GANANG BAGUS SAAT MELATIH BURUNG-BURUNG PARROT UNTUK FREE FLY


GANANG BAGUS REA REO FREEFLY JATIM

Pahami Cara Mudah Melatih Burung Agar Bisa Free Fly + Video

Banyaknya komunitas free fly yang menerbangkan burung kesayangannya baik di lapangan bebas maupun di perkotaan akhir-akhir ini sungguh membuat banyak pecinta burung yang ingin mencobanya. Jangan salah, melatih burung free fly itu ternyata mudah lho.

Setelah membuat gelaran bertajuk Parrot Paradise di Pakuwon Trade Center, Surabaya pada tanggal 24 hingga 27 Juni lalu. Nama para komunitas free fly seakan langsung meroket tinggi karena memanjakkan mata para pengunjung lewat ajang show off menerbangkan burungnya di dalam mall.

 

 

LATIH BURUNG MACAW YANG TERGOLONG DEFINISI LARGE

 

“Kami juga ingin menunjukkan kalau burung parrot yang dibuat free fly ini tidak hanya bisa terbang di lapangan bebas saja namun di tempat ekstrim seperti mall yang banyak halangan juga bisa. Saat kami sukses menerbangkan burung-burung ini di mall banyak pengunjung yang menyukainya,” buka Ganang Bagus sang ketua Rea Reo Free Fly Jatim.

Ternyata dalam melatih burung-burung ini agar bisa melakukan free fly itu tidak sulit lho. Ganang Bagus pun membeberkan rahasia agar burung bisa melakukan free fly. Namun sebelum melatih free fly, tentunya para pecinta burung harus tahu jenis burung apa saja yang bisa dibuat untuk free fly.

 

 

“Kalau burung free fly kebanyakan yang mudah dilatih itu berjenis parrot atau paruh bengkok. Dalam hal ini kami biasanya membagi jadi 3 golongan yakni small, medium dan large. Bagi pemain pemula kalau bisa memelihara yang small dulu seperti love bird, nuri, sun conure, parkit australia, kemudian naik satu tingkat ke medium seperti betet, beo atau kakaktua kemudian naik lagi ke large seperti macaw,” beber Ganang.

Setelah mengetahui jenis burung apa yang ingin dibuat free fly, Ganang menyarankan sebaiknya dimulai dari usia baby. Hal ini dilakukan agar bisa membentuk chemistry antara owner dan burung. “Kebanyakan kalau sudah klik, burung sudah dianggap seperti keluarga sendiri,” imbuhnya.

 

KOLEKSI SUN CONURE MILIK GANANG BAGUS YANG DIBUAT FREE FLY

 

Untuk pelatihan awal, dari usia belia burung harus diajari Fly To Me (FTM) atau yang biasa dikenal dengan istilah memanggil burung agar terbang ke pemilik. Setelah terbiasa dengan FTM lalu ajari untuk melakukan boomerang atau menerbangkannya kemudian langsung kembali.

“Pelatihan FTM dan boomerang ini dasar agar burung bisa one man atau terbiasa dengan pemilik. Jadi saat burung dicoba untuk diterbangkan di lapangan bebas bisa kembali ke pemilik dan tidak salah hinggap ke orang lain,” ungkap Ganang.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Namun tak jarang burung yang sudah one man juga bisa mengalami lost control sehingga terbang jauh dan hinggap ke pohon, kabel atau rumah disekitar tempat free fly. Kadang ada juga ‘oknum’ yang mencoba untuk memulut atau memikat burung saat dicoba free fly.

Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara agar burung yang hilang atau diketemukan orang lain bisa kembali dengan aman. “Kebanyakan dari kami (Rea Reo Free Fly Jatim) selalu memasangkan ring di kaki dan chip di dalam tubuh sang burung sebagai identitas burung. Jadi saat ada orang menemukan burung kita tinggal scan tubuhnya dan akan muncul sendiri kode nomer serta identitas burung,” kata Ganang.

 

GANANG BAGUS SAAT MELATIH BURUNG KAKAK TUA DAN MACAW

 

“Paling utama untuk bisa mempunyai burung ini adalah wajib memiliki surat kepemilikan. Caranya bisa mendaftarkan di BKSDA daerah tempat asal sang pemilik burung. Intinya jangan sampai burung ini ilegal, semua wajib legal agar tidak berurusan dengan pihak berwajib dan kita bisa menyalurkan hobi dengan tenang," tutupnya. [SINGGIH]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: ganang bagus rea reo freefly jatim

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp