DIKY AREMA 287_SF


CENDET MJ MASIH JADI ANDALAN 287_SF MALANG

Paska Mabung Performa Cendet MJ Lebih Mewah. Rahasianya?

Saat mabung adalah saat dimana gaco mulai tidak berdaya. Penampilan tidak bisa top form dan rentan sakit bila penanganan tidak tepat. Bagaimana cara Diky Arema untuk menjaga performa cendet MJ saat mabung? Berikut ulasannya.

Pada kesempatan ini Wartawan Burungnews bertandang ke markas 287 SF yang ada di daerah Ngantang Kabupaten Malang. 287 SF dulu pernah punya amunisi hebat di kelas cendet. MJ namanya. Namun sekitar dua tahunan pamor MJ menghilang bak ditelan bumi.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Bahkan ada yang mengatakan kalau cendet MJ hilang. Namun kabar ini ditepis Diky Arema, pemilik MJ. "Sebenarnya ada masalah bulu. Mabungnya tidak tuntas dan terus sulam sekitar dua tahunan. Saya beberapa kali mencoba menurunkan MJ di lapangan, tapi selalu zonk," cetusnya.

Karena puasa prestasi dalam kurun waktu dua tahunan, Diky Arema atau yang dikenal dengan Juragan Kecil sempat down. "Sempat jenuh juga menunggu bulu MJ segera pulih. Tapi jangankan bisa mulus, tingkah laku Mj makin tak wajar dengan kondisi bulu tua dan kusam sebagian ada yang patah," ungkapnya.

 

CENDET MJ BENTENG 287 SF

 

Akhirnya diputuskan untuk melakukan proses karantina. MJ dimasukkan ke dalam ruangan kosong, dan prosesnya cukup lama, sekitar 5 sampai 6 bulanan. "Terpaksa MJ saya karantina di kamar kosong dan tidak ketemu siapapun. Antara lima sampai enam bulan MJ mulai bisa menjatuhkan bulu satu per satu hingga tuntas," ungkapnya.

Sebenarnya, Dicky bisa saja menitipkan gaco andalannya ini ke teman atau perawat. Tapi karena Mj sudah lama perjuang dan mengharumkan 287 SF hampir lima tahun lamanya, maka Diky ingin membalasnya dengan merawat sendiri cendet MJ.

 

 

Saat bulunya mulai tumbuh dan tuntas, MJ mulai diajak jalan-jalan ke gantangan di sekitar Ngantang untuk kembali mengenalkan. Hingga turun di Latpres Gantangan Garasi alhasil burung sudah mulai kelihatan stabil dan berasil hatrik. Minggu berikutnya di Latpres Kapal Layar di sesi awal Mj berhasil menguasai juara 1 dan 4. Dilanjut ke gantangan Mahkota BnR menyabet juara 1 lagi. "Sekarang, nama MJ saya ganti dengan Raja Silet. Karena suaranya sangat nyaring. Tipe roll tembak vokla gereja tarung jadi andalan Raja Silet," kata Diky Arema.

Untuk setingan perawatan, Diky tetap mempertahankan pola setinghan yang lama. Untuk harian cukup ulat kandang 1 sendok makan dan jangkrik 5 ekor setiap pagi dan sore. Mandi hanya dua hari sekali. Pas sampai lapangan hanya disemprot kabut dan dibiarkan beradaptasi dengan lingkungan lomba.

 

DIKY AREMA 287_SF JUGA MAIN KENARI

 

"Saat burung mau digantangan, sekitar dua sesi, semprot kabut lagi tapi jangan sampai basah. Saya kasih jangkrik 2 ekor biar kenyang. Setelah jangkrik sudah habis, pastikan tidak ada sisa di dalam sangkar, terutama di lantai sangkar, harus diteliti benar. Setelah klir, dikerodong sampai waktunya naik gantangan," papar Diky Arema.

AGENDA & BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: cendet mj 287_sf malang

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp