KI ANOM DARI NGALANA SF BANDUNG


KI ANOM NGALANA SF BANDUNG

Cara Jitu Hilangkan Kebiasaan Love Bird Acak-Acak Pakan

Burung love bird punya kebiasaan mengacak-cak pakan di cepuk. Selain jadi cepat habis, hal yang mengganggu kenyamanan adalah karena milet,   pakan lainnya, hingga air minum jadi berserakan mengotori lantai. Ada solusinya.

Selain biaya pakan yang jadi lebih boros, anak istri mungkin juga jadi sering ngomel. Nah, biar hal itu tidak terus terjadi, berikut ini ada cara agar hal itu tidak terjadi lagi.

 

 

Adalah Ki Anom dari Ngalana SF, kicaumania asal Bandung yang membagikan tips ini untuk para pembaca burungnews.com.

Menurut Ki Anom, penyebab love bird punya perilaku seperti itu banyak sekali,   antara lain:

 

DIAMETER LUBANG PAKAN LEBIH BAIK JIKA KECIL

 

  1. Jumlah pakan yang diberikan di cepuk terlalu banyak hingga penuh

    Dengan kondisi jumlah pakan milet di cepuk penuh, sangat mudah bagi love bird bermain-main dengan paruhnya ketika makan, akibatnya banyak sekali milet yang jatuh.

  1. Burung tidak suka dengan makanan yang diberikan

    Makanan yang tidak disukai membuat love bird merasa tidak butuh, sehingga apa yang di depan matanya seolah-olah menjadi sesuatu yang tak berguna.   Love bird bisa mengunakannya sebagai mainan sehingga diacak-acak.

 

 

  1. Kebiasaan memberikan pakan tambahan di cepuk atau tempat pakan

    Pakan utama love bird adalah milet. Sebaiknya milet tidak dicampur dengan pakan tambahan, semisal kangkung atau mentimun, sebab pakan milet akan banyak yang tumpah jika love bird ingin memakan sayuran.

  1. Perilaku love bird yang nakal

    Love bird yang suka mengacak-acak pakan juga bisa disebabkan karena over birahi dan kurangnya aktivitas love bird di dalam kandang. Agresifnya love bird bisa membuat tempat pakan menjadi sasaran mengasah paruhnya sehingga banyak sekali pakan milet yang tumpah.

  1. Ukuran tempat pakan yang terlalu besar

    Ukuran tempat pakan/minum atau cepuk yang besar sangat mudah dimasuki oleh love bird, bahkan sering juga love bird masuk dan mandi di tempat pakan. Kebiasaan ini membuat pakan jatuh berserakan, atau air menciprat ke mana-mana. Akibatnya lantai rumah juga menjadi kotor.

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk Khofifah Cup Surabaya 27 Oktober dan Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Lalu, apa sulusinya supaya hal itu tidak terjadi, atau setidaknya bisa berkurang banyak? Ki Anom pun membagikan tipsnya, yaitu:

  1. Membatasi pakan yang diberikan supaya pakan tidak berlebihan.

    Pakan di cepuk secukupnya saja, sehingga mengurangi kemungkinan love bird mengacak-acak

  2. Menambah variasi pakan.

    Misalnya yang semula pakan kombinasi campuran diganti dengan milet polos, atau sebaliknya jika awalnya menggunakan milet polos diganti dengan bijian kombinasi. Mengganti variasi pakan diharapkan love bird akan cocok dengan pakan yang baru sehingga kemungkinan mengacak-acak pakan berkurang. Demikian pula tambahan berupa kangkung, mentimun dan sayuran lainnya supaya love bird menyukai makanannya.

  3. Pakan tambahan berupa sayuran ditempatkan terpisah dengan pakan utama milet,supaya milet tidak tumpah jika love bird akan mengambil sayuran.

  4. Mengurangi birahi love bird.

    Cara menurunkan birahi banyak sekali metode yang digunakan baik dengan pengaturan pakan yang teratur, pemandian yang teratur, pola rawatan setingan yang rutin, dengan memberikan sayuran seperti mentimun, memberikan untulan dan masih banyak lagi cara yang digunakan.Semua itu berguna untuk menghindari aktivitas yang berlebihan love bird di dalam kandang akibat over birahi, sehingga akan mengurangi love bird mengacak-acak pakan.

  1. Meletakkan wadah pakan yang tidak terlalu besar.

    Tempat pakan love bird sebaiknya agak tinggi dengan diameter lubang yang kecil sehingga tubuh love bird tidak bisa masuk, dengan demikian love bird tidak bisa masuk dan bermain-main atau mandi di tempat pakan.

 

AGENDA LOMBA,  KLIK DI SINI

 

Ini dia asupan tambahan yang paling pas buat nyeting Paud. Sudah banyak yang membuktikannya...  Bila Anda belum bisa mendapatkannya di kios terdekat, bisa menghubungi nomor yang tertera pada baner berikut, atau langsung lewat Tokopedia / Bukalapak.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia atau hubungi 08113010789

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

KATA KUNCI: ki anom ngalana sf bandung

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp