MR. OKKY (2 DR KANAN) DAN MR. AXELLIO (2 DR KIRI), KAWAL CH HOKKY DOUBLE WINNER

BLITAR THE LAND OF KINGS

MB Lakon Hatrik, Type-R Nyodok di 55K, CH Hokky Double Winner

Murai batu Lakon berhasil hatrik sedangkan murai Type-R yang sempat meraih runner up di 110K akhirnya naik podium satu di tiket 55K. Cucak hijau Hokky dalam kondisi 75% mabung masih mampu meraih double winner.

Gacoan yang menang di Blitar Ther land of Kings saat ini menjadi perbincangan para pemerhati dan praktisi perburungan tanah air. Siapa pun yang menang akan menjadi sorotan, maklum even Blitar The Land of King saat ini menjadi salah satu even percontohan yang dirancang untuk menghasilkan jawara tanpa rekayasa.  

 

MR. TUTUT (PALING KIRI), MB LAKON HATRIK

 

Murai batu persaingannya sangat ketat, namun murai Lakon milik Mr. Tutut alias JNT dari Jatayu Tulungagung  4 kali naik gantangan berhasil meraih juara pertama sebanyak tiga kali alias hatrik  yaitu juara 1 di sesi utama atau tiket 220K, sesi 80K A dan 80K B, di sesi 110 juara 4.

Kerja Lakon cukup bagus, namun menurut Mr. Tutut, gacoannya ini kurang maksimal karena  terlalu kekenyangan, “Jeda antara kelas yang satu dengan yang lain terlalu rapat, habis cucak hijau langsung murai, cucak hijau lagi selang dua sesi murai lagi, jadi terlalu rapat antar sesi membuat burung terlalu kenyang jadi kurang maksimal. Karena setiap mau turun kita kasih ulat hongkong 5, biar agak emosi gitu,” ungkap Mr.Tutut.

 

 

Prestasi Lakon masih juara di seputaran Tulungagung dan Blitar, kenapa gaco ini dikasih nama Lakon? “Dari pemilik awal namanya suda Lakon, saat usia pastol sudah menangan, masteran hanya pakai HP MP3, rawatan harian jangkrik 2 - 2  dan kroto,” tandasnya. Mr. Tutut yang siap menurunkan Lakon di even PCS Royal Kicau.

Murai batu tiket 110K juga seru, di sesi ini di puncaki Kelud milik Mr. Jembling alias Mr. Jikan BBL. Sebenarnya Kelud pernah meraih juara 4 di even Blitar The Land of Kings beberapa minggu yang. “Ini laga pertama Kelud pasca mabung, dan hanya saya turunkan sekali saja di tiket 110K untuk menjaga kondisinya yang belum kuat,” ungkapnya.

 

MR. IPUNG DARI PIUNG BF, MURAI TYPE-R JUARA 2 DAN 1

 

Kelud dulunya didapatkan  dari Gunawan Garum, “Sebelum saya transfer, Kelud sudah sering juara. Saya tertarik dengan Kelud ini karena memiliki lagu panjang-panjang seperti cililin dan kenari. Kelud saya persiapakn ke even Gothness Vaganza Gong 2023 di KRS Enterprise 1 Januari 2023,” kata Mr. Jikan pada burungnews.com.

Murai Type-R milik Ipung BF yang dijoki oleh Mr. Junno meraih runner up di tiket 110 membayangi Kelud, namunsaat tampil di tiket 55K berhasil meretas prestasi puncak mengungguli Nao Maru milik Mr. Anto dari Bagong SF. 

 

RUTHAN KAWAL CH WATU LIMO MILIK RAYHAN SHINTA JUARA 1 SESI 35K B

 

Type-R sudah sering juara, pernah juga juara 1 di Blitar The Land Of King pada edisi dua bulan silam, selain itu juga juara 1 di Kapolsek Cup Kanigoro. “Type-R hasil ternakan teman dari Bekasi, bisa stabil juara karena konsisten dalam perawatan,” jelas Mr. Ipung.

Menurutnya, perawatan yang utama untuk Type-R adalah cara mandi, “H-1 harus mandi cepuk setelah itu diangin-anginkan lalu ditutup atau di kerodong. Saat di lapangan burung ini harus dijauhkan dari burung lain agar tidak gembos saat berlaga,” jelas Ipung pemilik peternakan murai Ipung BF di Kalidawir dan Kesamben sebanyak 8 kandang, hasil breedingnya bering Ipung silver PBI.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Cucak hijau Hokky milik alm. Hupe dari Hupe SF yang di rawat oleh Mr. Okky FP dan dijoki oleh Mr. Axellio makin bersinar, setelah sukses di gantangan Kicau Alam, kali ini di Blitar The Land Of Kings dengan meraih double winner, yaitu juara 1 di sesi 55K dan 35K A.

Hokky sebenarnya msih dalam kondisi mabung dan baru pulih 75%, “Kita uji coba, biar tidak lupa lagu dan gayanya, meski belum pulih benar karena bulu sayapnya masih renggang-renggang namun kerja hypernya masih dapat, dan ternyata mampu meraih double winner,” terang Okky.

 

MR. ZAENAL, CENDET MISTIS JUARA 1 DAN 2

 

Sedangkan cucak hijau Watu Limo milik Rayhan Shinta dari Kaweron SF yang dijoki oleh Ruthan berhasil naik podium satu di sesi 35K B mengungguli Samber Lilin milik Mr. Aris P dari Kendo Kenceng.

Cendet juga seru, di sesi A tiket 20K dijuarai Mistis milik Mr. Zaenal dari SCB Pakunden, gaco ini memiliki keistimewaan pada kerjanya yang nagen satu titik denga isian dominan gereja, tengkek dan lovebird. “Mistis di Dimoro, R3 dan KRS Enterprise ini sering meraih juara 1. Burung ini dulunya saya dapat dengan mahar 500K saat ini sudah ada penawaran 3 juta, belum saya lepas,” akunya.

 

MR. BOLANG, ARJUNO JUARA 1 CENDET B

 

Namun sayang, saat Mistis diturunkan di sesi B harus puas sebagi runner up kalah dari Arjuno milik Mr. Bolang dari Bintang SF Kembangan. Kalau Arjuno saat ditransfer Mr. Bolang seharga 6,5 juta, saat itu dalam kondisi mabung. “Saya pantau 2 bulan, langsung aku transfer, karena burung ini sebelumnya memang sudah sering juara dan karena pemiliknya sering tugas luar kota makanya dijual,” kata Mr. Bolang.

Setingan perawatan dirubah khususnya menu hariannya, “Kalau dulu Arjuno EF hariannya jangkrik 10-10 saya rubah 5-5, hanya saja saat mau naik gantangan saya kasih 8 ekor biar kenyang. Dengan setingan baru prestasinya makin bagus, di Kediri juara 1, persiapan ke Anniversary Putra Candi (25/12),” pungkasnya.

Catat, event terdekat yang wajib diikuti oleh pemilik murai batu, cucak hijau, kacer, dan cendet adalah Soft Launching Samurai, 8 Januari 2023 di Grand Sondokoro, Tasikmadu, Karanganyar. Peserta dijamin tenang, nyaman, bisa duduk manis dekat burung dengan dilayani makanan ringan dan minum.

Team juri full Dewa 99 akan menilai dengan ajuan real terbuka sejak dari proses rolling/blok, bukan hanya di akhir ajuan mentok saja. Dijamin anti odeng, cukup siapkan burung terbaik Anda. Simak brosur di bawah ini. Bila ingin lihat brosur sekaligus jadwal, KLIK DI SINI. [ferry]

 

BROSUR & AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

DATA JUARA BLITAR THE LAND OF KINGS, KLIK DI SINI

 

 

FORTUNA BC, CH KAOLAN JUARA 3 55K DAN MURAI SATRIA ALAS JUARA 3 80K

 

MR. JUNNO (KIRI) DAN MR. IPUNG, MURAI TYPE R JUARA 1 SESI 55K

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

MR. TUTUT ALIAS JNT, MURAI LAKON JUARA 1 SESI 220K (MURAI UTAMA)

 

MURAI NAO MARU MILIK P. ANTO JUARA 2 SESI 80K A DAN 55K

 

 

HOKKY JUARA 1 CUCAK HIJAU UTAMA

 

PARA JUARA CUCAK HIJAU 55K

 

 

PARA JUARA CENDET A

 

MURAI SANTI ALAS MILIK MR. ARIEF RUNNER UP 80K B

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

 

KATA KUNCI: blitar the land of kings mb lakon type r ch hokky

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp