BRANJANGAN BROJOL

Usia Muda, Kaya Prestasi + VIDIO

Memiliki burung yang rajin meraih juara merupakan idaman bagi semua kicaumania. Terlebih jika burung kesayangannya mampu juara di event lintas daerah maupun lintas EO. Jadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Begitulah yang dialami oleh Ito Monster 35, salah seorang Branjes dari Cilacap dengan branjangan Brojol sebagai gaco andalannya saat ini.

Ito bisa dibilang masih pendatang baru di dunia Branjes, namun prestasi Brojol sudah mampu menjadi pusat perhatian bagi para Branjes tanah air. Usia Brojol masih muda, baru 8 bulan.

 

 

 

Salah satu prestasi penting adalah saat meraih juara kedua di event Launching Puring Enterprise Kebumen, Minggu 4 April 2021. Ini jadi salah satu bukti nyata kehebatan Brojol. Setelahnya, Brojol semakin layak diperhitungkan pada event-event akbar branjangan tanah air.

Terjun dan mengenal dunia burung dimulai oleh Ito pada tahun 2019 silam. Pada awal mengenal lomba burung, Ito memulai dari bermain ocehan terlebih dahulu.

Setelah itu minatnya sempat berganti-ganti demi mencoba tantangan baru. Beberapa jenis burung yang pernah dicoba oleh Ito, seperti cucak rowo, anis merah, murai batu, hingga akhirnya beralih ke branjangan hingga saat ini.

 

ITO MONSTER 35 CILACAP

 

Perkenalannya dengan branjangan dimulai ketika Ito melihat penampilan branjangan milik salah satu branjes mania di Cilacap. Ito sangat kagum melihat penampilan branjangan tersebut.

Branjangan yang memiliki bentuk fisik yang kecil itu ternyata mampu mengeluarkan suara yang bagus dengan volume keras. Bermula dari ketertarikannya kepada branjangan itulah, akhirnya Ito mengoleksi beberapa branjangan untuk sekedar digunakan sebagai masteran atau untuk dijadikan ocehan rumahan saja.

Menurut Ito, salah satu gacoannya yang bernama Brojol didapatkan dari salah seorang temannya dari Cilacap. “Waktu itu teman saya menawarkan Brojol ke saya, masih muda dengan usia 5 bulan,” ungkap Ito.

 

 

Brojol akhirnya menjadi koleksi burung milik Ito yang cukup handal. Hanya berselang dua bulan saja setelah transaksi, Brojol langsung dicoba diturunkan di even Latber lokalan di Cilacap.

Tak disangka-sangka, Brojol berhasil meraih juara 1 pada event tersebut. Prestasi Brojol berangsur-angsur semakin stabil di lapang. Ito pun sering menurunkan even lintas EO, prestasi Brojol semakin bersinar.

Kelebihan Brojol terletak pada kualitas suara kristalnya yang tembus dengan irama lagu yang variatif. “Isian yang ditonjolkan Brojol bermaterikan rol tembak, beberapa di antaranya ada gelatik dan cungkok. Tembakannya yang dominan biasanya pelatuk sisir sambung lovebird, ciblek dengan dua versi. Ada ciblek gunung dan ciblek kristal, dan juga tembakan lainnya. Yang saya sukai dari Brojol, membawakan irama lagunya bagus,” ungkap Ito.

 

BRANJANGAN BROJOL

 

Brojol masih muda, menurut Ito dalam hal rawatan maupun setingan hariannya masih cukup standar, sama seperti rawatan branjangan koleksinya yang lain.

“Pakannya saya memakai pakan kiloan, hanya ditambah dengan ekstra fooding saja. Penjemuran cukup satu sampai dua jam sudah cukup, hariannya juga cukup digantang di rumah bersama burung lainnya,” imbuh Ito.

Ito juga membagikan rahasia kesuksesannya supaya Brojol memiliki stamina yang prima di lapang sebelum lomba dimulai. “Selain setingan harian yang rutin, sebelum lomba Brojol diberikan ekstra fooding tambahan berupa jangkrik, kroto, atau ulat  hongkong sebelum ke gantangan.”

 

 

Menurut Ito, suka dukanya dalam merawat Brojol selalu ada. Namun bagi Ito hal yang begitu berkesan dari bermain branjangan adalah membuatnya bisa saling mengenal para pemain senior dan komunitas branjangan dari luar kota lainnya, sehingga bisa saling berkomunikasi dan bersilaturahmi.

“Dengan saling bersilaturahmi antar komunitas branjangan akan mempererat tali persaudaraan seperti satu saudara. Kita juga berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam hal rawatan maupun setingan lomba.”  [maman]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

TWISTER BUBUR, cocok untuk meloloh piyik/baby burung pemakan bijian termasuk branjangan. Para breeder burung ocehan juga banyak yang cocok menggunakan TWISTER TROTOLAN. Selepas masa loloh/trotol, banyak yang mengaku cocok menggunakan Twister GoldSeaweed, atau Anti Stress.

Beli dan terus berikan TWISTER yang cucuk untuk burungmu, untungnya dobel-dobel. Untuk piyik lebih sehat dan cepat besar serta tidak mudah mati, untuk yang sudah mulai remaja sampai dewasa lebih sehat dan lebih gacor dengan suara lebih keras dan bening. Dapatkan ratusan voucher/kupon hadiah langsung tanpa diundi, seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku untuk pembelian 1 Januari – 31 Desember 2021.

 

Penasaran seperti apa penampilan Brojol juga materi lagu yang dimainkan, berikut bisa kita tonton Vidio nukilan aksi Brojol:

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: branjangan brojol

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp