PAUD HASIL BREEDING DANANG CATHOUSE RAIH JUARA I DI TARAS BC JOMBANG.

DANANG CATHOUSE JOMBANG

Ternak Love Bird Itu Murah dan Prospek

 

 

Prospek breeding lovebird sangat manis loh. Gak percaya? Simak saja pengalaman Danang Cathouse, breeder muda asal Jombang yang berpenghasilan jutaan rupiah per bulan dari ternak love bird.

Saat ini, Danang baru punya 9 pasang indukan produktif yang terdiri dari berbagai warna. Antara lain hijau standar, patel hijau, biru cobalt dan biru mangsi. Ia mengangkat anakan saat umur dua mingguan, dan per dua minggu itu ia bisa panen 8 - 10 ekor piyik.

Paling murah, anakan warna hijau standar dipatok 350 ribu dan paling mahal biru mangsi 600 ribu per ekor umur 1,5 bulan atau sudah bisa makan sendiri. Duit dari hasil jual anakan ini akan terus dikembangkan untuk beli indukan baru. "Sebulan, saya bisa dapat lima jutaan lah dari jual anakan love bird," ungkapnya.

 

 

Untuk breeder pemula, Danang yang juga serius ternak kucing Persia menyarankan, ternak love bird adalah langkah tepat. Untuk saat ini, bisnis dari breeding love bird sangat manis. Modal buat beli indukan murah meriah, tak seperti untuk menyiapkan ternak murai, cucakrawa, apalagi jalak bali yang butuh surat ijin dari BKSDA. Tidak butuh lahan luas dan biaya pakan pun relatif murah dan irit. Pemasarannya pun mudah.

Menyinggung soal pemasaran yang mudah, ini ada triknya juga loh. Untuk piyikan Josan yang dipatok 350 ribu per ekor, tentu tidak mudah memasarkannya, karena di pasar burung, umumnya anakan josan dibanderol 170 ribuan.

 

SIAPKAN PAUD BUAT LOMBA.

 

Untuk menyiasati ini, Danang memilih indukan prestasi, sehingga anakan yang dihasilkan juga relatif fighter. Terbukti, hasil breedingnya sudah sering moncer di kelas Paud dan akhirnya dibeli para pemain. Stock anakan terbaru yang berhasil moncer di lapang adalah Sabriba, Jojo 99 dan Bilqis 27 yang umurnya rata-rata 3.5 bulan.

Ketiga anakan itu pun tidak akan ditahan bila ada calon pembeli. "Kalau ada yang minat dan harga cocok tentu saya lepas. Saya tidak ingin mengecewakan pembeli," ujar pemuda yang tinggal Jalan Teuku Umar, Gang Shinta nomor 8, Pulo Lor, Jombang.

 

 

JANGAN SERING DIINTIP!

Banyak sebab kenapa telur tak menetas. Yang lazim terjadi, antara lain,  karena telur tersebut hasil  perkawinan tak sempurna. Kurang dierami dengan baik oleh indukan. Juga karena situasi yang tidak kondusif. Semisal cuaca sekitar kandang yang terasa panas menyengat yang berujung telur kopyor. Terlalu bising sehingga indukan tak merasa nyaman saat mengerami telur.

Faktor lain, yakni karena telur tersebut sering diintip. Menurut Danang, saat bertelur indukan butuh pengamanan ekstra. Terganggu sedikit saja bisa berakibat fatal sehingga dia ogah mengerami telurnya.

 

INDUKAN PENCETAK ANAKAN JUARA.

 

Bila indukan merasa terusik, maka dia nggak mau ngurus telurnya lagi. Kadang dia akan menimbun telurnya di sarang. Kadang juga memecah telur atau membiarkan begitu saja. “Kalau memang telurnya masih utuh dan tak kunjung menetas sampai batas waktunya, sekitar 21 hari, maka harus secepatnya diambil supaya indukan bertelur lagi. Bila tidak, ada juga indukan yang ogah bertelur lagi,” paparnya.

 

PIYIK UMUR SEMINGGU

Anakan umur 1-7 hari tak hanya rentan karena kondisinya masih lemah. Tapi juga rawan diamuk induknya sendiri. Penyebabnya? Karena si pemilik suka ngintip ke kotak sarang lovebird. “Jadi kalau memang pengen nengok anakannya, usahakan umurnya di atas seminggu,” pesan Danang.

Biasanya, pada umur itu indukan relatif galak karena protektif terhadap anakannya. Bila ada pengganggu, maka secepatnya indukan akan melindungi. Nah kadang ada indukan yang akhirnya membunuh anakannya sendiri. Yang jadi sasaran biasanya anak terakhir atau anak yang paling kecil,” lanjutnya.

 

INDUKAN PRODUKTIF DI KANDANG SOLITER.

 

Ternyata, gangguan tidak hanya datang dari peternaknya, tapi yang jarang diketahui para breeder love bird, adalah gangguan dari cicak. Cicak tidak bisa dianggap sepele. Karena kalau sudah masuk kotak sarang, indukan akan terganggu. Bila ada piyik, cicak juga suka memakan kaki piyikan love bird. Indukan yang terganggu juga bisa menyebabkan anakan terinjak dan mati. "Pokoknya kalau ada cicak mendekat, harus dibasmi," pungkasnya.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

PENJODOHAN LEBIH BAGUS DI KANDANG POLIER.

 

CALON INDUKAN SUDAH JODOH.

 

SALAH SATU PENYEBAB KEGAGALAN ADALAH CICAK. 

 

KATA KUNCI: danang cathouse jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp