JADWAL ANNIVERSARY RE MUCI 29 MEI

INDEPENDEN RE MUCI TANGERANG

Setelah 6 Tahun Berkarya, Yuk Ikuti Anniversary-nya Mulai Besuk Sabtu 29 Mei

Awalnya hanya gantangan bambu buat sparing pleci milik warga di satu komplek, kini jadi salah satu gantangan paling favorit di Tangerang bahkan Jabodetabek. Simak perjalanan RE Muci, hingga pakem penilaian mulai lovebird hingga ocehan yang mengedepankan transparansi dan fairplay.

Tahun 2015 tepatnya 17 Mei 2015, hanya bermodalkan bambu bekas dari renovasi rumah akhirnya berdiri gantangan burung berkicau. Lokasinya di Fasum blok MINA komplek perumahan Villa Ilhami Tangerang.

 

 

Itu semua berawal dari hobi pelihara burung pleci beberapa warga dan sahabat sekitar, kemudian tertarik untuk mengadakan sparing atau latihan sambil berdiskusi. Lambat laun, berlanjut ke arah lebih serius untuk mencari team penilai / juri, karena semakin antusias penghobi yang mengikuti latihan.

Setelah melalui proses panjang survei dari gantangan ke gantangan burung yang berada di wilayah Tangerang, team yang dikordinir Kuncoro,SH menjatuhkan pilihannya ke juri Independen JBC Jati Bird Community yang saat itu memang menjadi salah satu gantangan burung akar rumput favorit kicaumania yang dinilai konsisten menerapkan fair play.

 

GANTANGAN RE SEWAKTU DI IBC - ISLAMIC BIRD COMMUNITY (dok omkicau)

 

Seiiring berjalannya waktu, mulai awal pertama kali launching hingga latihan rutin dengan nama awal EO Islamic Bird Community (IBC) yang hanya diadakan setiap hari Sabtu terus diserbu penggemar burung berkicau hingga wilayah jabodetabek. Puncaknya yaitu pertama kali adakan event regional Gebyar Kemerdekaan ke-70 RI tiket terjual ludes, hampir 700.

“Pada saat itu hanya terbatas 45 gantangan dari 16 sesi, memainkan jenis burung seperti jalak suren, ciblek, pleci, lovebird, murai batu, kenari, kacer, dan cucak hijau,” terang Kuncoro.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Dari waktu ke waktu peserta semakin ramai, peserta membludak. Dengan gantangan yang berada di tengah pemukiman, akhirnya panitia memindahkan ke lokasi yang lebih representatif, yaitu di area Pasar Modern Mutiara Karawaci. Di sini, fasilitas penunjangnya sangat lengkap, mulai dari tenda peserta, toilet, pusat jajanan, ATM, mushola, parkir luas, dan yang utama akses mudah terjangkau.

Di lokasi baru, nama EO menjadi Independen RASYID Enterprise “RE“ (diambil dari nama anak kedua owner Kuncoro,SH ). Banyak masukan dan permintaan kicaumania untuk penambahan hari jadwal latihan selain hari Sabtu, mengingat Kota Tangerang adalah kota satelit banyakanya karyawan perusahaan/pabrik yang kerja shif pagi, siang, malam.

Masukan ini pun langsung direspon positif. Ada penambahan jadwal rutin di hari Selasa siang, Rabu malam ( Pencetus Gantang Malam Pertama kali di Tangerang ), Kamis siang, dan Minggu Pagi.

 

JADWAL - AGENDA RUTIN DI GANTANGAN RE MUCI

 

Tentunya waktu 6 tahun sangatlah dinamis baik persaingan antar EO, kompetisi di antara kicaumania, bahkan pergolakan internal baik di team juri atau kru panitia. “Alhamdulillah hal tersebut menjadi pembelajaran dan evaluasi untuk memperbaiki kemasan, cara penilian, sampai pelayanan ke peserta,” imbuh Kuncoro,SH., selaku penanggung jawab event.

Untuk gelaran ulang tahun ke-6 kali ini sangat special, digelar secara marathon. Hari Sabtu 29 Mei 2021 mulai jam 12.30, dilanjutkan hari Selasa 1 Juni 2021 dibagi 2 tahap mulai jam 09.30 kelas komunitas Branjangan, Konin, Tledekan, Anis Merah, Anis Kembang, Jalak Suren, Pentet, dan Cucak Jenggot. Selanjutnya jam 12.30 dimulai untuk kelas umum Love bird, cucak hijau, Murai Batu, Kacer, dan Kenari. Brosur selengkapnya bisa diklik pada link di bawah artikel ini.

 

 

Konsep pembagian lomba dengan etape demi etape dilakukan untuk memecah kerumunan. Saat ini komitmen panitia terus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selama masa pandemi, panitia RE Muci memang sangat konsisten, mulai dari pemeriksaan sebelum memasuki lokasi, meliputi cek suhu tubuh, pemakaian masker, penyemprotran desinfekstan, kewajiban cuci tangan dengan air sabun/hand sanitizer, serta menyediakan bangku khusus pemilik burung dan jokinya.

 

LOKASI BARU DI PASAR MUCI (foto dok. sebelum pandemi)

 

Semua dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama baik untuk kru juri, panitia, kicaumania, pedagang, dan tamu yang hadir di lokasi.

Pada saat puncak acara HUT di hari Selasa 1 Juni 2021, juga diadakan kopdar Reborn Kacermania untuk donasi kemanusiaan Indonesia dan Palestina.

“Terima kasih kepercayaan kicaumania yang diberikan selama 6 tahun berkarya bersama Independen RE Muci Tangerang, juga segenap youtuber kicaumania serta media online yang ikut memberitakan kegiatan. Salam persahabatan dari kru juri, panitia, dan manajemen RE. Datang sahabat, pulang sahabat, dan besuk tetap sahabat,” tandas Kuncoro, SH.

 

GEBYAR 6th ANNIVERSARY RE MUCI, KLIK DI SINI

BROSUR KOPDAR KICAUMANIA REBORN KACER MANIA, KLIK DI SINI

 

 

DENAH GANTANGAN RE MUCI

 

PAKEM LOVEBIRD BALIBU UMUM DAN BEBAS KONSLET DI RE MUCI

 

TABEL PENILAIAN LOVEBIRD BALIBU DI RE MUCI

 

PAKEM LOVEBIRD DEWASA UMUM, FIGHTER, BEBAS AKSI KONSLET

 

TABEL PENILAIAN LOVEBIRD DEWASA DI RE MUCI

 

PAKEM LOVEBIRD PEMULA DI RE MUCI

 

PAKEM PENILAIAN OCEHAN DI RE MUCI

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

JADI FAVORIT KICAUMANIA DI TANGERANG, BAHKAN JABODETABEK (foto dok. sebelum pandemi)

 

KRU AWAL RE MUCI, DIDUKUNG EKO CIKANDE (foto dok. sebelum pandemi)

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

PANITIA DAN JURI RE MUCI, 2016-2019 (foto dok. sebelum pandemi)

 

SEBAGIAN KRU DAN JURI RE MUCI, 2019 - SEKARANG

KATA KUNCI: re muci tangerang kuncoro sh rashid enterprise kacer reborn

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp