KUSMIN JEPARA


KEJUTAN ISTIMEWA DARI PIALA RAJA

Sangkar Ukir Jepara Siap Kalahkan Model Cungkok

Ada yang menarik dari perhelatan Piala raja kali ini. Salah satu yang terpantau oleh burungnews adalah hadirnya kembali tokoh-tokoh lama yang turun gunung dengan kejutan-kejutan baru. Salah satunya adalah Ir Kusmin dari jepara.

Kicaumania era 90-an hingga awal 2000-an tentu tidak ada yang tidak kenal nama Kusmin Jepara. Karenanya namanya sangat moncer dengan burung-burung jagoannya. Terutama di kelas murai, anis merah, dan cucak hijau. Sampai kemudian ia harus kembali fokus dengan bisnis ekspor meubelnya, hampir lima tahunan vakum dari dunia perburungan.

Yang menarik, kali ini tidak hanya ikut menggantangkan beberapa jagoannya di Piala Raja. "Ini untuk pemanasan saja, setelah lama tidak aktif di lomba. Sekalian bersilaturahmi dengan teman-teman lama dan juga berkenalan dengan kicau mania yang baru. itung-itung refreshinglah, lama sekali saya tidak ke Yogya juga," ujarnya.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Rupanya Kusmin membawa karya baru juga di even ini. Yakni sangkar ukir buatannya sendiri. Ketika tertarik untuk terjun lagi ke dunia hobi kicauan, ia ingin menghadirkan inovasi baru juga. Dan bukan hanya sebatas ide, tapi sudah membuatnya juga. Kusmin membawa beberapa sangkar produksinya sendiri dengan model ukiran Jepara yang sangat sopisthicated.

Banyak yang merasa wow dengan sangkar buatannya itu. Baik kicaumania lama, sohibnya, maupun kicaumania baru. Begitu mewah, begitu detail, begitu hidup. "Tapi yang dibawa ini belum finishing ya. masih butuh beberapa waktu lagi untuk menyempurnakannya hingga sangkar akan tampak wah dan elegan," ujar pengusaha mebeler yang produknya seratus persen diekspor ke Eropa. Pembaca burungnews bisa melihat bentuk dan model sangkar buatan Kusmin dalam video berikut ini.

 

 

Ketika ditanya lebih detail tentang teknik pembuatan sangkarnya itu, Kusmin tak mau buka suara. Tapi burungnews tidak kurang akal, informasi digali dari beberapa sahabatnya dan salah satu perawat burungnya.

"Sangkar ini keistimewaanya bukan hanya di teknik produksinya, mas. Kalau sudah jadi, nanti seperti gambar tiga dimensi, ceruknya lebih dalam, detilnya lebih halus, dan lebih hidup. kalau digantang pasti paling menarik perhatian kicaumania," ujar Yudi setelah dikorek-korek keterangannya.

 

Aman, alami, bebas efek samping. Menjaga perfoma burung, mencegah burung ngedrop, membersihkan tenggorokan dan melegakan pernafasan... tampil ngedur dan dorrr!

 

Hal lain yang agak mengagetkan adalah, ternyata sangkar ini dibuat dengan membuat tim khusus. "Mereka juga harus tirakat sejak gambar jadi dan sebelum ukiran pertama dipahat. Mereka harus puasa tujuh hari sebelum memulai ukirannya. ini karena mengikuti tradisi empu-empu Jawa zaman dahulu yang kalau membuat keris yang berkharisma, dan yoninya tinggi, harus melalui laku tirakat dulu. Supaya auranya juga memancar. Jadi, ini penggabungan antara teknik dengan laku spiritual," jelasnya sambil berbisik.

Meskipun belum dilaunching untuk publik, dan hanya dikabarkan lewat whatsaps, namun sudah banyak yang menginginkan sangkar made in Kusmin Jepara ini. "Tapi, malah rata-rata bukan dari kicaumania yang pesan. Tapi dari para pejabat dan tokoh masyarakat. Mereka ingin membelinya untuk koleksi. Hanya dipajang di rumah sebagai barang eksklusif," bocornya.

 

KUSMIN SILATURAHMI KE PIALA RAJA

 

Sayangnya Kusmin masih belum tahu kapan akan melepas sangkarnya untuk umum. Katanya, masih menunggu hitungan primbon adammakna yang pas. Sebagai orang Jawa ia masih memandang penting untuk meminta pertimbangan dari pakar-pakar spiritual dan petungan Jowo.

Berapa ia akan membanderol sangkar eksklusif khas Jepara itu? Belum pasti juga. Tapi, berdasarkan informasi yang didapat burungnews dari drg Agung yang dua hari menemaninya keluyuran di Yogya, kemungkinan akan dilepas di harga sekitar Rp 25 jutaan. "Nggak tahu pastinya berapa nanti. Tapi, yang pasti, saya jamin kualitasnya memang istimewa. Bahkan produksi Kusmin dari Jepara ini bakal menggeser bahkan merontokkan dominasi sangkar Cungkok yang selama ini jadi koleksi para kicaumania tanah air," ujar dokter gigi yang pernah lama berkecimpung di PBI Sleman ini.* 

BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: kejutan istimewa dari piala raja sangkar ukir jepara

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp