BAMBANG AB GALEH, MB HAPPY BIKIN HEPI


BALEKAMBANG KUMANDANG 4, # 9

MB Pesona 56 dan Raja Tega Mabung, Don’t Worry... Ada Happy

Selama ini, Bambang AB Galeh dari Pekalongan mengandalkan jagoan dari hasil kebun sendiri yang sudah cukup matang, Pesona 56 dan Raja Tega. Saat keduanya mabung bersamaan, ternyata sudah ada juniornya yang tak kalah menghentak, Happy namanya.

Itulah yang kemudian diturunkan Bambang dan kru saat mengikuti gelaran akbar Balekambang Kumandang, Minggu 24 November yang lalu. Hasilnya pun cukup membanggakan, merebut juara 1 dan 2 kelas Ring PBI Silver, bergantian dengan Gawaguci Jr. Duo milik Mr. King Kawaguci Tangerang.

Menurut Bambang, Happy saat ini berumur 2 tahun. Hubungan dengan jago lain seperti Pesona, beda kandang, beda induk. “Sama-sama hasil kebun sendiri, tapi beda trah. Happy ini keturunan OD yang pertama. Ada adiknya, kami simpan buat generasi juara berikutnya.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Setelah unggul di Balekambang, Bambang sudah mempunyai agenda yang cukup padat di bulan Desember bersama Happy dan Sultan (baru dapat dari lapang). Bila tidak ada halangan, rencananya mau melurug ke sejumlah event, yaitu ARW Malang (8/12), Piala Bupati Lebak Banten (15/12), hingga King of Majapahit Mojokerto (22/12).

“Sebenarnya ada kendala, ketiga event itu beruntun hanya jeda 1 pekan, dan jaraknya dari tempat kami di Pekalongan itu dari ujung ke ujung he he he. Semoga tetap diberikan semangat dan hasil yang baik.”

Burung-burung hasil breeding AB Galeh, baik yang masih di tangan Bambang atau sudah pindah tangan, dikenal memiliki materi lagu dan perfoma yang bagus. Tentu saja, ini tak lepas dari pola rawatan dan pemasteran yang dilakukan sejak kecil.

 

KONDISI MB PESONA SAAT INI

 

“Untuk rawatan dan pemasteran dilakukan sendiri di tempat kru kami, Yusak. Guru / master ada banyak jenis burung yang cocok buat murai seperti cililin, srindit, blackthroat, rambatan, kenari, dan burung-burung kecil lainnya. Tentu juga tidak asal, di antara jenis burung di atas dipilih yang tak sekadar gacor, tapi materi suaranya juga dicari yang bersih, bening, dan merdu.”

Selain mengandalkan jago-jago hasil breeding sendiri yang   sudah memakai ring PBI (silver), Bambang juga baru saja dapat jago hasil nyolok di lapangan. Burung bernama Sultan itu baru saja menang nyeri (juara 1 dan 1) di KSOP Anniversary Konin dan Piala Danyon Brimob Pekalongan.

“Kalau kami berusaha objektif saja. Selain mengandalkan jago dari kandang sendiri, kalau di luar melihat ada yang memang bagus dan layak dikoleksi, kemudian yang penting berjodoh, ya akan coba ambil. Kami juga terbuka, kalau memang hasil kebun sendiri ya bilang dari kandang sendiri, kalau dari luar juga akan kami akui dapat dari luar, seperti halnya Sultan.”

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO  TWISTER  di event-event terpilih, termasuk BnR Award 15 Desember. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline  08112663908.

 

 

Bambang cukup pede dengan jago yang sedang siap saat ini, Happy dan Sultan untuk kembali menjelajah lomba lintas daerah bahkan lintas blok. “Tentu juga berharap Pesona 56 dan Raja Tega usai mabung bisa semakin matang dan stabil, dengan bertambahnya umur yang mulai akan masuk usia emasnya. Saat ini Pesona memasuki usia 2,5 tahun.”

Di mata para pengamat murai batu, Pesona 56 dikenal sebagai salah satu yang memiliki lagu terbaik di antara burung-burung muda ring. Tidak hanya sebatas dibandingkan dengan sesama ring PBI Silver, bahkan juga bila disandingkan dengan burung ring umum lainnya, sepanjang itu memang benar-benar burung ring tulen.

 

Pastikan JANGKRIK yang diberikan untuk burung Anda bersih, sehat, dan mengandung nutrisi terukur. Lihat video bagaimana sebaiknya memperlakukan jangkrik yang baru dibeli, dengan klik gambar di bawah ini.

 

Maka bila namanya sering bertengger di papan atas kejuaraan di banyak event termasuk event akbar, tentu saja sangat wajar. Kini, Happy yang lebih muda tampaknya juga siap mengikuti jejak Pesona 56. Selain terkait perawatan hingga pemasteran yang baik, tentu saja titik awalnya dari indukan yang benar-benar hasil seleksi yang ketat.

Nah, Anda yang pengin kenal lebih dekat untuk berbagi pengalaman soal breeding, perawatan, pemasteran, hingga menyiapkan murai batu untuk lomba, bisa melalui 0817298730. [maltimbus]

JUARA BALEKAMBANG KUMANDANG,  KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: balekambang kumandang 4 mb pesona 56 raja tega happy

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp