KARTINI MENEMPATI NOMOR 51


DENANYAR BC JOMBANG : Nyeri di kelas LB Fighter, Adi Bongkar Perawatan Kartini

Love bird Kartini yang rajin ngekek panjang dan kerap mendominasi podium papan atas, ternyata punya rahasia yang tidak diketahui banyak orang. Apakah itu? Simak pengakuan Adi saat menggantang Kartini di Denanyar BC Jombang.

Kalau tidak pakai masker, jangan coba-coba datang ke Gantangan Denanyar BC yang ada di Lapangan Pasar Desa Denanyar Jombang. Petugas tidak akan mengijinkan masuk meski pemain ngotot atau sudah memesan tiket untuk gacoannya.

 

KARTINI JUARA DI KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

One gate system atau hanya ada satu pintu masuk dan keluar, adalah salah satu kelebihan Gantangan Denanyar BC yang hanya dimiliki segelintir gantangan lain. Soal protokoler kesehatan, panitia tidak mau memandang sebelah mata.

Selain diintruksikan Kapolsek Jombang, panitia melaksanakan protokoler kesehatan demi kebaikan bersama. "Sayangi keluarga di rumah. Jangan sampai karena nekat dan lalai, orang di rumah ikut menanggung akibatnya. Selain itu, mengutamakan protokoler kesehatan adalah intruksi dari bapak Kapolsek yang harus kita patuhi," ujar Tommy, Ketua Denanyar BC.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Masih seperti pekan lalu, gelaran Denanyar BC pada Minggu ini, 30 Agustus 2020 masih dipenuhi pemain. Tidak hanya dipadati pemain lokal, gantangan Denanyar juga jadi destinasi para pemain dari luar kota, diantaranya dari Bojonegoro, Lamongan, Nganjuk, Kediri dan Mojokerto.

Suhu kompetisipun berlangsung sengit, meski gaco yang tampil di tiap kelas hanya dibatasi maksimal 30 burung saja. Love Bird Fighter, Murai Batu, dan Cucak Hijau yang masing-masing dibuka tiga kelas paling banyak menyedot antusiasme pemain.

 

CBR 2 RAIH PODIUM UTAMA MURAI BATU G-25

 

Love bird Kartini adalah salah satu gaco yang banyak menyedot perhatian love bird loverd di kontes ini. Turun di kelas Fighter A dan B, kartini berhasil memboyong dua tropi utama. Di kelas A, durasi maksimal kartini adalah panjang 6, sedankan di kelas B membukukan durasi panjang 7.

Proses tidak akan menghianati hasil. Ini adalah moto yang dianut Adi Akik, joki sekaligus perawat love bird Kartini yang jadi andalan Haruko Wicaksono dari Jombang. Turun setiap hari di berbagai gantangan yang ada di Jombang dan kota sekitar, Kartini nyaris belum pernah gagal memboyong tropi. Pun saat turun di Gantangan Denanyar BC kali ini.

 

ABG TUA MERAJAI KELAS CUCAK HIJAU G 25

 

Di sela-sela kontes, Burungnews berhasil mengorek keterangan dari Adi Akik soal perawatan Kartini. Meskipun perawatan ini bisa tidak sama dengan gaco hebat lainnya, namun, apa yang disampaikan Adi kepada Burungnews bisa dijadikan rujukan untuk mencetak gaco love brid fighter.

Kartini berjenis kelamin betina seperti umumnya love bird berdurasi mewah yang lain. Meski betina, buikan berarti tidak pakai untulan atau pasangan. Untuk harian, love bird warna pastel hijau ini selalu dikoloni dengan love bird jantan.

 

 

"Kartini setelah lomba selalu saya koloni dengan pejantan. Tapi pejantan ini sifatnya hanya untuk meredam birahi dan murni untuk untulan, bukan untuk ngawin. Saya pilih pejantan yang tidak begitu agresif, dan birahinya saya buat drop agar tidak mau ngawin," ungkap Adi.

Ketiga digantang, kartini juga ditempel dengan pejantan yang dia sukai, yakni love bird warna pastel kuning. Agar bisa main tempel, Adi selalu beli tiket dobel yang posisinya bersebelahan. "Resikonya kalau Kartini tidak mau ngekek, saya kehilangan dua tiket. Tapi itu jarang sekali," cetus Adi yang dipercaya Haruko Wicaksono untuk mengawal Kartini.

 

KARTINI KEMBALI MONCER DI KELAS LOVE BIRD FIGHTER B

 

Untuk perawatan mandi jemur, Kartini mendapat jatah mandi hanya pada pagi hari. Penjemuran dilakukan di dalam box dengan pejantan untulan. Pakan hanya pakai milet putih agar birahi tidak memuncak.

"Kartini termasuk burung bocor, kalau di rumah dibiarkan ngekek, di lapangan bisa boncos. Untulan kartini saat di rumah dan di gantangan tidak sama. Untuk harian Kartini saya untul pakai penjatan yang tidak punya nafsu kawin, sedangkan kalau di gantangan pakai pejantan warna pastel kuning yang disukai Kartini," lanjut Adi.

 

LILIANA SF MENDOMINASI KELAS LOVE BIRD P1

 

Berkat perawatan inilah, Kartini rajin nyeri juara I, seperti saat tampil di Denanyar BC Minggu ini, 30 Agustus 2020. IC milik GT dari Dagangan dan Pono andalan Mr Dapol dari Coleke SED BF menjadi lawan tangguh buat Kartini saat turun di kelas Fighter A dan B.

Di kelas Murai Batu yang dibuka tiga kelas, untuk kelas G-25 CBR 2 andalan Ady Bird dari MBJ Team menjadi gaco terbaik yang mampu mengalahkan jawara dari Bojonegoro, Arum Jaya milik Imron PB2K dan Semar Mesem andalan Fauzan dari Ucan BF.

 

 

Kekalahan Arum Jaya di sesi utama terbayar lunas saat bertarung di sesi kedua, kelas Murai Batu A. Di kelas ini, Arum Jaya yang rajin membongkar suara cililin dan kapas tembak berhasil meredam kehebatan Semar Mesem dan CBR 2.

Di kelas Cucak Hijau yang dibuka tiga sesi, kelas Cucak Hijau G-25, Cucak Hijau G-30 A, dan Cucak Hijau G-30 B, ABG Tua milik Nugroho dari JBC berhasil menjadi gaco tersukses. Gaco yang sudah bernafas tua ini berhasil moncerdi kelas Cucak Hijau G-25 dan G-30 B. Sedangkan untuk sesi G-30 A menjadi milik Baret Ijo andalan Shendha dari Sengon. [RAFF]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

ARUM JAYA MONCER DI KELAS MURAI BATU A

 

BARET IJO KUASAI PODIUM CUCAK HIJAU A

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

BARRONG RAIH JUARA 1 DI KELAS LOVE BIRD M2 B

 

DUTA ANNIVERSARY JMB BC

 

 

 

 

KATA KUNCI: denanyar bc jombang adi kartini

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp