KACER DADA HITAM, PELUANG JUARA TETAP ADA


KACER DADA HITAM SULIT BERSAING?: Stigma yang Terbantahkan oleh Blackberry

Penampilan Blackberry di Putra Soba, Jumat 1 Januari 2021 benar-benar mencuri perhatian. Penampilannya paling menonjol, juga satu-satunya yang berdada hitam.

Begitu digantang, jago milik Anto dari Wonogiri ini langsung ngerol sambil menari, sayapnya bergetar, ekornya dimainkan. Sesekali sambil jalan di tangkringan, lantas pindah ke tangkringan satunya.

 

ANTO (KIRI) BERSAMA KACER BLACKBERRY DAN NANDA (TENGAH)

 

Bila diperhatikan dan disimak lebih dekat, lagu-lagu kecilnya tampak jelas digelontorkan panjang-panjang. Cuaca yang kurang kondusif, hujan, sepertinya tak begitu pengaruh.

5 juri dari Putra Soba akhirnya memberikan koncer A. Menang cukup mutlak.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Bila mengurut ke belakang, jam terbang Blackberry ternyata cukup panjang. Kerap prestasi baik di seputar Solo Raya, bahkan juga di Jawa Timur.

“Kemarin di Jawa Timur secara penampilan sebenarnya juga layak juara 1. Tapi juri memutuskan hanya juara 2. Setelah kita tanyakan, katanya karena dada hitam. Padahal kan kelasnya Kacer, bukan kelas Kacer Dada Putih atau Poci. Menurut kami semestinya punya hak yang sama untuk juara asal secara penampilan dan kualitas memang lebih bagus.”

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Salah satu pengamat kacer asal Wonogiri yang hadir ke Soba, Nanda Prasetyo, menyebutkan, stigma bila kacer Jawa atau Dada Hitam tidak busa mengalahkan Dada Putih atau Poci, memang masih banyak dianut para juri.

“Jujur saja, memang bila sama-sama tampil dengan performa dan kualitas terbaiknya, Dada Putih memang sulit sekali dikalahkan Dada Hitam. Tapi semua kan kembali ke lapangan. Namanya burung tidak selalu tampil maksimal. Nah pada saat itulah Dada Hitam yang punya tipikal ngerol dengan lagu-lagu kecilan punya peluang juara.”

 

 

Ditambahkan Nanda, kebanyakan kacer Jawa punya tipikal lebih banyak mengeluarkan suara siulan dan sering ngeban. Hanya sebagian kecil yang mau ngerol dan bertahan di tangkringan tanpa ngeban. Salah satunya adalah Blackberry, yang kebetulan milik rekan Nanda sama-sama dari Wonogiri.

“Secara umum, bila sama-sama maksimal, ngerolnya dada putih memang lebih bagus, buka mulutnya lebih lebar, lebih powerful. Tapi di lapangan tidak selalu begitu kan. Jadi kita berharap para juri tidak terlalu tertanam stigma dada hitam tak bisa mengalahkan dada putih. Kalau memang saat itu lebih bagus, kenapa tidak,” tandasnya.

 

 

Dalam kaitan ini, Nanda pun memuji para juri di Putra Soba sudah bisa keluar dari stigma negatif kacer dada hitam. “Memang tadi secara penampilan sangat menonjol, sulit dicuri. Tapi apa pun, kita apresiasi untuk team juri yang cukup objektif dalam membuat keputusan.”

Gelaran Putra Soba bertepatan dengan libur tahun baru sesungguhnya hanya Latpres. Toh peserta cukup membludak. Nyaris semua kelas full. Beberapa peserta bahkan minta tambah kelas.

 

DANIS DAN TOPAN JIS, GANTANGAN PUTRA SOBA JADI RUJUKAN DI SOLO RAYA

 

Hujan deras yang mengguyur kawasan Solo Baru sejak siang hari tak menciutkan nyali. Memang, para peserta jadi merangsek ke dekat gantangan. Beruntung para peserta relatif mudah diatur, cukup tertib sehingga suara teriakannya tidak terlalu mengganggu.

Danis mewakili panitia dan team juri pun menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi kicaumania, khususnya dari Solo Raya. “Terima kasih masih tetap setia dengan gantangan Putra Soba JIS. Insya Allah kami akan tetap berusaha amanah. Kami juga terbuka bila ada masukan dan kritik.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

PANITIA DAN JURI JIS

 

KATA KUNCI: kacer dada hitam kacer blackberry

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp