I WAYAN YUDATAMA DI DEPAN VILLA


I WAYAN YUDATAMA, GREEN BIRD FARM BALI

Tamu Sepi, Bangun Kandang Breeding di Komplek Villa Mewah

Setahun lebih terdampak pandemi, ekonomi Bali yang sangat bergantung pada sektor pariwisata  seperti mati suri. Banyak hotel dan usaha lain yang merumahkan karyawan. Salah satu yang tidak pernah mem-PHK, membangun kandang breeding murai batu.

Pemilik villa itu memang seseorang yang menyukai burung. Di salah satu villanya yang mewah, ia membangun kandang breeding yang secara tampilan juga tak kalah mewah.

 

 

 SUASANA VILLA GREEN BIRD

 

I Wayan Yudatama, atau akrab dipanggil PaK Yande, adalah pebisnis sukses di bidang properti. Ia memiliki 4 villa mewah di daerah Ubud, Bali. Salah satunya vlla Green Bird Ubud yang luasnya 1,5 hektar.

Di sinilah Pak Yande membangun penangkaran murai batu. Pada Minggu, 2 Mei 2021, pewarta burungnews.com berkesempatan melihat dari dekat  kandang Green Bird Farm yang berada di dalam komplek villa mewah tersebut.

Kepada burungnews, Pak Yande mengaku sudah menyukai burung sejak masih kecil. “Ya, namun sebatas suka untuk bunyi-bunyian rumahan saja.”

 

 

Dampak nyata dan langsung dari pandemi yang sudah berlangsung satu tahun lebih, tanpa tahu pasti kapan akan selesai, juga berimbas pada villa-villa Pak Yande: tamu sepi. Pak Yande pun berinisiatif membuat penangkaran murai batu.

“Biasanya sibuk mengurus tamu, ini sepi, kan bingung juga. Biar ada kesibukan, meluangkan waktu, selain itu juga supaya karyawan saya di villa ikut andil dalam merawat. Saya tidak pernah PHK karyawan,” jelas Yande.

 

 I WAYAN YUDATAMA BERSAMA MB ZIDANE

 

Pak  Yande sudah memulai menangkarkan murai batu dalam tiga bulan terakhir. Tidak tanggung-tanggung, di villanya saat ini sudah ada 27 kandang dengan induk mantan prestasi lapangan. Ini bukan jumlah terakhir, karena Pak Yande mengaku masih akan terus berburu untuk menambah indukan di kandang Green Bird Farm.

Menurutnya, kualitas burung yang dicetak dari hasil penangkaran, tidak cukup dengan mengisi indukan berkualitas dan perawatan yang baik saja. Kenyamanan dan kebersihan tempat pun harus diperhatikan.

 

Ingat BREEDING, ingat TWISTER TROTOLAN. Piyik sehat, tidak mudah mati, lebih cepat besar, cerdas dimaster suara burung lain, lebih cepat bunyi. Coba, buktikan, bagikan testimoninya.

Ayo terus beli TWISTER yang cocok untuk burung Anda. Pakai Twister, dobel-dobel untungya, burung sehat dan lebih gacor, bisa mendapatkan ratusan vocher / kupon hadiah langsung tanpa diundi seperti kompor gas, kulkas, sepeda motor, hingga mobil baru.

 

Pak Yande menyiapikan kandang penangkarannya dengan konsep alam. Lingkungan benar-benar dibuat asri layaknya di alam bebas. Deretan kandang dikelilingi pohon-pohon besar. Dedaunan pohon rambatan tampak menempel di sekitar kandang. Kandang yang berwarna hijau daun benar-benar tampak menyatu dengan alam.

Selain menangkarkan murai batu, Pak Yande juga sudah sering ikut terjun langsung ke lapangan dengan dua amunisi yang lagi on fire, yaitu murai batu Zidane dan Panglima.

 

 DI DEPAN KANDANG GREEN BF, MENYATU DENGAN ALAM

 

“Saya beli murai batu Zidane dan Panglima ini sudah hampir 3 bulanan. Belinya dengan harga sesuai kualitas. Dua burung ini istimewa durasi kerja dengan rol tembaknya. Di tangan saya sudah sering juara,” ungkap Yande.

Dari kegiatan terkait hobinya ini, Pak Yande punya harapan bisa memberikan manfaat dan berkah bagi orang-orang di sekitarnya. “Karyawan dan lainnya yang ikut memajukan Green Bird Farm semoga bisa mendapatkan manfaat, secara lebih luas semoga juga bisa ikut andil untuk kemajuan dunia burung berkicau Indonesia.” [irul, maltimbus]

 

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: i wayan yudatama green bf bali

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp