PEGIAT PBI SOLO & PELAKU PENANGKARAN

GANDENG PBI SOLO, KOPASSUS GELAR KOMANDO BERKICAU 2017

 

 

Kopassus Grup 2 Kartasura kembali akan menyapa para kicaumania di tahun 2017. Kali ini, PBI Solo digandeng untuk menggelar kontes bertajuk Komando Berkicau, 14 Mei yang akan datang.

Meski waktunya relatif mepet, even ini tetap akan digelar sesuasi yang dikehendaki, 14 Mei. Para pegiat PBI Solo pun yakin gelaran ini akan ramai, meriah, dan secara umum bisa sukses. “Pertama, karena ini evennya punya Kopassus dan lokasinya di dalam markas mereka. Publik khususnya kicaumania percaya dengan institusi yang satu ini. Bisa ikut lomba di markas Kopassus adalah hal yang dianggap membanggakan,” ujar Burwanto, salah satu pengurus PBI Solo memuli penjelasan.

Kedua, karena PBI sudah punya sistem yang mapan dalam setiap menggelar lomba, termasuk dengan jariannya yang cukup luas. “Sistem yang berlaku di PBI itu paling mapan dan konsisten. Jaringannya juga luas. Gelaran PBI di tiap cabang itu sudah diatur dan dijadwal setahun sekali, satu cabang paling dua kali dalam setahun menggelar kontes. Karena itu banyak kicaumania yang setia mengikuti even PBI di mana saja,” lanjutnya.

Ketiga, di PBI khususnya di Pengda Jateng-DIY itu sudah ada kesepakatan, tiap even hadiahnya haruslah utuh tanpa potongan. Saat ini di benak kicaumania juga sudah kuat tertanam, bahwa kalau mau lomba yang hadiahnya utuh sesuai di brosur, tidak main potong atau mengurangi hadiah, ya di evennya PBI.

Pakem penilaian di PBI juga sudah sangat kuat dan mapan, sehingga tidak mudah gonta-ganti. “Harus diakui semua pakem penilaian pada awalnya adalah mengadopsi dari PBI, yang kemudian detilnya dimodifikasi. Di PBI, kalau mengubah aturan atau pakem atau apa pun, ya harus melalui sistem yang berlaku, ada forumnya,” kali ini ditambahkan oleh Wawan, juri senior di PBI Solo.

PBI Solo juga sangat peduli dengan pelestarian. Beberapa waktu yang lalu, baru saja diadakan sarasehan penangkaran. Di even ini, kelas murai batu  (ring) dibuka 3 kali, selebihnya juga ada anis kembang ring, cucak rawa ring, dan kacer ring. Ada beberapa even yang sukses digelar oleh PBI Solo, di antaranya Balekambang Kumandang.

 

BROSUR KOMANDO BERKICAU 2017, KLIK DI SINI

 

TERKAIT:

SARASEHAN PENANGKARAN PBI SOLO, KLIK DI SINI

ADE JALAL BANDUNG PUN DATANGG KE BALEKAMBANG, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: pbi solo kopassus komando berkicau 2017 solo

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp