CUCAK HIJAU ZIDANE, DARI RAJA DIDIS MENJADI RAJA GANTANGAN

DENANYAR BC JOMBANG

CH Zidane, Dari Raja Didis Menjadi Raja Gantangan

Siapa sangka, Zidane yang jadi andalan Jangkar Merah di laga cucak hijau, sebelumnya adalah gaco yang suka didis. Namun setelah dirawat Tulus Riyadi, Zidane tidak pernah didis dan menjadi raja gantangan. Simak solusinya.

Punya cucak hijau punya bakat dan vokal bagus tapi suka didis, jangan keburu dibuang. Siapa tahu, setelah dirawat dengan benar, malah bisa jadi juara dan merajai gantangan. Contohnya Zidane, salah satu cucak hijau andalan H Awiem dari Jangkar Merah Team yang dirawat Tulus Riyadi atau Pakde.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU VIP

 

Di berbagai gantangan di Jombang Raya, Zidane kerap mengisi tangga juara papan atas. Dan prestasi terbarunya adalah juara I di kelas Cucak Hijau Vip di gelaran Denanyar BC di Lapangan pasar Desa Denanyar, Jombang pada Minggu 12 Juni 2022.

H. Awiem ketika membeli Zidane, tertarik karena punya materi bagus, baik dari segi penampilan yang suka jamtrok, vokal lantang, lagu punya banyak variasi dan durasi mumpuni. Tapi kelemahannya, kalau digantang suka didis.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Sebenarnya untuk mengatasi kelemahan ini, merupakan PR yang sulit dan banyak ditemui pemain cucak hijau. Tapi di tangan Pakde Tulus, cucak hijau didis bisa diatasi dengan relatif mudah.

Menurut Pakde, ada empat gaco cucak hijau yang dipercayakan H. Awiem ke Pakde, yakni Zidane, Hantu Laut, JJ, dan Alex Ferguson. Dan hebatnya, tidak ada satupun yang suka didis ketika digantang. "Mengatasi cucak hijau suka didis saat digantang sangat mudah kok," cetus Pakde.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU A

 

Kepada Burungnews Pakde blak-blakan soal mengatasi cucak hijau suka didis. Kuncinya ada di pengembunan, penjemuran, dan perlakuan harian. "Untuk cucak hijau suka didis, sebaiknya untuk harian dikerodong saja. Cukup diembunkan tanpa jemur dan mandi," bebernya.

Kecuali ketika akan dilombakan, Tulus menerapkan perawatan khusus. Burung mulai jam lima pagi diembunkan sekalian penjemuran. Burung dikeluarkan dari rumah mulai jam lima pagi dan diambil jam delapan pagi.

 

JUARA II KELAS MURAI BATU VIP

 

"Setelah dijemur, langsung dimasukkan tenggaran, dan di dalam tenggaran dikasih bak mandi. Biasanya, burung setelah dijemur akan langsung mandi. Untuk pakan, diperlakukan seperti kebiasaannya, jangan diubah. Kalau biasa diberi jangkrik, ya kasih jangkrik dan sebagainya," lanjut Pakde.

Ketika bulu sudah kering, cucak hijau langsung dipindah ke sangkar lomba dan dibawa ke gantangan. Sampai di gantangan, full kerodong dan tidak perlu ditrek atau dipanasi. "Ini pola perawatan kalau mau latber atau lomba dalam kota. Kalau ada agenda keluar kota, perawatan ini dilakukan pada H-1, dilanjut kerodong penuh sampai mau berangkat lomba. Sebelum berangkat wajib mandi dan siapkan pakan kesukaannya," pungkas Pakde Tulus.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Minggu 12 Juni 2022 saat digantang di kelas Cucak Hijau Vip yang menjadi kelas pembvuka di Gantangan Denanyar BC, Zidane langsung tampil atraktif. Jamtrok dan rajin menghumbar suara kapas tembak dipadu lengkingan mbak kunti yang dibawakan dengan durasi panjang. Karakter suara Zidane yang lantang akan mengusik perhatian juri. Dan ketika disuguhi suara roll tembak berdurasi, juri akan memasukkan Zidane sebagai nomintor juara.

Di kelas Vip, gaco yang menjadi rival Zidane memiliki kelebihan yang sulit ditandingi. Pasiv yang jadi andalan Hadi dari Pasar Pon tampil jamtrok dan rajin melontarkan lagu roll tembak. Setelah berlaga sekitar 7 menit, akhirnya Zidane ditetapkan sebagai juara I, Pasiv di peringkat dua, diikuti Mentok milik Irwan dari Mojowarno.

 

JUARA KELAS MURAI BATU A

 

Setan yang jadi andalan Eko dari Junior SF juga membekal materi apik. Meski di kelas Vip hanya meraih juara IV, Setan mampu membalik keadaan saat berlaga di leg kedua, kelas Cucak Hijau A yang jumlah pesertanya penuh hingga 35 burung.

Gantangan Denanyar BC selain menerapkan lomba tanpa teriak berhadaih wah, juga menerapkan sistem kuota G-35 atau membatasi peserta hanya sampai 35 kontestan saja. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pantauan juri dan memberikan penilaian yang akurat.

 

JUARA KELAS CENDET A

 

Setan yang gagal naik podium di kelas Vip, akhirnya berhasil merebut podium emas di sesi Cucak Hijau A. Di sesi ini, Setan bertarung melawan Klinting yang diusung Amirul dari Patianrowo Nganjuk, dan Mayor milik Guntur dari Dua Putra SF yang akhirnya meraih juara II dan III.

Di kelas Murai Batu Vip, pertarungan juga berlangsung sengit. Banyak gaco hebat yang turun di sesi ini. Anaconda andalan H. Khamid dari Pasar Pon Team sukses menjadi kampiun, setelah menundukkan Fuso yang jadi andalan Opek dari Hasil Levis SF, dan Stroom milik Yadi dari Bangsri.

 

 

Di sesi Murai Batu A, giliran Mr P milik Andre dari Soewito BF yang tampil mendominasi. gaco ini meraih juara I setelah menangguhkan kehebatan Supangkat Pastol yang diorbitkman Nadeo dari HasilLaut SF, dan Cuan orbitan Raihan dari Jombang.

Di kelas Cendet yang dibuka dua kelas, prestasi teratas terbagi untuk dua gaco. Kelas Cendet A menjadi milik Sakera mmilik Kaconk dari Denanyar, dan kelas Cendet B menjadi milik Kereta Malam yang jadi andalan Bang Kojin sang pemburu gaco dari Maestro BC. (CEMIX/RAFFAEL)

BROSUR & AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA KELAS KACER A

 

JUARA KELAS KACER B

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER B

 

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER P1 A

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER P1 B

 

 

 

 

KATA KUNCI: denanyar bc jombang ch zidane

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp