Mr AKIAN BERSAMA PRODUK MURAI BATU

HARMONI ALAM DEPOK JABAR

Indukannya Eks Burung Lapangan, Anakannya Terjangkau

 

 

 

Harmoni Alam Bird Farm Depok sudah 7 tahun menjalani breeding murai batu. Tidak banyak memang, karena mengutamakan kualitas. Anakannya dibandrol terjangkau, ia juga melayani jebol kandang.

Sudah hampir tujuh tahun silam Akian menekuni budidaya murai batu. Awalnya sekadar iseng, menggunakan indukan pejantan yang biasa dimainkannya di lapangan. Akhirnya dia pun menekuninya dengan fokus menangkarkan murai jagoannya.

Hal ini ia tekuni di sela kesibukannya bekerja. Produknya memang jadi terbatas, namun tetap tak menghalangi kesuksesanny dalam hal menjaga kualitas.

 

ANAKAN SIAP PANEN

 

Hingga sekarang, jumlah kandangnya hanya 6 petak kandang. Sekali lagi, karena Akian tidak mengejar pada kuantitas, tapi lebih menekankan pada kualitas.

Dengan kapasitas produksi yang terbatas sementara anakannya banyak diminati,

membuatnya selalu kehabisan stok anakan. Jadi, buat yang berminat untuk mendapatkan produk Harmoni Alam BF harus reka antri menunggu giliran.

Pesanan anakan diakui Akian lebih banyak dari kalangan teman dekat. “Kebanyakan pelanggan saya ya teman-teman sesama pemain murai,” jelasnya.

Kandang penangkaran yang dibangunnya menyatu dengan kediamannya. Masing-masing kandang dibuat model petak dengan dinding bata merah. Ukuran setiap petaknya lebar 80 cm x panjang 1,5 meter, tinggi 3 meter.

 

 

Bagian depannya yang tertutup ram kawat halus, dibiarkan terbuka membuat sirkulasi di dalam kandang nyaman buat burung. Lantai plester semen yang dilapisi pasir.

Di bagian dalam kandang dilengkapi bak mandi kecil yang selalu terisi dengan air bersih sebagai sarana mandinya. Kotak sarang terbuat dari triplek ditempatkan di bagian tengah kandang.

Kebutuhan pakan cukup jangkrik yang diberikan sebanyak-banyak. Pagi-pagi sebelum berangkat kerja, jangkrik diberikan di bak khusus sebanyak-banyaknya.

Jumlahnya sudah disesuaikan kebutuhannya, biasanya saat sang induk bawa anakan jumlah jangkriknya ditambah.

Hingga saat ini produksinya terus mengalir. Seiring dengan itu permintaan kalangan relasinya diperburungan semakin tinggi.

 

ANAKAN SIAP DIAMBIL KONSUMEN

 

Anakan dipanen setelah memasuki umur 7-8 hari, kemudian dibesarkan di kandang khusus pembesaran. Sambil dipasangkan ring berkode Harmoni Alam BF.

“Karena kesibukan saya bekerja, anakan pasca panen saya titip ke rekan untuk dibesarkan,” jelas Akian yang sehari-harinya bekerja di salah satu perusahaan asuransi ini.

Selain dengan memacu ekstrafooding, dia juga menambahkannya dengan dengan multivitamin.

Anakan murai batu dibanderol dengan harga terjangkau, mulai 3,5 juta untuk seekor anakan/trotolannya. Harganya memang tergantung kualitas atau materi sang indukan.

Dia memang sengaja tidak membanderol mahal, karena sebagian besar untuk memenuhi kalangan teman-teman dekatnya.

 

 

Selain menjual anakan, dia juga mempersilahkan buat yang minat membeli pasangan indukan produksi alias jebol kandang. “Kalau ada yang minat indukan, silahkan kami sediakan pasangan indukan produksi, “ kata pemilik WA 081517022678 ini di kediamannya, Bukit Griya Cinere jalan Perkusi, Blok G6 No.18, Limo Cinere Depok Jawa Barat

Meskipun dibanderol di bawah harga standar pasaran, bukan berarti mengorbankan kualitas produknya. Buktinya, peminatnya sebagian besar kalangan pemain yang faham soal materi indukan pejantannya.

Ada beberapa indukan pejantan yang sebelumnya bekas burung lapangan. Di antaranya Cakra, Si Dul, dan lainnya. Untuk indukan betinanya awalnya dia menggunakan indukan betina hutan asal Aceh. Tapi, sekarang rata-rata indukan betinanya dia sudah menggunakan materi hasil breeding sendiri.

 

SALAH SATU PRODUKNYA SUDAH MONCER DI LAPANGAN

 

Karena kesehariannya sibuk bekerja Akian hanya menyediakan waktu Sabtu dan Minggu untuk calon pembelinya. Mereka biasanya datang langsung, memilih dan memantau sesuai seleranya. Selain menangkar murai batu, Akian juga menangkar lovebird di kandang koloninya.

Ketergantungan terhadap jangkrik sebenarnya sekarang sudah bisa dikurangi. Topsong sudah memproduksi voer khusus voer breeding yang cocok baik untuk indukan maupun untuk meloloh anakan.

Nutrisi cukup dan berimbang, produktivitas tidak terganggu meski jangkrik dikurangi bahkan bila karena langka di pasaran dihilangkan. Asinan Topgrit sebaiknya juga dipakai, meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko anakan cacat/pengkor, juga cocok untuk burung lomba.

Asupan multivitamin yang banyak direkomendasikan karena dianggap cocok untuk diberikan pada beragam jenis burung adalah kombinasi Moncer1 dan Teluro, produk dari Super Kicau Grup.

 

ASINAN HALUS, COCOK & DISUKAI INDUKAN, ANAKAN, & BURUNG LOMBA.
HOTLINE TOPSONG & TOPGRIT FOR BREEDING 0813.2941.0510 

KATA KUNCI: harmoni alam depok akian topgrit moncer1 teluro

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp