BUDI SETIAWAN & CANTIK. SUDAH JUARA SEJAK MEI 2015

Ini Dia Love Bird Blorok Tercantik di Indonesia Versi KLI

 

 

 

Even KLI Cup 4 Solo, sudah berlangsung hari Minggu 8 Mei yang lalu. Ada dua kategori kontes, yaitu kontes kecantikan love bird, dan kontes singing yang terdiri dari love bird dan beberapa jenis burung lainnya.

Dalam kategori kontes kecantikan atau Beauty Contest, salah satu kelas yang cukup bergengsi adalah  adalah kelas blorok atau Pied. Seperti apa, milik siapa, dan dari mana asal-usul sang juara?

Pemenangnya, ternyata adalah burung dari Solo, juga burung asli lahir di Solo. Itulah Cantik, begitu Budi Setiawan dari Luwes BC, sang pemilik, memberi nama pada burung tersebut. Seperti apa rupa cantiknya, bisa dilihat pada foto terlampir  dalam berita ini.

 

LB CANTIK BERSAMA BUKTI KEJUARAAN DI KLI CUP 4, 8 MEI

 

Ternyata, Budi mendapatkan burung secara “iseng”, ketika ingin mencoba mengikuti kontes kecantikan di Palur Plaza pada 24 Mei 1015, atau sekitar setahun yang lalu.

Budi pun segera memilah dan menyeleksi anakan dari kandang breedingnya yang berjumlah sekitar 40 pasang. Dari hasil memilah-milah itu, ditemukanlah salah satu anakan yang menurutnya memang paling lengkap materinya.

Posturnya seimbang, bulunya bersih, secara fisik sehat dan utuh, bloroknya simetris, kepala merah menyala, kemudian turun ke bagian dada membentuk gradasi yang tersusun rapi. “Karena dilihat memang cantik, maka untuk mudahnya saya kasih nama Cantik,” ujar Budi.

 

INI DIA TAMPANG & TONGKRONGAN LB CANTIK YANG DINYATAKAN TERCANTIK SE INDONESIA

 

Pilihan yang kemudian terbukti tepat. Pada keikutsertaannya yang pertama di kontes Palur Plaza 24 Mei 2015 itu, Cantik terpilih menjadi juara 1 dan 3. Pada 15 November 2015, Cantik kembali dilombakan di Palur Plaza. Cantik kembali meraih posisi atas masuk ranking 3, 5, dan 6.

Memasuk tahun 2016, ada even akbar KLI Cup 4. Budi pun kembali mengandalkan Cantik untuk diikutkan, mewakili Luwes BC bersma jago lain milik Eko LMS. “Sebagian besar teman-teman Luwes turun di singing contest, saya dan mas Eko mewakili turun di Beauty Contest,” imbuhnya.

Begitu hasil rekap juri diumumkan, ternyata Cantik kembali menjadi yang terbaik, meraih juara 1 kelas Pied atau blorok. Padahal, peserta merupakan burung milik para kolektor terbaik di tanah air.

 

BUDI DI DEPAN KANDANG BREEDING. ANAKANNYA TERBUKTI BISA JUARA INDONESIA

 

Artinya, burung hasil breeding sendiri milik Budi Setiawan, ternyata juga sudah mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik di antara koleksi love bird warna blorok milik para peserta seluruh Indonesia.

Saat ini, Cantik berumur  sekitar 1,5 tahun. Cantik berkelamin jantan, masuk jenis Pied GS.  Untuk perawatan, hariannya bisa dikatakan biasa saja.  “Pakan harian biasa saja, mix biji-bijian seperti milet putih, kenari seed, dan biji matahari.

Kalau mau kontes, H-7 mulai diberlakukan perawatan cukup intensif. Setelah mandi pagi, kemudian dijemur sampai sekitar jam 08.00. Ekstra fooding yang diperlukan saat menjelang lomba, antara lain haver dan jagung muda.  Setelah H-2 sampai hari H, Cantik sama sekali tidak mandi.

Ada pula yang unik. H-7 sampai hari H, ada perawatan khusus kaki menipedicure dengan feedsol. Kesehatan dan kebersihan kaki adalah salah satu yang punya pengaruh besar terhadap penilaian kontes kecantikan love bird.

 

 

DATA JUARA BEAUTY CONTEST KLI CUP 4 SOLO

 

BERITA TERKAIT:

PEMBUKTIAN LUWES BC DI SINGING & BEAUTY CONTEST

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp