STORY VJ BRANDY & REAKSI BANG BOY


BANG BOY SEWOT PADA STORY FB VJ BRANDY: Bisa Jatuhkan Mental dan Merusak Kicaumania?

Cuitan Bang Boy di laman Facebook-nya segera mencuri perhatian. Ia sewot lantaran membaca story FB, sebuah kutipan vidio dengan tajuk “Lomba burung jadi cluster baru?”

Bang Boy, persisnya menuliskan sebagai berikut, “Wartawan burung hidup dari burung, kok mau nulis tentang lomba burung jadi cluster baru corona, nenek moyang lu apa, sampai detik ini belum ada orang burung kena covid, mau merusak dunia burung yaa...”

Setelah dikonfirmasi berita seperti apa yang dimaksud dalam statusnya, Bang Boy menjawab dengan tangkapan layar/screenshot berupa story pada laman facebook bertajuk "lomba burung jadi cluster baru". Tertera juga nama akun pemosting, VJ Brandy.

 

 

Bang Boy merasa perlu membuat status tersebut, selain itu memang gambaran kegundahannya, juga sebagai teguran keras supaya siapa pun hati-hati dalam membuat pernyataan terkait covid.

“Situasi sekarang memang mengkawatirkan, itu kita sepakat. Dalam kondisi seperti ini, banyak dari kita jadi lebih sensitif. Story itu sekilas seperti memberikan pembenaran, dan bisa menjatuhkan mental kita para kicaumania. Itu sebabnya aku marah,” jelasnya saat dikonfirmasi.

 

BANG BOY SAMBANGI EVENT PARIS D'JAVA YOGYAKARTA, SALING BERI SEMANGAT

 

Bang Boy mengaku paham, secara logika dan tata bahasa, judul postingan itu mungkin tidak salah, ada alasan untuk mencari pembenaran. “Tapi tidak semua hal bisa dijelaskan dengan logika. Kita mesti paham waktu dan situasi, kalau tidak pas ya besar kemungkinannya jadi sumber salah paham.”

Selain itu, sebagian orang juga percaya, perkataan itu, meskipun dalam bentuk pertanyaan, bisa menjadi semacam doa. "Sebagian dari kita percaya hal itu, makanya kita harus lebih hati-hati kalau mau mengucapkan sesuatu. Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan. Kita selalu berdoa untuk kesehatan dan keselamatan, tapi juga harus berusaha dengan menjalankan protokol yang benar," imbuh Boy.

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Menurut Bang Boy, dalam situasi seperti sekarang yang perlu dilakukan adalah saling memberi semangat, jangan justru menjatuhkan mental para kicaumania. Itu sebabnya, hari Minggu 20 September saat berada di Yogyakarta, ia merasa perlu menyempatkan diri mampir ke event Paris D'Java yang digelar Radjawali Indonesia.

“Para EO jelas telah berupaya keras untuk mematuhi protokol. Itu tidak mudah dan memang masih ada kelemahan dalam pelaksanaannya. Beberapa event besar yang kemungkinan sulit menjalankan protokol, kan EO juga memilih menunda. Ini bukan keputusan yang mudah dan enak buat EO, tetapi tetap dilakukan. Karena kita peduli pada keselamatan dan kesehatan bersama.”

 

 

Sementara itu, saat dikonfirmasi Brandy membenarkan menuliskan Story di laman Facebook VJ Brandy dengan mengutip potongan vidio disertai judul seperti tersebut di atas. Ia mengaku tak menduga bakal mendapatkan reaksi seperti itu dari Bang Boy.

“Awalnya dapat kiriman potongan vidio. Di situ ada omongan dari Satpol PP kepada pihak panitia, bila kerumunan di lomba berpotensi menjadi cluster baru, kalau yang hadir tidak patuh protokol seperti memakai masker dan jaga jarak. Itu sebabnya pada story saya kasih judul itu."

Brandy memastikan tidak bermaksud memprovokasi, atau menakut-nakuti, apalagi  mengabarkan (sudah) ada cluster baru di lomba burung.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

“Tanda tanya itu menunjukkan ada yang perlu digali lebih dalam informasinya, dengan menyimak vidionya. Jelas isinya supaya mereka yang berada di lapangan lomba harus tetap memakai masker dan jaga jarak. Pilihan kata pada judul memang biar bisa menarik perhatian, tapi arahnya bukan cari sensasi, itu bagian dari cara saya pengin ikut peduli dengan mengingatkan kicaumania agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol. Itu semua bukan untuk orang lain, tapi buat kita sendiri. Semakin nyampai ke banyak orang pesannya, tentu lebih baik.”

Brandy bisa memahami kenapa Bang Boy marah dengan story-nya. “Saya sadar situasi sekarang memang bikin banyak dari kita lebih sensi. Sekali lagi, saya hanya ingin ikut mengingatkan, mari disiplin patuhi protokol di mana pun dan kapan pun. Semoga pandemi segera berakhir, semoga kita bisa kembali beraktivitas dengan wajar termasuk dalam lomba burung.”

 

 

POSTINGAN LENGKAP BANG BOY:

Dikirim oleh Boy pada Selasa, 22 September 2020

 

Hingga tulisan ini dibuat, postingan Bang Boy sudah disukai lebih dari seribu orang dalam kurun waktu tak sampai 12 jam, dengan puluhan komentar serta dibagikan ulang. Hal ini, tentu saja menunjukkan bila apa yang disampaikan oleh Bang Boy masih memiliki pengaruh yang besar di mata para kicaumania tanah air.

Cerita rupanya juga belum selesai. Pada Rabu malam harinya, Bang Boy kembali melanjutkan menulis status dengan topik terkait. Seperti yang bisa Anda simak di bawah ini.

 

org yg buat status tentang lomba burung cluster corona ..dan ada status yg ngancam mau kasih tau kalau kicaumania ada yg kena covid biar lomba batal semua..bagaimana menurut kalian kicaumania ??..

Dikirim oleh Boy pada Rabu, 23 September 2020

 

Setelah ditelusuri, postingan terakhir Bang Boy di atas ternyata bukan ditujukan pada Brandy, tetapi pada statusnya akun Giri Prakosa [maltimbus].

 

Siapa bilang belum ada Kicaumania yang terpapar Covid-19? Kalo aku kasih buktinya bersedia gak semua gelarannya dibatalkan? ☺️

Dikirim oleh Giri Prakosa pada Rabu, 23 September 2020

KATA KUNCI: vj brandy bang boy

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp