TAYER DUNDER, NYERI DI RONGGOLAWE KEBUMEN

Ciblek Diumbar?

Begitulah Pada Tayer Dunder

 

 

 

Merawat burung dengan cara diumbar, kini banyak dilakukan. Misalnya pada jenis murai batu, cucak hijau untuk burung-burung poster besar. Pada burung postur kecil, kenari juga biasa diumbar.

Bagaimana dengan ciblek? Mungkin Anda jarang melihat model ciblek yang diumbar. Tapi Gus Arif dari  Gombong, ternyata biasa memasukan jagoannya dalam kandang besar umbaran.

Seperti apa bentuk kandang umbaran untuk Ciblek yang hari Minggu 17 April kemarin merebut juara 1 dua kali, bisa disimak pada foto terlampir di berita ini.

 

 

“Selain diumbar, perawatan lainnya biasa saja. Tidak ada yang aneh atau special,” tandasnya.

Pagi hari saat matarahi belum mengeluarkan sinar, sudah dikeluarkan, untuk diembunkan. Matahari bearu bersinar, dijemur sebentar saja untuk menghangatkan bulu.

EF Ulatn Hongkon dan jangkrik secukup saja, baru mandi. Sehabis mandi, dianginkan saja, lalu masukkan kandang umbaran. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari.

Hal sepele yang perlu diperhatikan, kandang mesti dibersihkan tiap hari, juga harus selalu kering. Pakan dan minum, juga harus diganti tiap pagi dan sore. Kalau mau lomba, hanya EF saja yang ditambah, sesuai kondisi burung.

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp