PAKAI SANGKAR LOVE BIRD BISA JADI SOLUSI KACERM BAGONG

KONTES NEW GBC JOMBANG

Cegah Kacer Mbagong Pakai Sangkar Love Bird

Banyak cara dilakukan para pemain kacer, agar gaco andalannya tidak mbagong saat digantang. Salah satunya kiat yang diterapkan Dhimas dari Malang ketika test case Mateo di arena New GBC Jombang.

Seperti halnya love bird OB, Kacer mbagong atau mbedes adalah masalah yang acap menemani kacermania. Ketika gaco lagi fight, tiba-tiba mbagong. Jangankan naik podium, masuk line up juara saja susah.

 

 

DHIMAS DAN KACER MATEO NAIK PODIUM

DHIMAS DAN KACER MATEO NAIK PODIUM

 

Tapi, bagi sebagian pemain kacer, mbagong itu wajib agar kacer bisa top form. Jadi, mbagong itu bukan sesuatu yang lumrah ditertawakan. "Kacer mbagong itu pertanda birahinya sudah di puncak. Kita hanya perlu mengontrolnya agar kebiasaan ini tidak muncul saat digantangkan. Ini PR yang sulit tapi wajib dicari solusinya," kata Jojik, pemain cendet dan kacer kawakan dari Surabaya.

Mateo, kacer yang meraih juara I di Kontes New GBC di jalan Madura atau Geneng Gagng 2 Jombang pada Rabu Sore, 28 Maret juga sering mbagong. Diakui Dhimas pemilik Mateo, gaco ini sering mbagong saat digantang, sehingga prestasi pun terkubur cukup lama.

"Ini Mateo, gaco lama yang prestasinya menawan, tapi karena sering mbagong saat digantang, prestasinya jadi tenggelam," ungkap Dhimas kepada Burungnews.

 

ADU DURASI PANJANG PANCALI DAN JOJO 99 DI KLEAS LB DEWASA A

ADU DURASI PANJANG PANCALI DAN JOJO 99 DI KLEAS LB DEWASA A

 

Setingan yang pas buat Mateo ternyata cukup sepele. Mateo harus pakai sangkar love bird. Pertama dinaikkan, memang banyak pemain yang mentertawakan Dhimas karena menggantang kacer pakai sangkar love bird.

Tapi begitu melihat aksi Mateo, semua jadi bungkam. Dan begitu para juri menghamburkan bendera koncer warna merah ke Mateo, semua yang semula tertawa langsung bertepuk tangan. "Mantab, meskipun pakai sangkar love bird, kerjanya masih dahsyat. Tidak ada gembosnya," kata Giplo, Ketua New GBC yang memantau dari meja siar.

 

MAISAROH KEMBALI RAIH PODIUM PUNCAK KELAS BALIBU

MAISAROH KEMBALI RAIH PODIUM PUNCAK KELAS BALIBU

 

"Sudah saya coba banyak cara agar Mateo tidak mbagong di tengah lapang. Tapi hasilnya belum maksimal. Mengurangi ekstrafooding, mengurangi penjemuran, sering dimandikan dan lain-lain. Tapi ternyata ketemunya harus pakai sangkar love bird," kata Dhimas tersenyum.

Kontes New GBC kali ini relatif ramai dan kondusif. Banyak gaco heba yang dilagakan. Di kelas Love BIrd Dewasa, terjadi pertarungan durasi panjang. Pancali, love bird biru mangsi FC yang sudah kondang sejak masa paud, kali ini tampil top form.

 

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU A

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU A

 

Meski tidak mengeluarkan durasi istimewa seperti biasanya, Pancali cukup membuat tim juri kewalahan. Catatan ketawanya hampir memenuhi buru rekap nilai. Pancali yang ada di nomor 09 mencatat durasi Medium, Medium, P1, M2, P1, L2, P1, M2, M1, M2, M2, M1, L1, L2, L1 dam Medium.

Rival berat Pancali kali ini adalah Jojo 99 andalan Toko Jami' yang dikawal Eko dari Patimura Jombang. Durasi Jojo yang ada di gantangan 03 adalah: P1,P1,L1, L2, M2 dan M2. Jojo 99 adalah gaco lama yang punya senjata durasi ekstrim, namun sejak kakinya terluka, Jojo 99 belum bisa maksimal.

"Jojo sebelum kakinya sakit, prestasinya luar biasa. Durasinya juga kondang. Tapi sejak kakinya sakit, durasinya menurun. Tapi akhir-akhir ini perkembangannya membaik. Meskipun kaki masih sakit, sudah bisa mengeluarkan durasi panjang. Saya yakin Jojo bisa top form seperti semula," kata Luqman Haikal Pratama, spesialis breeder love bird yang mengusung materi Blackcheeked (BC) dan Liliana Nyasa di Denanyar Jombang.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Di kelas Balibu, Maisaroh oerbitan Bang Toji yang memiliki durasi panjang berkat sistim untulan, kali ini kembali konslet dan meraih podium teratas. Maisaroh mengungguli durasi Upin orbitan Abizar dari Cukir dan Uul milik Fery dari Gentilang BC.

Di kelas Baby, Karma debutan Abah Win dari PBC Gresik mencatat poin tertinggi, meninggalkan akumulasi nilai yang diraih Sakera orbitan Samudra Jagad dari Gebangsari dan Andara milik Uky P dari Jombang. "Meskipun dapat koncer B, saya puas kok. Kelas baby cuma untuk test case saja, apakah Sakera bisa dipakai untuk jangka panjang," kata Samudra Jagat.

 

PROYEC DAN JABRIK KUASAI KELAS MURAY BATU

PROYEC DAN JABRIK KUASAI KELAS MURAY BATU

 

Kelas Cucak Hijau relatif ramai di gantangan modern New GBC ini. Mr Jabrik andalan Tegus S dari Mojokerto behasil memukau tim juri dan menghadiahi bendera A mutlak. Diesel andalan Hakim dari Pulo meraih juara II dan Temon orbitan Hadi dari Pasar Pon Team yang pekan lalu moncer di arena Kebokicak BC, kali ini menempati podium III.

Kelas Perci yang biasanya hanya ada beberapa ekor saja, kali ini diikuti 25 gaco. Hamas andalan H Ayik dari Helos SF tetap menjadi yang terbaik meski dihadang Hancock andalan Jonas yang juga rekannya dari Helos SF dan Vegasus andalan Novi H dari KPPR.

Proyec andalan Fery di kelas Muray Batu mencuat di podium puncak setelah melakoni duel sengit melawan Jabrik andalan Raihan dari Jombang dan Bagong andalan Kukuh dari Temuwulan.

"Selamat atas prestasi yang diraih, jangan lupa, Minggu besok kembali merapat ke GBC. Pemesanan tiket sudah dilayani mulai sekarang lewat Mr Broden," kata Giplo, Komandan New GBC Jombang.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

KELAS PERCI DIIKUTI 25 KONTESTAN

KELAS PERCI DIIKUTI 25 KONTESTAN

KATA KUNCI: new-gbc-jombang pancali pleci mateo maisaroh upin cukir uul diesel helos-sf proyec jabrik

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp