DATA JUARA BnR EXCLUSIVE G-25


DATA JUARA BnR EXCLUSIVE G-25 BEKASI: Begini Lomba yang Ideal dan Asyik, Aman – Nyaman – Non Teriak, Jam 15.00 Sudah Rampung

Even BnR Exclusive G-25, Minggu 28 Februari 2021 di Jatikarya Bekasi, benar-benar ideal dan mengasyikkan, bisa menjadi contoh bagi lomba lain di tengah pandemi. Semua yang mau masuk lokasi lomba harus membawa dan menunjukkan surat hasil negatif rapid tes Antigen atau melakukan tes di tempat.

Benar-benar diwajibkan untuk semuanya, tidak peduli mau panitia, juri, peserta, tidak pandang pangkat atau jabatannya, hanya bisa masuk kalau bisa menunjukkan surat hasil tes Antigen yang masih berlaku yang menunjukkan hasil negatif.

 

SUNARTO (BAPAK KACER INDONESIA) LAKUKAN TES SWAB

 

Bila belum sempat melakukannya sebelumnya, panitia pun sudah menyiapkan tes di tempat dengan biaya hanya 75 ribu rupiah. Kalau sudah keluar hasil negatif, baru boleh masuk gerbang lokasi lomba.

Kabar baiknya, semua hasil tes di lokasi lomba negatif. Mereka yang belum membawa surat hasil tes dari luar, tentu harus berangkat lebih awal.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Di luar screening awal yang ketat dengan standar Rapid Tes Antigen, lomba juga terasa sangat nyaman. Para peserta duduk rapi, hampir tidak terdengar teriakan yang berlebihan. Suara burung yang sedang berlomba, menjadi lebih jelas terdengar, sangat dominan dibanding suara teriakan. Hal ini sangat membantu kinerja juri yang bertugas, untuk mengamati, mendengar, dan menilai burung yang layak dan berkualitas.

Hal lainnya adalah, biasanya kicau mania yang mengikuti lomba harus pulang sampai larut malam. Di gelaran ini, para peserta, juri, panitia, juga para wartawan, bisa menikmati pulang ke rumah lebih awal. Lomba kali ini sangat singkat, hanya memainkan 4 jenis burung dengan 15 kelas / sesi saja.

 

H ARIS MARGONO

 

Hal itu juga diungkapkan oleh H. Aris Margono, pengurus BnR Pusat asal Bekasi. “Baru kali ini saya pulang masih terang benderang. Seumur-umur tugas, inilah lomba tersingkat, hehe,” ujar H. Aris sembari bercanda.

Sebenarnya, ini pola yang sama dengan lomba jaman dahulu. Dalam satu hari paling hanya memainkan 15-17 sesi, sehingga sekitar jam 15 – 16.00 sudah selesai. Mereka yang hadir pun biasanya tidak tergesa-gesa untuk pulang, masih bisa meluangkan waktu sekadar untuk saling bercengkrama terlebih dahulu.

 

 

Dalam perkembangannya, ada semacam trend hingga para EO seperti dikejar “ambisi” untuk mencetak rekor, entah itu jumlah peserta, atau mungkin juga mengejar untung yang (lebih) besar. Jumlah sesi pun diperbanyak hingga rata-rata di kisaran 30 sesi bahkan lebih, demikian pula dengan jumlah gantangan.

Bila dengan 15 sesi saja, seperti yang sudah dicontohkan di gelaran BnR Exclusive Bekasi ini sudah bisa masuk hitung-hitungan ekonominya, tentunya ini juga bisa jadi rujukan dan pijakan untuk event-event lain baik oleh BnR juga oleh EO lainnya.

 

BANG BOY BERSAMA KORLAP & IP BnR

 

Lomba yang nyaman sekaligus prestis, tentu saja tidak semata ditentukan oleh hadiah yang jor-joran, yang membuat biaya lomba meningkat, lalu untuk menutup semua biaya itu panitia mesti membuka kelas yang banyak. Konsekuensinya, kenyamanan peserta dikorbankan, kelelahan juri meningkat, secara umum kualitas lomba pun menurun. Semua itu pada pada akhirnya dibebankan pada peserta juga.

Pandemi, membuat kita semua bisa berpikir ulang, lomba seperti apa yang benar-benar aman, nyaman, dan tetap bisa menjaga kualitas, sehingga event itu tetap terjaga prestisnya. Kalau bisa dengan jumlah sesi dan peserta terbatas, dengan kemasan yang wajar sehingga ujungnya tidak membebani peserta juga, kenapa itu tidak coba dijadikan standar untuk gelaran-gelaran berikutnya? [denny, maltimbus]

 

 

SUASANA LOMBA

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

DATA JUARA BnR EXCLUSIVE G-25 BEKASI:

 

 

 

 

KATA KUNCI: bnr exclusive g-25

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp