IAN OWNER HANUM TROTOL SCHOOL

HANUM TROTOL SCHOOL PURWOKERTO

Sekolah Mastering Murai Batu, 300 Ribu per Bulan, Dibekali Materi Burung Jawara

Puluhan murai batu dalam sangkar bundar tampak berjajar rapi di pinggir jalan. Di sisi yang lain, tampak puluhan sangkar sedang antre untuk dibersihkan. Sejumlah murai lainnya ada di bak mandi. Pemandangan ini bisa kita lihat setiap pagi di Hanum Trotol School Purwokerto.

Rutinitas itu dimulai mulai jam 7 pagi, biasane akan berakhir pada sekitar jam 11 siang. Sejak empat tahun terakhir, Ian banyak mendapat titipan murai batu untuk dirawat sekaligus “bersekolah”  yang ia dirikan.

 

 

BEBERAPA MURAI BATU YANG SEDANG MABUNG

 

Sekolah khusus untuk merawat dan menjadikan murai batu pintar membawakan lagu-lagu yang bisa membekali jadi juara itu ia beri nama Hanum Trotol School. Di sebut “sekolah”, materi utama adalah bagamana para siswa bisa mambawakan isian lagu.

Ian mengoleksi lebih dari 50 ekor burung master berbagai jenis, mulai cililin, jalak, kenari, love bird, siri-siri, murai air, ciblek, prenjak, sogon, cucak cungko, parkit, tepus, dan lainnya. “Selalu ada yang bunyi, tidak pernah berhenti.”

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan.

 

Para siswa akan masuk ke ke Hanum Trotol School saat umur 2 bulan, atau usia makan sendiri, dan lulus pada usia sekitar 10 bulan. Jadi, burung-burung itu berada di Hanum Trotol School selama kurang lebih 8 bulan.

Hampir semua burung dengan ring kesohor ada di tempat Hanum Trotol School. “Burung-burung yang dikirim ke sini, umumnya sudah punya dasar materi yang bagus. Usia trotol, ngeplongnya sudah keras, rajin pula. Setelah memasuki dewasa usia 6 bulan, sudah mulai terlihat bagaimana ia membawakan lagu, volume, fighternya, dan seterusnya.”

 

PROSES MANDI TROTOL MURAI BATU

 

Burung yang lulus dari sini, selain materi utama menyerap dan memainkan lagu-lagu merdu, juga sudah memiliki beberapa kemampuan dasar seperti mandi keramba, juga masuk kandang umbaran. “Kalau rawatan dasar seperti pemberian pakan, mandi, jemur, pada awalnya sama. Namun setelah usia 6 bulan, memang ada perbedaan berdasarkan karakter masing-masing.”

Ian mengaku sudah merintis kampus murai batu ini sejak tahun 2013. “Untuk tahun-tahun awal, kami terima titipan dari teman-teman di Purwokerto dan sekitarnya. Kira-kira sampai tahun 2016 lalu, setelah itu saya mulai pede untuk publish di media sosial. Mulailah banyak titipan dari luar kota sejak 2017, sampai sekarang.”

 

ALAMAT GRIYA SATRIA BUKIT PERMATA BLOK I18

 

Kepada burungnews.com, Om Ian mengungkapkan bila ide membuat sekolah murai batu terinspirasi karena terlalu jenuh, setelah berlomba banyak burung yang rusak. Ia lantas mulai berpikir kalau tidak ada bengkel burung repot, akhirnya membuka bengkel/sekolah murai batu.

“Awalnya saya membuka sekolah ini karena banyak teman yang menitipkan burung murai yang bisa dikatakan rusak, supaya di servis, supanya kembali bugar dan mau tampil.”

 

 

Banyaknya koleksi masteran yang dimiliki oleh Hanum Trotol School lantas diketahui oleh teman-teman dekatnya, bahkan beberapa di antaranya mulai menyekolahkan trotol-trotolnya. Melalui info getok tular, dari mulut ke mulut, keberadaan Hanum Trotol School pun mulai dikenal.

Awal  tahun 2016, Ia mendeklarasikan Hanum Trotol School dan mulai membuka pendaftaran calon siswa baru. Informasi dan brosur tentang Hanum Trotol School pun mulai berseliweran di berbagai media sosial, baik Facebook, Instagram, maupun Whats App.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Pelan tapi pasti, calon siswa baru pun mulai mendaftar di Hanum Trotol School yang ber-homebase di Griya Satria Bukit Permata Blok I - 18 Karangpucung, Purwokerto, Banyumas.

Dengan uang SPP 300 ribu setiap bulan, Hanum Trotol School menawarkan sejumlah fasilitas untuk calon siswa barunya seperti perawatan ekstra, lebih dari 50 burung master pilihan, tempat nyaman, tenang, dan bersih, serta nutrisi pakan terbaik.

 

 

BEBERAPA BURUNG MASTERAN

 

Dengan fasilitas tersebut, Hanum Trotol School merupakan tempat yang cocok untuk pemilik-pemilik murai batu yang tak ingin repot untuk memasteri gacoannya.

Dalam waktu singkat, Hanum Trotol School telah memiliki puluhan siswa baik usia belia (trotol 2,5 - 3 bulan) maupun remaja (di atas 5 bulan). “Untuk trotol, saat ini ada 50 siswa, sementara untuk remaja kita ada 10 siswa. Kalau yang remaja sebagian besar milik temen-temen dekat, sudah ada yang mulai kelihatan bakatnya,” jelasnya.

 

RUANG PEMASTERAAN HANUM TROTOL SCHOOL

 

Layaknya sebuah sekolah murai batu, Hanum Trotol School selalu melaporkan perkembangan siswa pada pemilik baik melalui WA maupun pantau langsung. “Kalau pemiliknya jauh, aku laporin lewat WA. Kalau yang deket-deket sini biasanya main langsung ke rumah,” lanjutnya.

Beberapa pemilik murai batu mengaku puas dengan perkembangan murai batu yang dititipkan di Hanum Trotol School. Meski isian lagu yang masuk belum terlihat karena baru 1-2 bulan disekolahkan, tetapi skill dasar seperti cara makan, cara mandi, cara interaksi, dan bakatnya mengalami progres yang signifikan.

 

 

Salah satu pemilik trotol yang tidak mau disebut namanya mengungkapkan apabila Ia tak mau direpotkan dengan pemasteran trotol murai yang dimilikinya. “Dulu trotolku ini masih giras dan nggak mau mandi karamba. Setelah sekolah di sini mulai kelihatan progresnya.”

Ia melanjutkan, sekolah seperti ini bukan sekadar mastering, tapi sekaligus membiasakan dan menyiapkan trotolan agar siap lomba. “Buat yang nggak mau repot, sekolah seperti ini sangat membantu,” paparnya.

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Sesekali, Ia juga mendatangi Hanum Trotol School untuk memantau calon jawara-jawara baru dengan bakat istimewa.

Tak hanya mulai dikenal di kalangan pemain lokal, informasi tentang Hanum Trotol School ternyata sudah beredar sampai ke luar pulau seperti Padang, Pontianak, Batam, dan lainnyua. Hal ini tak lepas dari peran media yang membantu promosi.

 

 

Adakah standar kelulusan di Hanum Trotol School?

“Siswa yang sudah lulus, apabila setelah dibawa pulang tidak keluar minimal 5 isian atau tembakan, boleh dikomplainkan, mengantarkan trotolnya kembali untuk diperbaiki. Gratis SPP selama 3 bulan.”

Anda yang ingin menyekolahkan trotol murai batu, atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan detil, silahkan datang langsung ke alamat Griya Satria Bukit Permata Blok I-18 Karangpucung, Purwokerto, Banyumas. Nomor WA 0822.1177.704. [maman, maltimbus]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: hanum trotol school purwokerto sekolah mastering murai batu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp