DANDIM 0802/PONOROGO, LETKOL INF. SIGIT SUGIHARTO BERSAMA TIM PBI CAB. PONOROGO


DI NGEBEL ADVENTURE PARK: PBI Cab. Ponorogo Dukung Penuh Program Kodim 0802/Ponorogo Tanam 10 Ribu Pohon

Simak Video Dandim 0802/Ponorogo di bawah berita

Kodim 0802/Ponorogo sedang merayakan hari jadinya yang ke 57, salah satu kegiatan yang dilakukan dengan cukup sederhana namun begitu menyentuh adalah menggelar Bakti Sosial dan Penanaman 10 ribu Pohon di lingkup wisata telaga Ngebel, Ponroogo, tepatnya di Ngebel Adventure Park (NAP), Rabu (25/11/2020).

Dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) 0802, Letkol inf Sigit Sugiharto, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat kegiatan ini didukung penuh oleh instansi terkait, seperti Perhutani, Pemkap Ponorogo, Polri, Tagana, BNPB dan berbagai lapisan masyarakat baik warga sekitar lokasi maupun organisasi penggiat kelestarian alam.

PENYERAHAN BIBIT POHON KEPADA KADES NGEBEL OLEH DANDIM 0802/PONOROGO

 

Nampak hadir beberapa organisasi seperti Pelestari Burung Indonesia (PBI), Genbi Kediri, Gempa Adventure, PIPA, PASCA, IMM dan beberapa lainnya.

Dandim mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan kali ini merupakan wujud dari kepedulian TNI AD khususnya Kodim 0802/Ponorogo untuk turut menjaga dan melestarikan alam, terutama untuk kawasan Telaga Ngebel.

Untuk itu, lanjutnya, pada momen HUT ke 57 ini, Kodim ingin menjadikan penanaman 10 ribu pohon secara serempak sebagai pengingat bahwa kelestarian alam memang sangat penting untuk dijaga, bagi keberlangsungan hajat hidup termasuk mencegah dari bencana.

"Kita tahu banyak kawasan di Ponorogo yang masuk dalam kawasan rawan bencana longsor dan banjir bandang termasuk sini, seperti yang pernah terjadi tahun 2019 silam, dan salah satu penyebabnya adalah bekurangnya pohon-pohon yang bisa mencegah kejadian tersebut," ucap Dandim.

Ada sekitar 10 ribu pohon dari berbagai jenis yang sudah distribusikan untuk ditanam secara terpisah di berbagai kawasan di kabupetan Ponorogo termasuk di wilayah desa/kecamatan Ngebel ini. Dan animo warga untuk mendukung gerakan ini juga sangat menggembirakan.

PENANAMAN BIBIT POHON DANDIM 0802/PONOROGO LETKOL INF. SIGIT SUGIHARTO

 

"Saya sangat apresiasi antusiasme warga sekitar terutama pak Kepala Desa Ngebel, yang sangat mendukung program ini. Juga pada teman-teman mahasiswa dan para pecinta alam serta pelestari alam lainnya yang juga sudah mensupport kegiatan ini," tandasnya.

Usai memberikan sambutan, Dandim beserta Staf dan peserta yang hadir termasuk dari perwakilan PBI Cab. Ponorogo secara simbolis menyerahkan bantuan Sembako, Masker dan Pohon untuk warga sekitar.

PENANAMAN BIBIT POHON, DI LUBANG PBI. CAB PONOROGO

 

"Pesan saya semoga kegiatan kita ini bisa bermanfaat bagi anak cucu kita. Dan jangan lupa di masa pandemi yang masih belum berakhir ini, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, terutama saat kita berada di luar rumah. Ingat, Pandemi ini benar adanya, bukan main-main," pesannya.

FOTO BARENG TIM PBI CAB. PONOROGO DI SISI TELAGA NGEBEL USAI KEGIATAN.

ELEMEN MASYARAKAT TERMASUK PBI CAB PONOROGO YANG MENDUKUNG PENUH KEGIATAN INI

 

Sementara itu, PBI Cab. Ponorogo yang diwakili Iwan Gondrong menyatakan bahwa selain fokus pada pelestarian burung, PBI tentunya juga mendukung penuh upaya-upaya pelestarian alam, termasuk penanaman pohon yang masif, seperti yang dilakukan Kodim Ponorogo ini.

"Kalau pohon-pohon terjaga dengan baik dan lestari, tentu bisa akan menjadi rumah-rumah yang nyaman bagi burung-burung. Jadi ini sangat berkait dengan program-program PBI di pelestarian burung," ujar Iwan usai kegiatan.

VIDEO WAWANCARA DANDIM 0802/PONOROGO

KATA KUNCI: pbi ponorogo dandim ponorogolomba burung ponorogo

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp