STADION MANAHAN, RINDANG, SEJUK, TERHINDAR DARI PAPARAN LANGSUNG PANAS MATAHARI

BURUNG KURANG MAKSIMAL KARENA CUACA PANAS DI GANTANGAN?

Jangan Kawatir, di Sini Tidak Akan Terjadi

Belakangan ini, cuaca panas menyengat kerap menghantui kicaumania yang hendak melombakan burungnya. Seting dan persiapan yang sudah dilakukan dengan begitu baik, bisa jadi berantakan.

Banyak burung-burung bagus, berbandrol mahal, yang awalnya jadi unggulan juara, tapi pada saat menentukan justru melempem. Kurang maksimal, atau bahkan tidak kerja sama sekali. Tentu, banyak hal yang bisa jadi penyebab. Salah satu yang kerap dianggap jadi biang kerok, panas berlebihan di gantangan.

 

MENYAKSIKAN JALANNYA LOMBA DI GARASI ARENA, TEDUH TANPA PERLU PEDOK

 

Cuaca panas memang alamiah, sesuatu di luar kendali dan kekuasaan manusia. Namun hal ini bisa saja diantisipasi, setidaknya bisa mengurangi sehingga tidak sampai parah-parah amat panas dan pengaruhnya bagi kinerja si burung.

Pada batas tertentu, sebenarnya lebih banyak burung yang menyukai panas ketimbang mendung, apalagi sampai gerimis dan hujan. Situasi yang cenderung adem, dingin, membuat burung kurang ngotot ketika harus bertempur.

 

 

Cuaca panas sampai berlebihan dan membuat situasi kurang kondusif untuk burung, umumnya terjadi bila lokasi gantangan berada di tanah yang cukup lapang, jauh dari peneduh pepohonan besar. Akan semakin parah bila konsiai alas di bawahnya adalah tanah kering yang berdebu, atau aspal, semen, atau pengeras lain yang sifatnya memantulkan panas.

Dari dasar itu, pilihan lokasi gantangan, kini juga jadi salah satu pertimbangan peserta memilih lomba. Buat apa kemasan menarik, hadiah besar, atau mungkin prestis tinggi, kalau situasi bakal kurang kondusif seperti panas berlebih yang membuat burung kurang kerja.

 

ASYIKNYA MENYIAPKAN BURUNG DI GTG AKARATU (dok. arie chrisna)

 

Berikut beberapa lomba yang lokasinya direkomendasikan karena tak semata luas, tapi juga banyak pohon peneduh di sekitarnya sehingga bisa mengurangi panas secara signifikan.

Kapolresta Surakarta Cup, akan digelar pada 16 Juli. Lokasinya di komplek Stadion Manahan. Ini adalah lokasi yang begitu luas di tengah kota Solo, sekaligus juga sangat nyaman karena begitu banyak pohon tegakan perindang yang sudah tumbuh dan menjadi payung besar, membuat hampir semua sisi area halaman dan parkir menjadi teduh dan nyaman.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Inilah salah satu keunggulannya. Selain lokasi pasti nyaman dan tenang, Kapolresta Surakarta Cup bakal menjadi event pertama atau yag “pecah telor” bisa kembali menggunakan komplek stadion Manahan setelah sekitan lama tidak bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat di luar olah raga. Salah satu lokasi yang ikut mengangkat prestis suatu kegiatan, termasuk lomba burung.

Kemasan lomba juga sangat bagus. Tiket terjangkau, hadiahnya memikat, dan syarat supaya hadiah bisa bongkar, juga ringan. Misalnya, untuk 36 G, hadiah akan keluar utuh mulai juara 1, bila peserta “cukup” terisi 30 saja. Demikian pula untuk 24-G, cukup terisi 20, hadiah akan bongkar. Tentu, hal ini membuat calon peserta juga merasa lebih aman dan nyaman.

 

 

Daya tarik lain dari Kapolresta Surakarta Cup, tentunya adalah sistem penjurian terbuka. Para petugas dari Polrestas Klaten tentu akan menjaga jalannya lomba supaya tetap tertib, kondusif, memastikan para juri bisa bertugas secara lepas dan apa adanya, tentu dengan mengedepankan sikap humanis.

Bagaimana pun, gelaran dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara ini juga untuk mengejowantahkan apa yang disebut dengan polisi adalah mitra masyarakat, yang harus melayani, mengayomi, dan melindungi.

 

GANTANGAN AKARATU (dok. ari chrisna)

 

Lomba berikut yang memiliki lokasi sangat strategis adalah Bupati Cup Klaten, 23 Juli. Namanya juga hutan kota Gergunung. Hutan, tentu identik dengan banyak pohon-pohon besar. Gantangan Akaratu, lokasi lomba, memang diapit langsung oleh pepohonan besar.

Itulah “payung” alami yang akan menungi gantangan, membuat paparan panas akan berkurang signifikan. Hal ini juga didukung oleh bahan atap yang bisa menyerap panas, posisi cukup tinggi, menjadikan sirkulasi udara lebih lancar.

Bupati Cup Klaten, juga menyediakan kemasan lomba menarik, tiket terjangkau, beberapa di antaranya membuka kelas losgan atau hadiah utuh berapa pun peserta. Kelas-kelas seri “G” mulai 20-G, 25-G, 35-G, akan menggunakan sistem ajuan terbuka.

 

JUARA DI GARASI ARENA, TEDUH DAN NYAMAN DIPAYUNGI POHON BESAR

 

Di Jogja, kini juga ada gantangan kekinian, megah, berada di lokasi yang luas yaitu taman parkir Jogja Water Boom (dulu Jogja Bay). Inilah Garasi Arena, gantangan permanen pertama di blok tengah yang dilengkapi dengan perangkat buka tutup elektrik, kapasitas 24-G, dan bisa sampai 36-G bila tanpa bukat tutup elektrik.

Gantangan dijuga dikerubungi oleh pepohonan besar yang rindang. Situasi ini membuat di tengah hari, cuaca panas jadi kurang terasa bagi bila kita berada tepat di bawah gantangan. Hal ini juga karena pilihan atap yang benar-benar mampu menyerap panas matahari secara maksimal.

Pada 9 Juli, aka nada gelaran yang cukup menarik, menantang, dan prestis, kendati kemasannya dengan bandrol tiket terjangkau, tertinggi hanya 500K. Tajuknya adalah Anniversary Juri Jogja Bay Independen. Lebih lengkap, silakan simak brosur-brosurnya di bawah ini. [maltimbus]

 

 

BROSUR ANNIV. JURI JOGJA BAY INDEPENDEN:

 

JADWAL LOMBA ANNIV. JURI JOGJA BAY INDEPENDEN:

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

BROSUR KAPOLRESTA SURAKARTA CUP:

 

JADWAL LOMBA KAPOLRESTA SURAKARTA CUP:

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

BROSUR DAN JADWAL LOMBA BUPATI CUP KLATEN {KLIK WAKTU POSTING (KIRI ATAS, BAWAH TULISAN BURUNGNEWS.COM, ATAU "KOMENTAR") UNTUK MEMBUKA/MEMBESARKAN BROSUR DAN JADWAL}:

 

 

KATA KUNCI: kapolresta surakarta cup roaad to solo fair factor bupati cup klaten garasi arena

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp