JONDIL BIRD FARM, PETERNAK BRANJANGAN JOGJA: Omzet 80 Juta Per Bulan, Konsumen Rela Inden

Puluhan anakan branjangan tampak berjajar di kandang kapsul lovebird di Jondil Bird Farm Kauman, Wijirejon, Pandakan, Jogja. Ada yang berumur 1 minggu di dalam kotak mesin penetas, beberapa ada yang sudah mulai bunyi ngeriwik.

Begitulah suasana di Jondil BF, kepanjangan dari Jogo Kendil. “Awal ternak dulu saya punya indukan betina, saya mencoba membuat sarang dari kendil yang ditaruh rumput-rumput kering. Betina tersebut tampak nyaman, karena sang jantan selalu berdiri di atas kendil. Nah dari situlah saya punya ide untuk menamai Jonsil atau Jogo Kendil,” terang Ahmad Hanif, sang peternak.

 

HANIF DI KANDANG TERNAK BRANJANGAN

 

Haif latas menunjuk pada sebuah sangkar yang digantung. “Itu umur 7 bulan, sudah mau tampil juga di gantangan, mulai saya latih biar mempunyai mental di lapangan” imbuhya.

Menurut Hanif, branjangan sudah mau tampil kendati usia masih muda. Lepas trotol, bunyi, sudah berani ditampilkan.

Hanif menyukai dan memelihara branjangan sudah sejak kecil, saat usia SD. “Dulu di daerah sini sekitar Jogja, saya sering diajak bapak mencari burung branjangan di sawah, karena dulu masih banyak burung branjangan.”

Sebelum ternak branjangan, Hanif ternak burung Blackthroat. Ada puluhan indukan blackthroat, karena waktu itu sekitar tahun 2011 blackthroat sedang naik daun, harga anakannya lumayan.

 

 

Awal tahun 2017 Hanif mencoba ternak branjangan karena melihat para peternak branjangan yang sudah berhasil, sangat menjanjikan. Tidak semudah yang dibayangkan, awalnya selalu gagal.

Tak patah arang, Hanif tak malau untuk bertanya dan belajar kepada para senior. Alhasil di akhir tahun 2018, sudah mulai produk. Seiring berjalannya waktu Hanif mulai mencari indukan-indukan yang bagus.

“Total sampai sekarang ada 10 indukan, Alhamdulilah sudah produk semua,” ujar Hanif

 

HANIF BESAMA ANAKAN BRANJANGAN

 

Sekali nelur, satu betina bisa keluar 3-4 butir. Menetasnya tidak selalu barengm berselisih rata-rata satu hari. “Piyik ada yang saya panen umur satu hari lanjut loloh di luar, tapi ada juga yang saya biarkan diloloh indukannya sampai bisa makan sendiri. Tergantung juga karakternya nakal atau tidak. Diloloh indukan juga risiko, kalau birahi lagi, bisa ditelantarkannya itu anakannya.”

Pada kondisi normal atau tidak sedang mabung atau masalah lainnya, branjangan akan bertelur dua pekan sekali.

 

 

SUDAH HASILKAN 200 ANAKAN

Sejak akhir tahun 2018, dari kandang Jondil sudah menghasilkan paling tidak 200 anakan. Tak terhitung yang sudah tampil di lapangan dan meraih prestasi. Harga anakan mulai dari 7 juta sampai 8 juta, tergantung dari indukannya.

“Sebenarnya kalau tidak pada mati, anakan saya sudah 300an lebih. Tapi ya itu, kadang mati karena ditelantarkan bahkan diserang indukannya. Lama-lama juga paham anakan yang harus secepatnya dipanen setelah menetas, mana yang bisa dipertahankan untuk diloloh indukan.”

 

 PROSES LOLOH ANAKAN BRANJANGAN

 

Banyak para branjes mania yang rupanya puas dengan anakan dari Jondil Bird Farm, tak heran bila kemudian merekomendasikan ke teman-teman lainnya, selain juga memesan lagi untuk sendiri. Hanif pun hingga kini mengaku kewalahan memenuhi inden.

Padahal, pada kondisi normal, dalam sebula Hanif bisa menghasilka 30-35 anakan. Dengan bandrol harga antara 7-8 juta, sebula Hanif bisa mengatongi setidaknya 80 juta rupiah.

 

 

Kandang penangkaran di Jondil Bird Farm sangat sederhana sekali. Hanya terbuat dari papan triplek, di bagian depan memakai kawat strimin hijau. Ukuran kandangnya 80 cm x 50 cm x tinggi 50 cm. “Sebenarnya dengan kandang besar, induk menjadi lebih tenang, tapi kan butuh ruang yang besar. Sementara ini kan di sini lebih memanfaatkan ruangan yang sudah ada.”

Hanif memberika pakan yang alami, biji-bijian kenari seed tanpa racikan agar branjangan bisa berumur panjang. “Kalau umur branjangan saya tidak tahu sampai berapa tahun tapi, kalau memakai pakan yang alami tanpa racikan, bisa bertahan 20-25 tahun,” jelas Hanif sambil menutup obrolan. [maman, maltimbus]

 

 

ANAKAN BRANJANGAN USIA 1 MINGGU

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: jondil bf

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp