DOBLEH BYL MERAWAT SEKITAR 80 BURUNG BERMASALAH

JASA RAWAT BURUNG BERMASALAH

Burung Serak/Bisu, Susah Mabung/Nyulam, Ciak Bulu, Batman, Bawa ke Dobleh, Insya Allah Beres

Memelihara burung berkicau, utamanya untuk lomba, memang penuh tantangan. Ada kalanya, muncul masalah yang sulit diatasi sendiri. Bila burung Anda mengalami trobel, seperti suara serak bahkan membisu, susah mabung, cicak bulu, nglowo/batman, dan masalah lainnya, Dobleh dari Boyolali siap membantunya.

Sudah beberapa tahun terakhir, Dobleh yang kini tinggal tak jauh dari gantangan Lembusuro, Karanggeneng, Boyolali melayani jasa merawat burung-burung bermasalah, khususnya jenis murai batu. Saat ini, ada sekurangnya 80 ekor burung murai yang ia urus, datang dari berbagai daerah bahkan luar pulau.

“Terjauh dari Balikpapan, ada juga dari Madura. Lainnya, dari berbagai daerah di pulau Jawa, ada yang dekat, ada pula yang cukup jauh. Alhamdulillah, sejauh ini saya bisa membantu mengatasi masalah-masalah tersebut,” ujar Dobleh ketika disambangi di salah satu tempat perawatannya.

 

MENJEMUR BURUNG. DOBLEH JUGA MEMBERDAYAKAN WARGA KAMPUNG YANG TERLATIH DAN BISA DIPERCAYA

 

Keseluruhan burung itu, tentu tidak cukup kalau hanya ditaruh di beberapa rumah saja. “Semua ada 18 rumah. Jadi kita memanfaatkan dan memberdayakan juga rumah-rumah milik tetangga di kampung sini. Termasuk sebagian warga, para remajanya, ikut membantu.”

Burung yang baru datang dan masih dalam proses penyembuhan, ditangani sendiri oleh Dobleh. “Tapi kalau yang sudah mulai pemulihan, ada yang mulai saya percayakan pada remaja-remaja di sini yang sudah terlatih merawat burung secara harian, dan tentu juga bisa dipercaya.”

Pekerjaan ini, memang membuat Dobleh jauh lebih sibuk dari sebelumnya. Nyaris seluruh waktunya habis untuk mengurus burung. Sejak pagi buta setelah waktu subuh, Dobleh sudah memulai “ngantor”.

 

DOBLEH. MENGENAL DAN MENCOBA PAKAN BURUNG PREMIUM TORY SEJAK PERTENGAHAN 2023

 

“Saya kan ada beberapa bos, yang kadang menyuruh berangkat lomba untuk nyeting dan menggantang. Kalau yang masih dalam jangkauan, seperti Semarang, Solo, Jogja, masih memungkinkan. Tapi kalau sampai seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, sudah angkat tangan. Ini masalah tanggungjawab mengurus burung milik banyak orang, kalau ditinggal terlalu jauh, yang otomatis juga terlalu lama, saya tidak berani.”

Waktu untuk membereskan burung-burung bermasalah itu, tentu bervariasi. “Tergantung masalahnya, kondisi masih ringan atau sudah parah, dan lainnya. Umumnya, burung yang dikirim ke sini sudah cukup parah rusaknya. Kan di sana tentu sudah dicoba sendiri oleh pemilik atau perawatnya, mungkin juga sudah dilakukan beragam cara, beragam obat dan asupan tambahan diberikan, kalau belum mau beres juga, baru mau dikirim sendiri.”

 

EXTRA FOODING JANGKRIK. PORSI BISA DIKURANGI BILA PAKAI TORY FIGHTER

               

Menurut Dobleh, ada yang bisa selesasi dalam 2 bulan, ada juga yang lebih lama. Ada yang begitu dianggap sudah selesai segera diambil atau dikirim, ada pula yang kemudian minta tolong Dobleh untuk mengorbitkan hingga menjualkan. Uang jasa, biasanya dibayarkan di awal untuk dua bulan ke depan.

Untuk burung yang baru datang, dengan segala masalah yang sudah diceritakan sebelumnya, Dobleh akan melakukan observasi awal dulu. Burung akan ditempatkan di rumah khusus, semacam karantina, yang terpisah dari yang lain. “Ini prinsip kehati-hatian, namanya burung baru datang, apalagi memang burung bermasalah, siapa tahu bawa sesuatu yang berpotensi menyebar pada yang lain.”

 

SUASANA GANTANGAN P2-3B NGEBONG – BOYOLALI

 

Pada burung ciak bulu misalnya. Setelah karantina awal dianggap selesai, dilakukan observasi lanjutan. “Ditempatkan sendirian, diperhatikan karakternya seperti apa, ketika ada burung lain, mendengar suara burung lain, responnya seperti apa. Ada kalanya, burung ciak bulu itu terjadi ketika birahi karena melihat dan/atau mendengar burung lain, kita ingin tahu penyebab awalnya apa. Kalau sudah bisa didiagnosa, baru kita bisa menentukan langkah perlakuan atau treatmen berikutnya.”

Langkah pertama untuk standar penanganan “pasien” secara umum, adalah soal bagaimana perawatan hariannya. “Pakan, baik pakan utama voer sampai ekstra foodingnya, harus benar-benar berkualitas. Kualitas di sini, mengacu pada pakan itu harus bersih, higienis, sehat, masih baru atau fresh artinya belum kadaluwarsa. Kualitas pakan yang diasup, kan sangat mempengaruhi secara langsung kondisi burung berikutnya.”

Untuk perawatan dasar, baik harian hingga nanti setelah pulih mulai diseting buat tampil, Dobleh mulai menggunakan Tory, varian Dailay dan Fighter. Dobleh mengaku mulai mengenal dan mencoba pakan Tory sejak pertengahan tahun 2023 yang lalu, di bulan Juni.

 

TORY, pakan premium untuk Anda yang benar-benar menyayangi burungnya, menyediakan varian sesuai kebutuhan. Merapat ke kios burung terdekat atau hubungi agen dengan KLIK DI SINI

 

 

“Waktu itu ikut jadi sponsor salah satu event, terus lanjut menjadi sponsor gantangan P2-3B, Ngebong Boyolali. Kebetulan saya ikut terlibat sebagai team juri di sini. Jadi saya sudah ikut mencoba pakan Tory.”

Sesuai dengan kebutuhan, Dobleh mencoba yang varian Daily dan Fighter. “Tentu awalnya saya berikan sedikit-sedikit dulu, untuk adaptasi. Itu pun diberikan kepada burung-burung milik saya sendiri atau yang aman-aman.”

Diamati setelah diberikan, kok bagus efeknya pada burung. “Paling awal kelihatan adalah kotoran jadi lebih kecil-kecil dan kering. Berikutnya nafsu makan meningkat, burung juga jadi terlihat lebih aktif, bulu lebih gilap, pandangan mata lebih tajam dan jernih. Itu salah satu cara gampang mendeteksi bia kondisi burung itu secara umum bisa dikatakan sehat.”

 

BURUNG YANG SEHAT DAN NORMAL, IMPRESIF, GARANG, SUARA LANTANG DAN JERNIH

 

Pada burung yang sudah pulih dan hendak dicoba ke lapangan, Tory Fighter juga dinilai bagus. “Jangkrik porsi bisa dikurangi. Bagaimana pasnya, itu yang harus dicari, karena tiap burung kan beda-beda. Kalau baca etiket di kemasan, itu sudah ada kandungan ekstrak serangga. Mungkin kita tidak tega atau berani sama sekali meinggalkan  jangkrik dan kroto, tapi porsi bisa kita kurangi.”

Dobleh menggarisbawahi, pakan itu, termasuk Tory, bukan untuk mengobati segala macam masalah yang sedang mendera burung. Pakan yang baik membantu pemulihan, juga mencegah beragam masalah muncul lagi.

“Pada burung yang masih normal, pakan yang berkualitas itu direkomendasikan untuk diberikan, secara fisik kering, masih segar, belum bau apek. Dari etiket, bisa dilihat belum kadaluwarsa, kandungan nutrisnya mencukupi kebutuhan burung, termasuk ada tambahan zat yang disebut bisa membuat burung lebih cerdas ketika mencerna suara dari master.”

 

PAKAN BURUNG PREMIUM TORY BISA DIDAPATKAN DI MARKET PLACE SECARA ONLINE

 

Sayang, sampai sekarang pakan Tory memang belum tersedia di seputar Boyolali. Dobleh membeli ketika ke Solo mampir ke Pasar Burung Depok, atau mengakalinya dengan titip ke teman-teman yang ada acara ke Solo, atau teman-teman Solo yang hendak ke Boyolali. Cara lain, bisa melakukan pembelian secara online.

Sehat dan tampak bugar saja, itu belum cukup. “Burung-burung yang bermasalah itu, seringkali sekilas juga terlihat sehat dan bugar. Misalnya yang serak atau membisu. Setelah dia mencoba berbunyi, baru ketahuan masalahnya. Mulut sudah membuka, tapi suara terdengar lirih sekali, atau bahkan sama sekali tidak keluar suaranya.”

 

 

Dobleh memiliki ramuan yang ia buat sendiri dari bahan-bahan herbal. Kadang kala cukup dengan itu, pada kasus tertentu juga dibantu dengan obat yang tersedia di pasaran. Tentu harus memastikan bila obat tersebut asli. Sekarang di pasaran, juga banyak terdeteksi barang-barang palsu.

“Tetapi, untuk menyelesaikan masalah pada burung yang bermasalah, apakah karena sakit, ataui burung nakal, pemberian ramuan dan obat saja belum cukup. Kita harus benar-benar melakukan observasi yang  tuntas, paham karakter si burung, memberikan perhatian dan kasih sayang benar-benar dari dalam. Tidak cukup hanya mengikuti prosedur perawatan saja, seperti perlakuan kapan memberikan pakan, jenis dan porsi pakan - minum, menjemur, memandikan, dan lainnya.”

 

 

Menjelang lebaran, mereka yang ingin titip burung ke Dobleh akan semakin banyak. Bukan hanya burung bermasalah, tapi juga burung yang hendak ditinggal mudik. “Sampai pada batas kemampuan saya dan team di sini bisa mengurus, Insya Allah diterima. Tapi kalau sudah benar-benar penuh, tentu kami juga tidak akan memaksakan diri.”

Ingin kenal lebih dekat dengan Dobleh, bisa hubungi di sini lewat whatsapp, 0822.8180.4018. [maltimbus]

BROSUR & AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: dobleh dobleh boyolali burung rusak jasa rawat burung rusak rawat burung rusak boyolali burung susah mabung bulu nyulam burung nglowo burung batman burung ciak bulu pakan burung premium tory tory daily tory fighter

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp