Kacer giras cukup dimandikan.


Cara Kilat Menjinakkan Kacer Giras

 

Kalau tabiat ini terjadi terus menerus, si kacer tadi akan mudah stress hingga berakhir dengan kematian. Tabiat demikian seharusnya diupayakan harus hilang secara bertahap hingga kacer benar-benar jinak. Kalau sudah jinak, ia bisa dimaster suaranya hingga memiliki suara merdu. Untuk selanjutnya bisa dilombakan baik di latberan maupun lomba besar.

Adapun cara efektif menjinakkan kacer giras adalah dengan cara memandikannya perlahan tiap pagi jam 07.00 WIB. Memandikannya ini pun dilarang dilakukan dengan kasar dan deras karena kacer justru akan panik hingga bertambah stress.

Cara memandikan paling tepat adalah dengan menggunakan semprotan (sprayer). Air yang disemprotkan pun harus berkabut sifatnya. Air ini pun disemprotkan ke tubuh burung secara lembut dan per lahan. Penyemprotan dilakukan sebentar saja atau maksimal 3 menitan.

Lalu burung diamati. Kalau kacer tadi diam seraya menata bulu-bulunya, maka penyemprotan lembut bisa dilakukan lagi. Amati lagi, dan semprot lagi sampai tubuhnya basah kuyup.

Teknik memandikan dengan cara demikian dilakukan sampai sebulan lamanya. Terhitung sebulan, kacer tadi akan berubah jinak dan akrab dengan pemiliknya. Kalau sudah demikian, tinggal mengisi suaranya dengan cara memasternya menggunakan burung lain.

Burung lain yang bisa digunakan untuk memaster kacer bisa dipilih love bird, kapas tembak, celilin dan Cucak ijo. Adapun teknis memaster kacer tersebut sebagai berikut:

  • Menyiapkan ruangan khusus untuk proses pemasteran.
  • Posisi memaster adalah sangkar burung kacer digantang diantara sangkar burung love bird, celilin dan kapas tembak.
  • Diupayakan selama proses pemasteran sangkar burung kacer dalam posisi tertutup alias dikerodong.
  • Pemasteran pertama dilakukan pada jam 10.00 WIB hingga jam 12.00 WIB.
  • Proses pemasteran kedua dilakukan pada jam 15.00 WIB hingga jam 17.00 WIB.
  • Pada malam hari proses pemasteran dihentikan untuk memberikan waktu istirahat pada kacer tersebut. Berarti burung-burung master tadi dipindah ke tempat lain.
  • Proses pemasteran bisa dilakukan minimal selama 2 minggu.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Copyright BurungNews @ 2014 - 2017 Developed by JogjaCamp