BUDI MASTERING JOGJA

Ratusan Burung Katarak Sudah Disembuhkan

Selain dikenal sebagai pemaster burung murai batu, Budi ternyata punya keahlian lain, mengobati burung katarak dengan metode operasi. Sejak tahun 2017, sudah ratusan burung yang disembuhkan.

Hal ini disampaikan oleh Budi, ketika disambangi di kediamannya Jalan Kaliurang KM 7, Kentungan, Yogyakarta. Tampak puluhan burung, utamanya jenis murai batu, dari usia trotol hingga pastol berjajar rapi di gantungan.

 

BUDI DI RUANG MASTERING, SISWA SIAP DIRAWAT RUTIN PAGI

 

Ada yang ditata di lantai, menjelang melakukan perawatan rutin pagi hari. Ada yang sedang di keramba mandi, sembari sangkar dibersihkan. Ada pula yang sedang di jemur. Puluhan burung jenis master juga tampak tergantung, berselang-seling dengan murai batu. Budi menggeluti mastering, sejak akhir 2016.

“Mulanya, siswa dari burung-burung teman di seputar Jogja. Mungkin ada yang baru sebatas mencoba ya waktu itu. Nah, setelah lulusannya kok hasilnya bagus, sering juara, mulailah dari mulut ke mulut, atau mereka share kepuasannya lewat media social. Dari situ, informasi tentang Budi Mastering, menyebar ke luar kota.”

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Budi tengah mendidik sekitar 80 siswa berbagai umur. “Ada yang dari Jakarta, Pacitan, Madiun, Pangandaran, tentu juga banyak dari Klaten, Yogyakarta, Purworejo, dan sekitarnya.”

Saat ini, Budi tak hanya menerima murid usia trotol, yang umumnya akan lulus setelah menjalani masa pendidiikan 6-7 bulan. “Kita juga menerima titipan burung-burung yang sedang mabung. Bahkan menjelang Idul Fitri juga ada yang titip karena mau ditinggal mudik.”

 

SISWA MANDI DI KERAMBA

 

SPP yang dikenakan Budi Mastering, cukup bersaing dengan yang lain. “400 ribu per bulan, ya rata-rata sekarang harganya di kisaran angka itu, angka yang wajar.”

Yang cukup mengejutkan, ternyata Budi punya keahlian lainnya, mengobati burung katarak. Teknik penyembuhannya dengan cara operasi. “Kalau pengobatan katarak sudah mulai sejak 2017. Sudah ratusan burung katarak yang sembuh setelah dibawa ke sini,” ujar Budi.

 

 

Sebagian besar pasien memang murai. Sesungguhnya jenis burung lain pun bisa. “Yang pernah saya tangani, selain muai batu, juga kacer dan anis merah. Kalau kenari memang belum bisa, ukuran mata kecil, belum nemu jarum yang cocok untuk mata kenari. Kalau buat yang besar-besar insya Allah bisa.”

Masa pemulihan biasanya sekitat 3 minggu. “Tapi tergantung seberapa parah. Kalau katarak sudah tebal, bisa lebih lama. Ada yang pernah sampai 9 bulan mondok di sini, itu si Jaguar milik Ko Gunaan Natalia Solo. Kondisinya, yang kena katarak dua mata, kanan-kiri, sudah parah, sudah tidak bisa melihat apa-apa. Makan pun hapalan, kalau posisi makan digeser tidak bisa makan, didekati benda di depan mata juga tidak tahu, tidak ada reaksi. Sekarang sudah sembuh, Pak Gun jadi sering telepon, ngabari Jaguar sudah masuk kendang ternak, anaknya sudah 6.”

 

SISWA DIJEMUR, MULAI TERLIHAT MATERINYA

 

Budi mengaku belajar operasi katarak dari sahabatnya, Bayu. Dia kicaumania asli Boyolali yang kini tinggal di Serang. “Jadi saya tanya kapan pas mudik, terus saya main ke Boyolali, bawa 3 burung yang kena katarak. Satu digarap oleh mas Bayu, saya melihatnya. Setelah itu, saya langsung praktik pada 2 burung lainnya. Ternyata berhasil.”

Setelah ketiga burung itu sudah pulih, sembuh, barulah Budi mulai berani buka praktek, menerima pasien dari luar. “Mulai beranilah bikin pengumuman, bahwa kami siap terima pasien katarak.”

 

 

Burung yang sudah dioperasi itu, menurut Budi, mungkin tidak bisa kembali 100 persen. “Tapi ya kalau melihat reaksi, ya sudah bagus. Tahu kalau ada benda mendekat kepala atau mata, bisa makan dengan baik, bukan karena hapalan.”

Penasaran dan ingin diskusi lebih dekat dengan Budi Mastering, silakan hubungi langsung lewat Whatsapp di 0852.2858.2181. [maltimbus]

 

BUDI DI TERAS RUMAHNYA

 

 

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: budi mastering jogja burung katarak

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp