LOMBA METRO BIRD FESTIVAL LAMPUNG PERKENALKAN SISTEM BARU PENJURIAN LOVE BIRD

JELANG METRO BIRD FESTIVAL LAMPUNG

Perkenalkan Sistem Penilaian Love Bird, Panitia Memberi Kesempatan Kepada Perwakilan Peserta Untuk Ikut Turun ke Lapangan

Tinggal hitungan jam, even nasional Metro Bird Festival akan segera dilaksanakan di Stadion Tejosari 24 Kota Metro Lampung, Minggu 29 Oktober 2017. Persiapan demi persiapan sudah fix dilakukan panitia, termasuk H-1 melaksanakan sosialisasi sistem penilaian di kelas love bird.

Panitia yang digawangi Elvien Mahaka sengaja menyosialisasikan sistem penilaian di kelas love bird karena selain penggemar di kelas ini semakin ramai, juga karena persaingan untuk menjadi juara di kelas ini semakin hari semakin sengit dan ketat.

 

DUKUNGAN PENUH H. EBOD JAYA BERSAMA JAJARAN TINGGI RONGGOLAWE NUSANTARA

 

 

Terlebih lagi, pada lomba di Stadion Tejosari nanti, kelas love bird untuk semua kelas full gantangan. Hal ini terlihat dari habisnya semua tiket di kelas love bird.

“Saat penukaran tiket tadi sore, pesanan tiket untuk kelas love bird habis. Tidak hanya dihadiri pemain dari Lampung atau Sumatera saja, beberapa rekan Pulau Jawa juga hadir membawa love bird terbaiknya,” ujar Elvien.

Menurut Elvien, sosialisasi sistem penilaian terutama untuk kelas burung love bird dianggap sangat penting, bukan hanya untuk team juri namun juga untuk semua calon peserta agar sebelum turun di event tersebut, semua peserta sudah memahami kriteria burung yang benar – benar layak juara.

 

PANITIA. KOMPAK KAWAL LOMBA NASIONAL METRO BIRD FESTIVAL LAMPUNG

 

Hal senada juga diungkapkan Hery A’riyanto yang berkedudukan sebagai ketua Ronggolawe DPW Lampung. Menurutnya kelas burung love bird dewasa ini terus disesaki peserta, burung – burung yang bakal turun juga terbilang kompetif dan rata-rata mempunyai kualitas, oleh sebab itu pihaknya berjanji bakal memberikan servis lebih termasuk membekali team juri Rongggolawe Nusantara dengan sistem penjurian yang benar – benar akurat dan terbuka

 

Kombinasi Sistem Stik Bendera & Irama Lagu/Tebal-Tipisnya Volume Suara

Sistem penilaian khusus yang bakal diterapkan di kelas love bird sebenarnya tidak jauh beda dengan sistem yang pernah diterapkan Ronggolawe Nusantara di beberapa daerah sebelumnya.

“Sebenarnya hampir sama dengan sistem yang pernah diterapkan di even sebelumnya. Tidak jau beda dengan sistem yang pernah dikembangkan Kudus. Hanya ada beberapa penambahan seperti aspek irama lagu, tebal-tipisnya volume suara,” jelas Hery.

Menggunakan 1 lapangan, jumlah gantangan sebanyak 72 buah yang bakal di bagi ke dalam 6 blok, masing – masing blok bakal di isi 2 -3 orang juri yang bertugas mengawasi 12 ekor burung, ditambah 1 korlap dan 1 orang IP.

Setiap blok bakal dikawal seorang juri, seorang asisten juri dan penancap bendera stik, jadi bisa di pastikan untuk hal pemantauan burung yang bekerja bakal lebih teliti di setiap kelasnya, terlebih Metro Bird Festival bakal menggunkan juri – juri Ronggolawe Nusantara grid A yang notabennya sudah mempunyai jam terbang tinggi dan berpengalaman.

 

 

Sistem penilaian untuk kelas love bird, menggunakan bendera stik, untuk love bird dewasa, stik warna putih mempunyai nilai 5 poin, dengan catatan burung ngekek 3 – 6 detik, stik warna hijau mempunyai nilai 20 poin, jika burung ngekek 7 – 15 detik, sedangkan stik warna mempunyai nilai 50 poin (burung ngekek 16 – 10 detik), tambahan stik merah kelipatan 10 detik.

Sedangkan untuk kelas love bird balibu, stik warna putih mempunyai nilai 5 poin ( burung ngekek 2 – 4 detik), stik warna hijau mempunyai nilai 20 poin (burung ngekek 5 – 8 detik) dan stik warna merah mempunyai nilai 50 poin (burung ngekek 9 – 12 detik), tambahan stik hijau berlaku untuk kelipatan 3 detik, sedangkan tambahan stik merah kelipatan 6 detik.

Selain dengan sistem yang sudah diperbaharui dari sebelumnya dan juri grid A, panitia juga akan membuka kesempatan kepada peserta untuk memilih wakilnya sebagai pemantau di lapangan saat penjurian berlangsung.

Berikut tabel rincian sistem penilaian untuk kelas love bird yang bakal di terapkan di Metro Bird Festival Lampung, Minggu 29 Oktober 2017:

 

 

SALAH SATU STAN PENUKARAN TIKET

KATA KUNCI: metro bird festival lampung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp