BAGOES BERKAH BF. Kembangkan Trah MLT dan SDP


BERKAH BF YOGYA

Andalkan Inbreed Trah MLT dan SDP

Salah satu pemain perkutut lama di Yogyakarta adalah Mas Bagoes Jangkarbumi. Pemilik Berkah Bird Farm yang memiliki 15 kandang unggulan. Sejak pertengahan tahun 1990-an masih eksis sampai sekarang.

Saat dunia perkututan makin menggeliat seperti sekarang, Berkah BF juga makin intensif mengembangkan farm untuk menghasilkan anakan yang berkualitas.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

"Ada tiga kandang favorit yang selama lima tahun ini saya riset habis-habisan. Dan hasilnya sampai hari ini banyak yang memuaskan. Ada yang masuk di sepuluh besar lomba piyikan saat lomba HB Cup. Beberapa kali juara di kelas Liga dan Latber," jelas Bagoes saat ditemui BurungNews di farmnya.

Salah satu kandang favorit itu adalah K-12.2 yang merupakan hasil jebol kandang dari peternak Pontianak. Pasangan dari Bosnia A.6410 dan Bombay E 7081. Ujung trah kedua induk ini mengarah ke MLT N-1 dan MLT N-2. "Ada darah langsung dari MLT.1662 di situ. Jadi, suara besarnya pasti masuk," tandasnya. Beberapa orang memang sudah indeen anakannya.

 

MONCER LEWAT KI ANOM. Suara Besar tapi Tidak Gembos.

 

Mengepa berani jebol kandang ini, kata Bagoes, karena selama di Pontianak, hasil anakannya berprestasi semua. Dua ekor yang diproduksi di Yogya juga bisa masuk juara di kelas hanging. Dua ekor lainnya saat ini masih dalam pantauan. Salah satunya adalah Ki Anom yang jadi andalan jika dibawa ke lapangan.

Kandang lainnya adalah K.12-6 yang pejantannya adalah burung juara yang masih juga trah MLT N-1. Dipasangkan dengan betina bagus yang diboyong dari kandang Jupiter Surabaya, N-939.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia atau hubungi 08113010789

 

"Anakannya juga relatif merata. Besar tapi tidak gembos. Dan suaranya tetap kristal," ujar pemilik farm di Jalan Jangkarbumi 159 Condong Catur Sleman Yogyakarta ini sambil menunjuk sejumlah koleksi andalannya.

Satu lagi kandang istimewa dari Berkah BF yakni K.12-8. Di kandang ini ada darah Cakrawala Packman dan trah SDP.25, yang kemudian dikembangkan dengan memasukkan trah IGONA-9. Ada sepasang yang sudah lahir dari kandang ini dan rencananya akan diinbreed lagi.

 

 

Harapan besar dijatuhkan lagi pada kandang yang tak bernomor. Di kandang ini ada indukan dari Cristal 666 dari trah Aljazair yang pernah menjuarai LPI. Diharapkan dari kandang ini akan lahir anak-anakan yang bersuara besar, kristal, berirama, dan stabil kualitasnya. "Saya belum bisa bicara banyak saat ini. Kita lihat nanti ya. Ini lagi dipantau terus soalnya," jelas Bagoes.

Lokasi farmnya yang tak jauh dari kampus UPN Yogyakarta dan dikelilingi kosan mahasiswa menjadi daya tarik banyak anak muda untuk mampir. Meskipun baru sekedar tanya-tanya dan ingin belajar tentang perkutut. "Tidak apa-apa. Saya malah senang. Karena berarti akan terus ada regenarasi di kalangan pegiat kungmania tanah air. Banyak juga mahasiswa dari luar Jawa yang mampir ke sini. Bahkan kalau ada yang mau konsultasi lewat telepon saya juga layani. Nomor HP yang 0817 0414 777 itu memang khusus untuk urusan perkutut dan on 24 jam. Pokoknya untuk memajukan perkututan Indonesia saya selalu all out. Supaya nanti semarak lagi kayak masa kejayaannya dulu," ujar Bagoes menutup perbincangan seraya menyebut bahwa dalam seminggu ada tiga acara Latber rutin di Yogyakarta dan selalu penuh dengan pendatang baru..* (Among Kurnia Ebo)

AGENDA LOMBA,  KLIK DI SINI

 

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk Khofifah Cup Surabaya 27 Oktober dan Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: berkah bf yogya inbreed trah mlt dan sdp

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp