MBAH MUSLIM DAN KACER SUROBOYO


KEBOKICAK BC JOMBANG: Ritual Terganggu Kacer Suroboyo Mbagong, MB Pilang Unjuk Talenta

Saat mempersiapkan kacer Suroboyo naik gantangan, Mbah Muslim selalu berdoa agar Suroboyo tampil apik. Sayang ritualnya terganggu SPG yang melintas. Di kelas Murai Batu, Pilang yang masih belia berhasil naik podium.

Mbah Muslim Muhammad adalah pemain nyentrik asal Wlingi Blitar yang sering menyambangi Gantangan Kebokicak. Dengan sepeda bututnya, Mbah Muslim datang paling awal dan membeli tiket kelas A.

 

 

JUARA KACER A

 

Kali ini Mbah Muslim menurunkan kacer Suroboyo yang memiliki kelebihan di vokal yang lantang dan membekal materi isian variatif. Saat akan menggantang Suroboyo, Mbah Muslim selalu melakukan ritual atau berdoa sembari memandang Suroboyo.

Sayang, saat asyik berdoa, ada Sales Promotion Girl (SPG) yang menawarkan produknya kepada pemain yang ada di dekat Mbah Muslim. Parahnya, para pemain itu menyarankan SPG agar menawarkan produknya pada Mbah Muslim. Tapi sebelum si SPG melangkah mendekat, Mbah Muslim meradang. "Wah, ritualnya batal, awas nanti kacernya mbagong mbah," seloroh seorang pemain di dekat Mbah Muslim.

 

JUARA MURAI BATU A

 

Dan benar saja, baru saja digantang Suroboyo sudah mbagong. Meski sesekali masih mau kerja dan tampil impresif, namun mbagong lagi. Menyaksikan gacoannya tidak tampil, Mbah Muslim tidak berkecil hati.

"Nanti masih ada kelas revan. Kalau nyalimu kecil, mending di rumah saja dan gak usah gantang burung. Suroboyo akan saya turunkan lagi di kelas berikutnya. Di kelas Kacer C, Suroboyo bisa tampil, meski tidak top performa seperti biasanya. Kendati begitu masih bisa mengantongi piagam juara IV.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Di kelas Kacer yang dibuka tiga sesi, kelas A dan B diikuti 36 kontestan. Di kelas A, beberapa gaco papan atas yang sering juara di even akbar tampil di kelas ini. Sniper milik H Uchin dari Kuman BC Mojokerto sukses meretas pretasi emas.

Batosay orbitan Mehendra dari Brankaz SF yang aksinya tak kalah hebat dari Sniper, nagen di satu titik sambil membongkar suara kasar dikombinasi jeritan nyaring yang mampu menembus keluar arena, menguasai podium dua.

 

JUARA MURAI BATU KEBOKICAK

 

Grandong andalan Simonceli dari Cram Otak SF juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Gaco ini mampu merebut podium tiga, mengalahkan Ngempet milik Pakde dari Berkah SF yang sudah puluhan kali menyandang juara I di berbagai even.

Suasana gelaran Kebokicak BC di SDN Kwaron II, Diwek, Jombang pada Minggu 17 Januari 2021 cukup meriah. Dari 25 kelas yang digelar, 80% tiketnya ludes terjual. Malah, banyak pemain yang datang terlambat cuma bisa jadi penonton.

 

JUARA MURAI BATU VIP

 

Meski banyak yang meminta panitia untuk menambah kuota peserta, panitia Kebokicak BC tetap tak bergeming. Selain menerapkan lomba tanpa teriak dengan disiplin tinggi, Kebokicak BC juga membatasi jumlah peserta hanya 36 saja, atau G 36.

"Selama Pandemi ini, kami hanya menyiapkan 36 lembar tiket untuk setiap kelas. Ini demi kebaikan bersama, jadi meski banyak yang minta agar kami menambah kuota peserta, tetap tidak bisa kami penuhi. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata Karyanto, Ketua Kebokicak BC Jombang.

 

 

Meski dibatasi 36 peserta, kompetisi gaco yang turun di gantangan tertua di Jombang ini rata-rata membekal materi dahsyat dan sudah pernah menyandang prestasi. Namun ada juga beberapa gaco yang baru kali ini merasakan panasnya suhu kompetisi di Kebokicak.

Satu diantaranya adalah Pilang, murai batu orbitan Irfan dari Plosogeneng yang dikawal Jatmiko Aphatice. Jatmiko mengaku baru kali ini membawa Pilang ke gantangan Kebokicak dan berharap gacoannya bisa moncer.

 

HENDRA RAFIF DAN CUCAK HIJAU BENG BENG

 

"Pilang umurnya sangat belia. Meski begitu sudah beberapa kali juara satu di beberapa gantangan di Jombang. Tapi di Kebokicak, Pilang baru kali pertama ini saya bawa. Semoga nanti bisa juara," kata Jatmiko saat akan mengantang Pilang di kelas Murai Batu Kebokicak yang jadi partai utama kelas Murai Batu.

Di kelas Murai Batu Kebokicak, ternyata Pilang ogah tampil dan tak mampu menghiasi line up juara. Pilang baru mampu unjuk talent saat berlaga di kelas Murai Batu A. Di sesi ini Pilang meraih juara I, diikuti Hero andalan Krisna dari Sadon SF dan Bontang milik Ega dari Bontang.

 

JUARA CUCAK HIJAU KEBOKICAK

 

Di kelas Cucak Hijau yang dibuka 5 sesi, Beng Beng andalan Hendra Rafif dari Ngasem Kediri mampu menguasai podium puncak kelas utama, kelas Cucak Hijau Kebokicak. Di belakangnya, ada Jawara andalan Hayat dari Randulawang dan Tornado milik Bambang Resmob dari Resmob SF.

Indigo milik Andik dari Bukimata Wates yang dikawal Mbah Pitut berhasil mendulang prestasi emas di kelas Cucak Hijau Vip. Di sesi ini, Indigo bersaing ketat melawan Kanza yang jadi andalan Reza dari Pagerwojo, dan Lampir milik Army BF yang mengibarkan bendera MBJ Team.

 

 

Di kelas Kenari A, H Nizar yang bakal menggelar even Sumber Indah Cup III dalam waktu dekat, berhasil menguasai prestasi teratas lewat Artomoro. Durasi panjang Artomoro dan cengkok luwenya mampu meredam kehebatan Roky yang jadi andalan Arif Ahmad dari Antasari BC Tulungagung, dan Mitos andalan Margi dari KW2.

Di kelas Love Bird Fighter Vip, berkumpul gaco-gaco yang tenar lewat durasi mautnya. Salah satunya adalah Amelia milik H. Najib dari Ring Bogem Mojoagung yang kerap mencatat durasi tiga menit up di setiap aksinya.

 

JUARA CUCAK HIJAU VIP

 

Sayang, gaco yangdigantang di nomor 12 ini punya kebiasaan ngekek ngering, sehingga banyak durasi yang mubadzir. Di kelas bergengsi ini, Amelia hanya mampu mengisi peringkat enam. Juara I direbut Roro yang jadi andalan Gus YS dari Battlax YS, diikuti Kartini milik Haruko dan GJ 1000 milik Adit SBC.

Di kelas Love Bird M2, kehebatan Sinden Rawit masih sulit dipatahkan. Meskipun di kelas M2 A gagal menyandang juara I, gaco milik Unyil dari Liliana SF ini berhasil nyeri juara I di kelas M2 B dan C. Juara I di kelas M2 A diraih Cimol yang diorbitkan Cahaya dari Sayur Lijjo SF diikuti Rengginang Jr andalan Santri Alam BF.

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

"Terimakasih atas partisipasi dan dukungan teman-teman pemain, sehingga lomba yang dimulai tepat pukul 10.00 Wib sampai 15.30 Wib ini berlangsung mulus tanpa ada teriakan. Ikuti terus gelaran Kebokicak BC setiap hari Kamis mulai pukul 15.00 Wib dan hari Minggu mulai pukul 10.00 Wib," kata Karyanto, Ketua Kebokicak BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

JUARA KENARI A

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER VIP

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: kebokicak kebokicak jombang kacer suroboyo mbah muslim kacer mbah muslim murai batu love bird fighter cucak hijau kenari branjangan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp