BRIAN BMBS &FAMILY. MARVEL JUARA 1 CUCAK HIJAU, VIPER JUARA 1 KENARI KECIL.

BMBS PRODUCT

Rahasia Cucak Hijau Marvel Tampil dan Juara Terus

 

 

 

Nama Marvel, cucak hijau milik H. Kirno & Family - BMBS Product tentunya cukup dikenal. Maklum, burung ini kerap meraih juara di even-even besar, termasuk yang terakhir di Pakualam Cup 4, 5 Juni yang lalu.


Beberapa juara sebelumnya di raih antara lain di Dandodiklatpur Klaten juara 1 dan 5, Lawu Award Karanganyar juara 1, 2, dan 3; Valentine PBI Jogja ranking 4, 6, dan 9, Pandanaran Award Klaten juara 1, Soeharto Cup 2 dan 9, Bhirawa Yudha Cup Solo 1 dan 5, Dandim Cup Solo juara 2, dan terakhir di Pakualam masuk juara 1.


Menurut Brian, sudah banyak yang ingin menawar Marvel, namun hingga kini belum ada yang berjodoh, sehingga masih tetap dalam rawatan ia dan keluarganya di Barek, jalan Kaliurang, utara kampus UGM.


Di rumah, perawatan keseharian memang lebih banyak dilakukan oleh ayahnya, H Kirno. H. Kirno memperlakukan cucak hijau bak priyayi. Misalnya, kalau pas njemur posisinya dipasang lebih tinggi ketimbang burung yang lainnya.


“Saya percaya burung seperti cucak hijau itu seperti priyayi, supaya mental juaranya tumbuh, perawatan pun perlu merasa diistimewakan. Seperti kalau jemur, harus lebih tinggi dari yang lain,” jelasnya kepada burungnews.


Hal penting dalam merawat dan menyetel cucak hijau, menurut H. Kirno, adalah bagaimana mengelola dan mengendalikan birahi. Kapan burung mesti digantang lebih awal, kapan mesti digantang terakhir atau paling tidak bersamaan dengan yang lain.


Nah, salah satu resep mengelola birahi burung, teramsuk cucak hijau Marvel, bisa dilakukan dengan asupan Moncer1. Bila hari Jumat dan Sabtu kondisi burung terasa kurang birahinya, bisa ditambahkan beberapa tetes Moncer. Demikian pula dengan melihat kondisi hari Minggu-nya, bilam kurang siap, bisa ditambahkan lagi beberapa tetes dalam air minum.


Hal sebaliknya justri di lapang, di mana stelan lomba lebih banyak dilaukan oleh Eko Supriyanto, atau lebih sering dipanggil Supri. Uniknya, Marvel mau kerja maksimal justru saat tidak ditunggui oleh H. Kirno.


“Selalu begitu, kalau pas bapak ada burung malah kurang kerja. Pas kerja maksimal dan burung juara, pasti ketika Bapak tidak menunggui. Makanya kemarin di Paku alam kan Bapak ikut juga, saat burung kurang kerja di sesi pertama, Bapak lantas kita minta pulang. Benar saja, setelah bapak pulang, Marvel kemudian mau kerja maksimal dan juara 1,” terang Brian yang didampingi adiknya Opie, Rizal serta sang penyetel Supri.

 

KATA KUNCI: brian bmbs h kirno cucak hijau marvel burung priyayi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp