DOKTER FIRMAN BERSAMA HANA ANAK TERCINTANYA

DOKTER FIRMAN ABADI PUTRA BUMIAYU

Membuka Tabir, Perawatan Marlin Pasca Mabung

Sosok dr. Firman memang sudah dikenal luas sebagai pemain kacer yang diperhitungkan di kancah nasional. Namanya melejit seiring dengan torehan prestasi kacer Marlin miliknya, baik di even lokal maupun nasional. Berkat aksi Marlin pula, dr. Firman kerap meraih juara single fighter, mengibarkan bendera Abadi Putra Bumiayu.

Selain kesibukannya sebagai dokter di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Bumiayu, dr. Firman juga disibukkan dengan usaha meubel, usaha yang memang turun-temurun dimiliki keluarganya. Namun, kesibukannya ini tak menghalangi dr. Firman untuk menggeluti hobinya dalam burung ocehan. Bahkan, hampir setiap pekan ia kerap keluar kota untuk mengikuti lomba burung berkicau.

 

 

KERAP MERAIH JUARA UMUM

 

Salah satu andalannya adalah kacer Marlin, yang sudah lama dikenal luas kalangan kicaumania akan prestasinya. Bukan tanpa alasan, kacer Marlin memang punya mental jawara dengan predikat stabil. Kestabilan Marlin bersama dr. Firman sudah berjalan kurang lebih 2,5 tahun.

Beberapa waktu lalu, pewarta burungnews sempat menyambangi kediamannya yang terletak di Desa Kalierang Bumiayu, Kabupaten Brebes. Di sela-sela kesibukannya yang begitu padat, dr. Firman akhirnya berhasil kita temui. Bahkan dalam obrolan itu, dr. Firman tak pelit-pelit berbagi perawatan burung kacer miliknya. Salah satunya dengan memberikan tips dan trik perawatan burung kacer pasca mabung.

 

KACER MARLIN. 2,5 TAHUN MASIH GARANG

 

Berikut adalah perawatan kacer Marlin pasca mabung berdasarkan tahapannya:

  • Mabung adalah proses dimana rontoknya bulu-bulu tua pada semua jenis burung maupun unggas secara periodik. Penanganannya pun betul-betul harus diperhatikan.
  • Saat burung kacer kita mabung, selama kurang lebih satu bulan non EF (extrafooding), jadi cuma air sama voer, tanpa mandi dan full kerodong.
  • Setelah satu bulan biasanya bulu lama sudah rontok semua dan tumbuh bulu-bulu baru.
  • Kemudian pada saat bulu-bulu baru mulai tumbuh, baru dikasih EF berupa jangkrik, pagi 2 dan sore 2.
  • Jika bulu sudah tumbuh sempurna baru dikembalikan ke settingan semula.

Langkah-langkah di atas merupakan penanganan Marlin pasca mabung. Namun, dr. Firman juga mengakui kalau perawatan burung kacer memang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. “Meski begitu, perawatan seperti itulah yang memang saya terapkan ke Marlin,” tandasnya.

 

Untuk penjelasan lebih lengkap, silakan lihat videonya dengan KLIK DI SINI

 

SUDAH DISETING OKE, KOK MALAH TERLALU FIGHTER SAMPAI NABRAK-NABRAK... Itu tanda-tanda jagoan Anda over birahi. Jangan kawatir, sekarang ada solusi ampuh.

 

DOKTER FIRMAN MENUNJUKKAN TROPI PIALA RAJA 2016

 

ABADI PUTRA PEMBUATAN MEUBEL. USAHA TURUN TEMURUN KELUARGANYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp