BAYU DAN KENARI KERIPUT, KENDALIKAN BIRAHI, ITU RAHASIANYA

Ini Kiat Bayu D'Bill Stabilkan Kenari Andalannya

 

 

 

Konsisten main dikelas kenari, sampai saat ini masih tetap dipegang teguh Bayu D’Bill. Kicaumania asal Pondokgede Bekasi memang bukan orang baru di kalangan kenarimania.

Berikut ini sedikit kiat bagaimana meredam kondisi burungnya menjelang lomba, agar di lapangan burung nancep dan ngedur saat ketemu lawan.

Sebagai pemain kenari yang cukup senior, dia boleh dibilang selektif dalam memilih beberapa gaconya. Sudah banyak kenari yang moncer ditangan dia.

Nama-nama kenari orbitannya yang sukses di antaranya Jordan, Veloz, dan terakhir Gembul.

Saat ini, Bayu tengah mengorbitkan gaco andalannya di jenis kenari lokal super, namanya Keriput. Prestasinya sudah beberapa kali juara pertama di berbagai even yang diikutinya.

Kualitasnya memang istimewa, bagus, juga yang terpenting durasi kerjanya yang ngedur terus tanpa henti saat ketemu lawan di lapangan. Begitu juga volumenya di atas rata-rata,  serta cengkok mewahnya yang kerap menjadi perhatian juri.

Dalam perawatan keseharian, menurutnya sama halnya dengan penanganan kenari pada umumnya. Tanpa umbaran cukup di kandang harian.

Perawatan kesehariannya, pagi saat buka kerodong burung dianginkan. Penjemuran dilakukan tidak lebih dari 2 jam.

Kebutuhan ekstrafooding seperti buah apel merah, sayuran sawi, hingga telur puyuh rebus, diberikan secara selang seling. Lain halnya saat di hari H, diberikan buah ketimun.

Problem kenari di lapangan biasanya burung selalu over birahi. Biasanya ditandai perilakunya di lapangan yang hiperaktif, nabrak jeruji, dan lompat-lompat saat ketemu lawan.

Nah agar kondisi burung tidak terlalu galak karena birahi, Keriput dimandikan 2 kali dalam sehari. Biasanya selain pagi, sore pukul 15.00 WIB, krodong dibuka, disediakan cepuk kecil sebagai tempat air untuk mandi.

Jadi dengan mandi dua kali sehari, kondisi birahi burung agak terkontrol.  

Hanya dengan perawatan sederhana ini, prestasi Keriput stabil di lapangan. Buktinya pun jelas, Keriput kenari lokal warna kuning sudah 9 kali juara selama di tangan Bayu D’Bill.

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp