JUARA KELAS MURAI BATU VIP


KEBOKICAK BC JOMBANG + VIDEO: Pakan Dijatah, MB Semongko Ikuti Jejak Melon

Untuk perawatan murai batu, H Sampoerno tidak mau sembarangan. Mulai dari soal pakan yang tidak boleh berlebihan, hanya dijatah ulat kandang setengah sendok teh, tanpa kroto dan ulat hongkong. Simak detail perawatan lainnya.

Murai batu Melon andalan H Sampoerno atau H. Pur dari Kesamben, Jombang sudah kerap moncer di berbagai even bergengsi. Diantaranya moncer di RGN Mojokerto tiket Rp 1 juta, moncer di Surabaya Vaganza, dan lain-lain.

 

 

JUARA MURAI BATU KEBOKICAK

 

Di gelaran Kebokicak BC di SDN Kwaron II, Diwek, Jombang pada hari Minggu 14 Maret 2021, pengusaha kertas ini menurunkan Semongko yang tak lain adalah adik dari Melon. Aksinya nyaris mirip dengan Melon, meski umurnya relatif belia.

Turun di sesi pertama kelas Murai Batu Vip, Semongko menempati nomor 22. Gaco yang memakai sangkar produk Radja ini langsung menggebrak dengan lagu roll tembaknya. Tim juri pun dipaksa melirik ke arahnya, terutama saat Semongko menukil suara cililin, kapas tembak, dan tengkek buto yang menjadi pukulan di akhir vokalnya.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

"Nomor 22 sangat mewah. Bukan hanya fisik dan gayanya yang perfect, ekor menjuntai panjang tapi tetap topform membongkar lagu mewah. Selain rajin memawakan lagu roll, gaco itu juga sering nembak suara cililin, kadang kapas tembak, dan tengkek buto. Staminanya juga stabil. Menurut ukuran saya, gaco ini bisa bersaing di even bergengsi," kata Atta, salah satu juri senior dari Kediri yang bertugas di Kebokicak BC.

Namun, saat mengorek perihal perawatannya, H Pur terkesan "kejam". Untuk pakan, baik Melon maupun Semongko cuma dijatah setengah sendok teh ulat kandang, dan dua ekor jangkrik yang diberikan hanya pada pagi dan sore.

 

LAGU ROLL TEMBAK MURAI BATU SEMONGKO

 

"Soal pakan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Saya sudah mencoba beberapa kali, jatah ulat kandang atau jangkrik saya tambah, performanya malah berantakan. Pokoknya untuk harian hanya setengah sendok teh ulat kandang, dan dua ekor jangkrik. Saya tidak pernah ngasih kroto ataupun ulat hongkong," cetusnya.

Untuk mandi, hanya diberikan dua hari sekali, penjemuran hanya sebentar, dan latihan fisik di tenggaran yang panjangnya 5 meter setiap hari Senin sampai Kamis. Selanjutnya full kerodong sampai hari H lomba.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU VIP

 

"Kalau dibilang kejam, ya memang seperti itulah. Tapi kalau kita tidak disiplin soal takaran pakan, jangan harap bisa punya gaco hebat. Tentu saja, pola perawatan ini bisa berhasil kalau bahan yang kita punya juga mumpuni. Kebetulan Melon dan Semongko ini trah prestasi, dari indukan yang sama," ungkap H. Pur yang berangkat ke Kebokicak bersama joki kepercayaannya, Sinyo Habibi.

Sengit dan ketat, gambaran pertarungan murai batu di Gantangan Kebokicak BC yang menerapkan silent contest dengan disiplin tinggi, juga menerapkan G 36 yang membatasi jumlah peserta hanya sampai 36 burung.

 

 

Di kelas Murai Batu Vip, kelas pertama untuk murai batu, Semongko bertemu dengan lawan pilih tanding. Diantaranya ada Darah Rimba milik H Anandria dari Lestari Alam BC Nganjuk yang sudah kondang di berbagai gantangan di sekitar Jombang, Nganjuk, dan Kediri.

Bintang andalan Rudi dari Kempleng juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kehebatan gaco ini setara dengan Darah Rimba. Terbukti, di sesi Vip, Darah Rimba mampu meraih podium dua, Bintang mengikuti di belakangnya.

 

JUARA CUCAK HIJAU KEBOKICAK

 

Pun saat turun di kelas Murai Batu Kebokicak, kelas termahal di sesi ini, Darah Rimba dan Bintang kembali menukil prestasi yang sama. Kali ini yang menjadi pemuncak laga adalah Temon yang diorbitkan Julio dari Sawunggaling BC Nganjuk.

Darah Rimba yang identik dengan sangkar bulat berwarna merah, berhasil membuktikan kehebatannya dengan meraih podium puncak saat melakoni duel di kelas Murai Batu A. Di sesi ini, podium dua dikuasai Siro milik H Sastri dari Las SF yang akhirnya moncer di kelas Murai Batiu B.

 

LESTARI ALAM BC ORBITKAN MB DARAH RIMBA DAN CH TARO

 

Lestari Alam BC atau LA BC tidak hanya sukses membesut kelas Murai Batu, tapi juga memboyong tropi terbaik di kelas Cucak Hijau Vip lewat aksi Taro milik H. Kantot. Kehebatan Taro yang menjadi pelapis cucak hijau Catrel, lolos dari intimidasi Ontong yang jadi andalan Bung Tom dari Nuumanie, serta Joyo andalan Sahal dari Perak.

Di kelas Cucak Hijau Kebokicak, nasib Taro tak semulus saat tampil di kelas Vip. Prestasinya terdegradasi ke papan bawah.  Gaco yang berhasil mengkudeta tahta di kelas ini adalah City Link andalan Bayan Ags dari Jombang. City Link bersanding dengan Suliwa yang dikawal Agus dari Markas Rempon, dan Dollar milik Malik dari PZR Team.

 

 

Di sesi Kacer yang dibuka tiga kelas, gaco milik Syeh Muslim Muhammad berhasil menggemparkan arena. Gaco ini sukses membungkus tropi juara I di kelas Kacer B, dan juara II di kelas Kacer C. (Detail berita dan Videonya akan dikupas di berita selanjutnya).

Di kelas Kenari, terjadi adu durasi dan cengkok mewah antara Alaska, Al, dan Rex. Alaska yang dikawal Mifta Gundul dari 5758 SF berhasil merebut prestasi teratas. Al andalan Aziz dari Sonic SF yang menempati podium dua, berhasil menggilas podium puncak saat revan di kelas B. Sementara Rex milik Andi Elektro bertahan di podium tiga.

 

JUARA KELAS KENARI A

 

Raja Gula andalan Abi Candra dari RG Family yang beberapa kali meraih Piala Burung Terbaik versi Kebokicak, namun tenggelam beberapa lama karena masalah kendala bulu, di gelaran ini kembali ditampilkan di sesi Kenari B. Raja Gula ternyata masih belum lupa cara naik podium. Di laga ini, Raja Gula berhasil meraih juara II.

Kelas Love Bird yang pamornya mengalami penurunan signifikan, di Kebokicak masih tetap cemerlang. Hampir semua kelas love bird yang dibuka dipenuhi peserta. Bahkan kelas Love Bird M1 yang baru hari ini dibuka kembali, kuantitas pesertanya menggembirakan.

 

JUARA KELAS KACER VIP

 

"Karena banyaknya permintaan dan kami wajib memenuhinya, maka kelas Love Bird M1 kembali kami buka. Alhamdulillah pesertanya sangat banyak dan bisa kita buka dua kelas," kata Karyanto, Ketua Kebokicak BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

TWISTER BUBUR, cocok untuk meloloh piyik/baby burung pemakan bijian termasuk kenari. Para breeder burung ocehan juga banyak yang cocok menggunakan TWISTER TROTOLAN. Selepas masa loloh/trotol, banyak yang mengaku cocok menggunakan Twister GoldSeaweed, atau Anti Stress. Coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

  

Ayo terus membeli dan memberikan TWISTER yang paling pas buat burungmu. Lebih sehat, lebih gacor (lebih cepat besar dan cepat bunyi untuk burung baby/piyik), dapatkan ratusan voucher/kupon hadiah langsung tanpa diundi seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Kupon bisa didapatkan dalam kemasan semua produk Twister periode 1 Januari - 31 Desember 2021.

 

JUARA MURAI BATU GEMBUNG

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

 

JUARA LOVE BIRD M1 A

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: kebokicak bc jombang mb semongko melon

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp