SILANGAN BORDAN F2, SUDAH IDEAL BUAT LOMBA

BREEDING + VIDEO

Karakter Oke, Murai Silangan Borneo-Medan Banyak Dicari

 

 

 

 

Kicaumania yang berburu murai batu hasil breeding dipastikan akan terus bertambah. Apalagi, tahun 2017 PBI sudah tidak lagi membuka kelas murai batu non ring. Hanya burung murai ber-ring yang bisa ikut lomba di PBI. BnR juga tak mau kalah, meskipun baru sebatas pada kelas Utama, yang mewajibkan murai batu Ring.

Para breeder pun terus berinovasi. Tidak sekadar memperbaiki materi indukan dengan burung prestasi dan berpostur oke. Utak atik penyilangan pun mulai dilakukan. Jenis yang dianggap unggulan Medan, disilang dengan Nias atau Ekor Hitam, juga Medan dengan Borneo.

 

BETINA BORDAN F1, DIKAWINKAN KEMBALI DENGAN PEJANTAN MEDAN

 

Salah satu spesialis yang sudah lama mengutak-atik silangan Borneo – Medan, yang kemudian disingkat sebagai Bordan, adalah H. Suwadi Klaten. Menurut H. Suwadi, silangan Bordan lebih baik ketimbang Nias.

“Bordan menurut saya lebih bagus, karakternya anteng. Kalau secara umum, kekurangan murai Borneo kan pada volume, tapi ada juga beberapa yang volume bagus, meski jarang. Kelebihannya, burungnya lebih anteng.  Kalau buat lomba amanlah. Itulah sifat yang ingin kita ambil,” ujarnya.

Anakan yang baik, umumnya adalah F2. Pertama-tama, Suwadi menyilangkan Pejantan Borneo dengan betina Medan. Diambil anakannya yang betina, kembali disilangkan dengan pejantan Medan. Ketemulah anakan yang bagus untuk disiapkan sebagai petarung. 

 

ASINAN HALUS. INDUK LEBI PRODUKTIF, PIYIK TERHINDAR KAKI LUMPUH

 

“Berikutnya yang penting adadalah proses pemasteran, mesti diisi dengan lagu-lagu yang banyak mengandung tembakan, ya biar kekurangan pada sifat Borneo-nya tidak terlihat, sementara kelebihan sifat antengnya bisa kita dapat.”

Video anakan Bordan milik H. Suwadi, umur sekitar 11 bulan, bisa dilihat pada link di bawah tulisan ini. “Belum pecah, tapi sudah terlihat bagusnya. Harus tunggu satu kali brodol lagi baru benar-benar siap. Ya tunggu 8 bulan lagilah kalau pengin tahu maksimalnya.”

Bagi yang masih penasaran dengan murai Bordan, bisa kontak langsung dengan H. Suwadi di 081392337777, 085793777777, pin bb 5EC6107B.

VIDEO PENAMPILAN ANAKAN BORDAN 11 BULAN, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: bordan silangan murai borneo medan h suwadi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp