ANGGOTA EMPERAN SF-KEDIRI, SATU JOKI SATU BURUNG AGAR MAKSIMAL

EMPERAN SF KEDIRI

Mirip Bengkel yang Memperbaiki Cendet Rusak, Siap Ngluruk Piala Raja

Beranggotakan sekitar 8 orang, Emperan SF, Kediri dikenal sebagai pemain cendet yang fanatik. Mereka punya gaco andalan yang prestasinya tidak main-main, namun sudah beberapa kali memenangkan kontes tingkat nasional. Gaco mereka diantaranya adalah Red Devil, Troble, Jitu Jiwa, Mahesa, Pendowo, dan Ring Speed.

Ditemui burungnews.com di Lapangan Sumobito, saat gelaran Revolusi Cup SBC, Sumobito, Jombang, Fendy Amin, Sang Ketua mengatakan bahwa cendet-cendet besutan Emperan SF sering memenangkan kontes berskala nasional. Sebut saja Koblen Surabaya, Joko Samudro Gresik, Ebod Malang, dan masih banyak lagi. Di even besar itu, kelas cendet bisa 4 kelas full pesertanya, jadi terasa membanggakan sekali koncer di kontes seperti itu.

 

 

RED DEVIL BESUTAN EMPERAN SF KEDIRI, BELUM DILEPAS MESKI ADA YANG MEMINANGNYA

 

Fendy Amin mengatakan bahwa anggota Emperan SF adalah para pemain cendet yang sudah lama sekali. Ketika booming cendet pada 2010, mereka sudah berkecimpung di cendet. Kesukaan mereka pada cendet sebab burung ini dianggap burung desa, yang sulit ditangkarkan namun memiliki keunikan di suara dan gaya bertarungnya.

Untuk mendapatkan gaco-gaco yang bagus, Fendy mengatakan bahwa mereka mencari bahan sejak piyikan. Burung itu dirawat dan dilatih masteran sejak belia sebab saat itulah waktu yang pas untuk memberikan materi macam-macam isian seperti kenari, kapas tembak, sogok ontong, cililinan dan lain-lain.

“Kalau cendet sudah dewasa cukup sulit memberikan materi isian meski masih bisa, tapi tidak seperti saat masih remaja,” ungkap Dila atau Brusher Kecil yang biasa menjoki Red Devil.

 

 

Di Revulusi Cup SBC, misalnya, Red Devil tampil memuaskan. Red Devil berhasil menyabet juara VIP 2, A1, dan B2. Selain Red Devil, dari Emperan SF yang juga tampil bagus di even itu adalah Rabel asuhan Andika, yang berhasil menjadi penguasa podium utama di sesi cendet B dengan mengalahkan Red Devil yang ada di posisi 2, sedang posisi 3 ada Brandon milik Reysak dari War Wer BC.

Supaya tampil maksimal di even lomba, anggota Emperan SF Kediri biasanya hanya membawa satu burung satu joki. Ini dilakukan agar mereka lebih maksimal dalam mempersiapkan gaco sebelum naik gantangan. Sebab, ada gaco yang perlu dipanasi dulu beberapa sesi sebelum naik, mulai dimandikan dengan cara semprot dan menjemurnya sampai diberikan beberapa jangkrik.

 

PIALA DAN PIAGAM YANG DIRAIH RED DEVIL DI EVEN REVOLUSI CUP SBC JOMBANG

 

Tak hanya merawat cendet sendiri, Emperan SF beberapa kali juga dipercaya orang untuk merawat cendet orang yang rusak. Dari Demak pernah ada yang mengirimkan cendetnya ke Kediri untuk dirawat di Emperan SF.

“Cendet itu rusak sebab kurang tahu cara merawatnya yang benar, padahal itu cendet mahal dan pernah menjadi juara di even besar. Alhamdulillah setelah kami rawat kembali akhirnya bisa kembali tampil maksimal,” ucap Fendy Amin.

Fendy dan Brusher Kecil mengaku cendet mereka bisa tampil bagus mungkin rahasianya terletak pada mereka memang sudah lama berkecimpung di cendet sehingga hafal betul karakter burung ini. Soal pakan, mereka hanya mengaku jika punya pakan khusus  berbentuk voer yang biasanya dipakai anggota Emperan SF. 

Pastikan gaco Anda selalu dalam kondisi terbaik. Berikan Moncer1, asupan paten para juara. Dari Super Kicau Grup yang terpercaya.

 

“Mulanya pakan cendet itu hanya untuk anggota saja, tapi sekarang sudah banyak di luar anggota yang minta dikirimi,” ujar Fendy Amin. Bahan makanan itu menurut berasal dari bubuk belalang dan beberapa serangga lain, dan masih ada campurannya lain. Sekitar seminggu, mereka bisa mengirim 2 kwintal ke orang-orang yang memesannya. Banyak permintaan, tapi Emperan SF belum bisa memenuhi semuanya.

Cendet besutan Emperan SF menurut Fendy dan Brusher beberapa kali laku dengan harga yang cukup memuaskan. Untuk Red Devil bahkan belum lama ini ada penawaran pernah menginjak di angka 30 juta rupiah namun belum dilepasnya. “Mungkin kalau sudah 50 juta rupiah, kami akan melepasnya,” ungkap Brusher Kecil yang disambut senyuman oleh anggota yang lain. Emperan SF Kediri juga berencana akan ngluruk ke Piala Raja pada 23 September mendatang di pelataran Candi Prambanan.[RANTO-MJK]

KATA KUNCI: emperan sf kediri piala raja

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp