BANG KOJIN JADI SAHABAT BRI


DENANYAR BC JOMBANG, #3: Jadi Sahabat BRI, Kojin Terus Berburu Gaco

Setelah semua gaco dijual untuk memperbesar bengkel ketok magic, perlahan Bang Kojin mulai mengumpulkan amunisi. Sedikitnya sudah ada 9 gaco yang dibeli, termasuk murai batu Barong saat tampil di Denanyar BC.

"Kalau sudah kena kebutuhan, apapun akan saya jual. Termasuk seluruh gaco yang saya punya serta mobil Honda Freed kesayangan. Selama masa Covid ini saya benar-benar puasa, tidak punya gaco dan tidak pernah lomba lagi. Untuk menghilangkan kejenuhan saya larikan ke hobi main layang-layang," beber Bang Kojin.

 

 

Lebih enam bulan lamanya Kojin main layang-layang, akhirnya tidak kuat menahan diri untuk belanja gaco. Apalagi kalau scroll facebook ada teman yang posting tropi, hatinya langsung menjerit. "Paling susah kalau melihat ada yang posting piala, gak kuat," ujarnya.

Jalan pintas pun diambil. Belum lama ini ia mencairkan dana talangan dari BRI yang nilainya fantastis. "Bismillah, saya harus jadi sahabat BRI agar bisa beli gaco. Sekarang sudah ada sembilan gaco yang berhasil saya boyong. Cucak hijau ada dua, kacer ada lima, dan murai batu ada dua termasuk yang saya beli Minggu kemarin di Denanyar," ujar Bang Kojin ketika dihubungi Burungnews.

 

BANG KOJIN (KANAN) TRANSFER MURAI BATU BARONG

 

Gaco-gaco yang dibeli juga bukan gaco kaleng-kaleng. Semua dibeli dari lapangan, kecuali cucak hijau Dollar yang memang miliknya sendiri yang dijual untuk membesarkan bengkel dan berhasil ditebus lagi.

Beberapa nama gaco yang kini menjadi koleksi pria paruh baya berambut ikal ini antara lain cucak hijau Bangkit milik Hendra Jombang, kacer Suarez milik Mr Awin Jangkar Merah, serta murai batu Barong milik Husen dari Jogoroto yang ditake over Minggu lalu, 10 Januari 2021 di gelaran Denanyar BC di Lapangan Desa Denanyar Jombang.

 

BANG KOJIN DAN MBAH MUSLIM

 

Di gelaran Denanyar BC, Barong turun di kelas Murai Batu A berhasil meraih juara II. Begitu turun dari gantangan, Kojin langsung mendekati Husen dan langsung transaksi di dalam gantangan. "Saya kalau sudah senang sesuatu tidak bisa nahan diri. Begitu turun gantangan langsung saya tanyakan maharnya. Alhamdulillah dikasih," ujarnya.

Husen sendiri saat berangkat ke lapangan semat berujar, kalau nanti ada yang mau membeli gaco kesayangannya akan dilepas. "Alhamdulillah anak saya baru lahir dan saya berujar, kalau nanti ada yang mau melamar Barong, akan saya lepas dan saya belikan kambing buat aqiqoh," kata Husen.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Barong dilepas Husen ke Bang Kojin dengan mahar Rp 13 juta. Namun, Husen minta kenang-kenangan murai batu F4 milik Kojin. "Dia sudah mau melepas burung kesayangan, sayapun harus mengimbangi. Saya berikan murai batu F4 yang baru saya beli tanpa mengurangi harga Barong yang sudah kami sepakati," jelas Kojin.

Sejumlah kelebihan Barong yang membuat Kojin kepincut adalah, saat tampil di Denanyar BC rajin membongkar suara cililin, kenari, dan cucak jenggot. Saat nembak cililin, Barong melantunkannya dengan gaya sujud, namun volume vokalnya tetap gahar.

 

JUARA MURAI BATU A

 

Sayang, gaco ini punya kelemahan yang fatal. Apabila digantang di nomor pinggir, Barong kerap turun ke lantai sangkar saat nembak dengan gaya sujud. Seperti saat turun di sesi Murai Batu Vip, Barong menempati nomor 54. Padahal di awal-awal Barong rajin membongkar suara cililin berdurasi panjang. Tapi karena beberapa kali terpantau nebok, juri menancapkan bendera diskualifikasi.

Prestasi yang diraih Barong di gelaran Denanyar BC ini adalah juara II di kelas Murai Batu A. Juara I direbut Pilang yang dikawal Irfan dari Plosogeneng, sedangkan juara III direbut Black Saphir yang jadi andalan Jamal Udin dari Nganjuk.

 

FOTO 4 JUARA MURAI BATU VIP

 

Sedangkan gaco yang berhasil meraih juara I di kelas Murai Batu Vip adalah Bayi Tabung orbitan Dr Aang dari Predator Team, diikuti Hafana milik Dian dari JBC, dan Pilang milik Irfan. Di kelas Murai Batu B, juara I direbut Angkrang andalan Kholiq dari Maduh SF, didampingi Black Saphir di podium dua, dan Daconil di podium tiga. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

DENANYAR BC JOMBANG, #1, KLIK DI SINI

DENANYAR BC JOMBANG, #2, KLIK DI SINI

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: denanyar bc jombang sahabat bri kojin

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp