SELAMAT DATANG DI ANGKASA PURA CUP 8

JELANG ANGKASA PURA CUP 8

Berbenah, Penilaian Love Bird Menggunakan Sistem Ketukan

Berbagai perbaikan dan pembenahan di berbagai lini menjadi bukti keseriusan panitia Angkasa Pura Cup 8 untuk menyajikan gelaran yang obyektif dan fairplay. Selain merombak juri dan melibatkan komunitas, panitia juga akan menerapkan sistem ketukan untuk penilaian love bird.

Dikenal sebagai salah satu barometer love bird, sistem penilaian love bird di Solo Raya selalu mengalami evolusi. Dari sekian banyak EO di Solo, ada yang menggunakan sistem coret, poin/bendera, dan ketukan (dengan bantuan teriakan koorlap). Agar tak salah bawa burung, perlu pemahaman dari peserta tentang sistem yang akan digunakan.

 

 

JADWAL LOMBA ANGKASA PURA CUP

 

Di Angkasa Pura Cup 8 nanti, panitia memutuskan akan menggunakan sistem penilaian ketukan dengan bantuan teriakan koorlap. Selain burung akan lebih terpantau dengan adanya koorlap di masing-masing blok, peserta juga bisa melihat dari luar apakah bendera yang diberikan sesuai dengan teriakan koorlap sehingga tidak terjadi kecurangan.

Dalam sistem ini, penyebutan burung kerja terdiri atas Angka (A1/A2), Masih (M1/M2), Lanjut (L), Masih Lanjut (ML) dan Panjang (P). Warna Bendera, Poin dan Durasi untuk kelas dewasa dan PAUD bisa dilihat pada tabel.

 

TABEL PENILAIAN LOVE BIRD ANGKASA PURA CUP

 

Khusus untuk kelas Fighter, panitia mensyaratkan beberapa ketentuan antara lain : respon fighter pada love bird lain, bulu tidak mengembang, power volume keluar jelas dan lantang. Apabila sampai merem melek tapi keluar volume dan power, tetapi tidak dibarengi ngriwek di sela-sela ngekek tetap sah.

Untuk love bird ngekek ngering, ngekek nebok dan ngekek gigit jeruji tidak masuk penilaian (tidak sah). Adapun ngekek satu nempel di jeruji dan satu di pangkringan dan tidak gigit jeruji, ngekek paruh masuk di sela-sela jeruji, dan love bird ciak bulu sebatas sedikit bagian garis leher masih masuk penilaian (sah). Untuk kriteria love bird fighter selengkapnya dapat dilihat pada tabel.

 

KRITERIA LOVE BIRD FIGHTER

 

Dengan berbagai perubahan yang dilakukan, Mardi berharap Angkasa Pura Cup 8 kembali mendapatkan marwahnya sebagai salah satu even bergengsi di Solo Raya dan sekitarnya. Kalau tertarik untuk hadir ke gelaran kali ini, langsung saja merapat ke Kantor Angkasa Pura, Bandara Adi Soemarmo besok Minggu.

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: angakasa pura

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp