DIRK VAN DEN ABEELE. BERSAMA KO DROS, OM BAGUS & OM YULI KLI SOLO (dok. Brandy)

KLI CUP V TANGERANG #2

Berani Tampil Beda, Hadirkan Bapak Lovebird Dunia

 

 

Kicaumania tanah air mengenalnya sebagai Bapak Lovebird Dunia. Pria kelahiran Belgia ini adalah seorang pakar genetika lovebird dan pemilik Ornitho Genetics. Selain itu, dia juga menjadi Presiden Kehormatan BVA, asosiasi pecinta lovebird di Belgia.

Dirk Van den Abeele namanya. Seorang pakar genetika yang sudah meneliti perkembangan lovebird selama puluhan tahun. Hasil penelitiannya sudah banyak yang diterbitkan dalam bentuk buku. Tak hanya itu, sejumlah karya ilmiah lainnya juga telah diterbitkan di beberapa media internasional. “Untuk KLI CUP V, kita secara khusus mengundang beliau,” ucap Om Ben, Penanggung Jawab gelaran KLI CUP tahun ini.

Kedatangannya ke Tanah Air adalah untuk memberikan seminar mengenai genetika lovebird dan membahas berbagai mutasinya. “Supaya para peternak dan penghobi di Indonesia ini bisa memahami bagaimana mutasi genetika itu terjadi. Sehingga diharapkan adanya peningkatan kualitas hasil ternak lovebird, supaya bisa bersaing dengan burung-burung impor,” jelas Om Ben.

Om Ben pun mengungkapkan, tujuan akhirnya adalah untuk membendung burung-burung impor masuk ke Indonesia. “ Tetapi kita secara bertahap bisa mengekspor burung ke luar negeri.” tambahnya kemudian.

 

DIRK VAN DEN ABEELE MEMBERIKAN SEMINAR DI DEPAN LOVEBIRD MANIA INDONESIA (dok. Brandy)

 

Hal senada juga diungkapkan Ibu Citra RC BirdFood Surabaya, salah satu peserta seminar. Dia berharap kepengurusan KLI saat ini bisa melakukan kegiatan sosialisasi dengan memberikan training keilmuan good breeding agar kita tidak masuk ke “jalur hybrid” seperti yang diungkapkan Dirk Van den Abeele. “Kampanye Back to Basic. Kembali ke Galur Genetika Murni.” Ibu Citra menegaskan.

Dia pun mengharapkan adanya sebuah wadah media sosial yang bisa mempercepat penyebaran berita. Baik dalam bentuk suatu grup di Facebook ataupun website, yang khusus membahas Galur Genetika Murni. Fungsinya adalah menjawab pertanyaan dan mengarahkan lovebird mania tentang bagaimana good breeding itu.

Butuh waktu dan tenaga dari masing-masing peternak untuk dapat membuka diri. Tidak hanya menjadi peternak yang money oriented, tetapi juga mau bekerjasama dengan peternak lain untuk mengembalikan Galur Genetika Murni, agar hasil ternaknya siap bersaing di pasar.

“Karena KLI adalah wadah semua korwil di Indonesia, maka dengan kedatangan Dirk Van den Abeele ini diharapkan semua peternak bisa memahami bagaimana itu Good Breeding,” ungkap wanita yang terjun langsung di bisnis lovebird bersama suaminya ini.

 

BEAUTY CONTEST LOVEBIRD. DIPANDU SPG CANTIK (dok. Brandy)

 

Selain mendatangkan Sang Pakar Lovebird Internasional, yang berbeda dari even KLI CUP V ini adalah digelarnya Beauty Contest di dalam mall. Mewakili KLI Lamongan, Om Herman menuturkan bahwa secara keseluruhan, penyelenggaraan Beauty Contest tahun ini sudah cukup bagus.

Memang bukan pertama kalinya even seperti ini diselenggarakan di dalam mall. Sebelumnya, hal serupa juga pernah dilakukan di Surabaya dan Pekalongan. “Supaya ada daya tarik bagi masyarakat umum pengunjung mall,” tandas Om Herman.

 

KATA KUNCI: kli cup v tangerang dirk van den abeele om ben om herman

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp