BAYU KIOS ARPAS 88 SF JOMBANG


BAYU ARPAS 88 JOMBANG: Hoax! Murai Batu Medan MH di Bawah Rp 2 Juta

Bayu Arpas 88, penjual burung di Jombang mengklaim, tidak ada murai batu Medan muda hutan (MH) yang harganya di bawah Rp 2 juta, kalaupun ada itu pasti bukan murai batu Medan.

Bayu Kios Arpas 88 SF adalah salah satu pedagang burung yang ada di Pasar Burung Tunggorono Jombang. Ketika love bird naik daun, ia menjadi salah satu pedagang yang mampu menjual puluhan ekor love bird per hari.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Kini, di saat penjualan love bird mulai lesu, ia beralih menjual burung kicauan bahan, antara lain jenis pipit, gelatik, trengganis, betet, cendet, ciblek, prenjak, cucak kombo, cigun, cucak rawis, cucak keling, cucak rantai, cucak timor, bekisar,m derkuku, murai batu papua atau deot, jambul emas, jalak kebo, jembrak, kutilang, kacer dada putih, kenari lokal, kenari AF, kapasan, parkit warna warni, poksai mandarin, prenjak abu abu, kepodang, pare-pare, preci, perkutut lokal, trucukan, jalak suren, branjangan, puyuh, murai batu MH dan lain-lain.

Dalam sehari ia bisa menjual sekitar tigapuluhan burung bahan per hari. "Minat pembeli paling ramai ada empat jenis burung, yakni kacer dada putih, trucuk, parkit, dan love bird," katanya.

 

ARPAS 88 SF

 

Khusus untuk murai batu MH ia menjual sekitar 15-an ekor perhari, Itu yang dijual ecer langsung ke user, tidak termasuk murai batu MH yang diambil pedagang lain atau reseller.

Dibanding pedagang lain, Bayu mengklaim ia menjual burung relatif lebih murah dari pedagang lain. "Saya sih mikirnya simpel, jual murah biar putaran cepat. Soalnya jual burung kicauan bahan itu resikonya besar. Tidak seperti love bird yang cukup tahan terhadap penyakit," ungkapya.

 

 

Menyinggung soal penjualan murai batu Medan muda hutan, ia mengatakan kalau saat ini ia tidka pernah mendapat murai batu Medan MH yang asli dari Medan. Menurutnya, murai batu Medan MH yang banyak dijual di pasaran bukan asli murai batu Medan.

Ia mengakui kalau selama ini mendatangkan murai batu dari Malaysia yang tampilan fisiknya nyaris sama dengan murai batu Medan. Ia membanderol murai batu MH Rp 1,3 juta per ekor. "Kalau ada yang jual murai batu Medan MH, itu hoax. Karena saya sudah menggali info dari banyak sumber, saat ini murai batu Medan MH sudah langka," ujarnya.

 

BAYU DI DEPAN KIOSNYA

 

Burungnews mencoba menggali informasi dari Wewen Natasya, penggiat burung dari Sumatera yang pernah menjabat sebagai Ketua Presidium LKMI Sumatera. Menurutnya, murai batu Medan MH sudah tidak ada lagi.

"Jangan membayangkan Medan masih berupa belantara ya. Medan sudah mirip Surabaya, sudah tidak ada hutan lagi. Terus kalau ada yang menjual murai batu Medan MH, jelas tidak benar. Apalagi kalau harganya di bawah dua juta," bilangnya.

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Wewen menambahkan, 10 tahun yang lalu mungkin masih ada murai batu Medan MH. "Kalau sekarang, jelas murai batu dari luar Indonesia yang masuknya lewat Medan. Setelah dari Medan baru disebar ke berbagai kota yang banyak peminatnya," cetunya.

Sementara itu, Bayu berpesan, agar pembeli cerdas sebelum membeli murai batu Medan MH. Yang masuk ke Indonesia dan diperjualbelikan para pedagang adalah murai batu asal Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

 

 

Sebentar lagi ia akan mendatangkan murai batu ekor panjang dari Palangkaraya, yang ia banderol Rp 1,3 juta per ekor. "Soal kualitas murai batu asala Palangkaraya ini nyaris tak jauh beda dengan murai batu Medan. Ekornya sekitar 17-an cm dan tidak gembung seperti murai batu Borneo," ujarnya.

"Bersyukurlah pra breeder yang masih menyimpan materi murai batu Medan asli, dan berhasil menangkarkan di kandang ternak. Lewat merekalah keberadaan murai batu Medan akan tetap ada," pungkasnya. [RAFF]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: bayu arpas 88 jombang murai batu medan mh

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp