CH SINDEN, Burung anyar yang sudah mengantongi banyak gelar dan siap menjadi ancaman.

CH SINDEN

Pendatang Baru, Siap Mengancam Jago Mapan

 

 

 

Nama Cucak Hijau Sinden menjadi perbincangan setelah sukses menjuarai berbagai even lokal di Surabaya. Mulai dari kontes SCBC Cup II, Launching gantangan Putra Dewa, RG Cup I, hingga Senin Jaya.

Burung yang berusia 2,5 tahun ini merupakan salah satu gaco andalan dari Om Siwied yang didapat pada bulan Februari silam. “Saya mendapatkan Sinden pada bulan 2 kemarin. Burung tersebut sudah saya pantau 4 bulan sebelumnya.  Saya yakin kalau burung ini mempunyai masa depan yang bagus,” buka Om Siwied pada burungnews di kediamannya, Setro Baru Utara I Surabaya.

 

SIWIED BERSAMA SINDEN & PIALA DI LOMBA TERAKHIRNYA.

 

Menurut si empunya, Sinden yang mempunyai karakter sebagai burung petarung (fighter) juga memiliki volume serta gaya/perform yang spesial. “Sinden tidak perlu perawatan khusus, tidak seperti gaco saya lainnya. Misalnya Marques yang rewel soal perawatan harian,” tambahnya.

Kunci utama yang membuat Sinden bisa tampil apik adalah wajib kena udara pagi setiap harinya. Ini yang mewajibkan si pemilik bangun pukul 5 pagi dan menggantangkan hingga pukul 7 atau 8. Selanjutnya mandi di bak, terus dijemur dan dimasukkan tenggaran hingga pukul 13.00 siang.

 

TIAP SINDEN HARUS MANDI DI BAK MANDI, BUKAN CEPUK.

 

Tidak lupa setiap pagi dan sore diputarkan masteran elektrik serta diperdengarkan masteran dari burung lain mulai dari love bird, cucak rowo, dan lainnya untuk mengasah mental bertandingnya.

“Sinden ini burung pelupa, seperti cucak hijau pada umumnya. Tidak dengar suara burung lain sehari dia akan diam. Jadi harus selalu diperdengarkan suara dari burung lain,” imbuh Siwied.

Untuk pola makan juga tidak rewel, cukup voer Topsong ditambah EF dan buah-buahan. Extre Fooding, cukup dengan jangkrik 2 kali sehari pagi dan sore, bila diperlukan beberapa sesi sebelum lomba ditambahkan 1 atau 2 lagi.

 

PEPAYA, MAKANAN TAMBAHAN YANG DIGILIR DENGAN PISANG DAN APEL MERAH.

 

Untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup, Siwied rutin memberikan buah-buahan pada gacoannya seperti pepaya yang diberikan pada hari Senin hingga Kamis, Jumat dikasih pisang, Sabtu diberi apel merah, dan Minggunya kembali diberi pisang.

Bila dirasa masih kurang fighter, kita bisa menambahkan asupan Moncer1. Caranya bisa dengan mencampur pada minuman, air diisikan sepertiga kolak saja supaya efisien. Cara yang lebih efektif, dengan disuntikkan pada jangkrik.

Yang membuat Siwied senang dengan Sinden selain tidak rewel dalam perawatan harian juga gampang tampil meski bergonta-ganti sangkar pada setiap turun lomba. “Meski berganti sangkar model apa pun tidak mengurangi perform Sinden pada setiap penampilannya,” bangganya.

 

UNTUK MENJAGA STAMINA, TIAP HARI SINDEN MASUK TENGGARAN.

 

Dengan sederet prestasi yagn pernah diraih, karakter burung, ditambah persiapan yang mantap, Siwied ingin menampilan Sinden di even prestisius khususnya yang ada di Jawa Timur.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: cucak hijau sinden siwied pbi surabaya

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp