau Kebokicak, Hulex 87 andalan Arif dari Tambakberas sukses meredam kehebatan gaco-gaco papan atas yang berjibun di arena Kebokicak. New Denok andalan Karnawan dari Japanan berhasil menjadi runner upnya diikuti Toner andalan Gombes dari KMD.

 

JAWARA KELAS KENARI

 

Di kelas Bintang, giliran Fortuner andalan Lurahe dari Jatikalaen, Plandaan Jombang yang merebut tahta. Gaco yang memiliki show hebat, sayap ngentrok, kepala jegrik, suara kasar dan menggulung, berhasil mengalahkan jawara papan atas, Gajahmada andalan Martono dari Tata SF dan Bayu Setro andalan Harmoko Teguh dari Setro SF yang juga breeder muray batu di Sambong, Jombang.

Kelas keanri juga menyuguhkan pertarungan sengit. Di kelas Bintang, Herocyn andalan Erwan dari Bangsri berhasil memimpin diikuti Tawon orbitan Bedes Group dari Rea Reo Hore dan Dollar andalan Nizar dar Sumber Indah Jogoroto Jombang.

 

JAWARA CUCAK HIJAU KELAS BINTANG

 

Kontes Prestasi ini juga diikuti komunitas Pleci dan Conin. Pertarungan di kelas Pleci dimenangkan Sundel Jr andalan Sudar dari KKPJ dan Sangkuriang andalan Dian Coy dari KKPJ. Sedangkan di kelas Conin, Nicotine andalan Bobby dari K3R yang sukses meretas prestasi emas, diikuti Gendis dan Ambuland andalan Duwan dan Ki Bopo Allan.

 

9 KOMUNITAS KONIN

 

KARTIKA ANDALAN BANG KOJIN DI KELAS CENDET

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp