CENDET CINCIN DIBELI DARI PASAR KINI DITAWAR MAHAL


BAGAS GAFFELO

Jangan Remehkan Cendet dari Pasar

Asal jeli saat membeli, hasilnya tidak akan rugi. Inilah moto yang dikatakan Bagas Gafello, pemain kawak asal Jombang saat membeli cendet dari pasar. Setelah dipoles, cendet yang dinamai incin berhasil moncer dan jadi rebutan para pemain.

Bagas Gafello memang masih belia, tapi kiprahnya di pentas kicauan tidak perlu diragukan lagi. Tahun 2007, ia sudah menenteng gaco ke Blok Tengah juga Bali, meski saat itu hadiahnya hanya tropi dan piagam. 

 

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Sekitar tahun 2015 ia sudah mengelola salah satu gantangan di Jombang, sekaligus menjadi juri burung. "Saya mulai ikut lomba tahun 2007. Awalnya sih diajak teman, tapi lama-lama ketagihan. Kalau ke luar kota naik bus atau kereta api. Pokoknya hepi banget waktu itu," ceritanya.

Namun, sekitar tahun 2019 karena kesibukan bisnisnya, ia memutuskan rehat dari pentas perburungan. Sampai pada awal 2021 ini, ia menemukan gaco yang membuatnya ingin kembali ke gantangan.

 

ROMADHON (KIRI) DAN BAGAS GAFELLO

 

Gaco yang membuatnya ingin berkiprah lagi adalah cendet Cincin. Saat ini prestasi Cincin sudah mentereng. Di bulan ini saja, Cincin sudah mengoleksi tujuh tropi dari tiga even prestis. Di Latpres Kebokicak BC dua kali juara I, di even Konservasi Alam Rimba Raya Pare, Kediri dua kali juara II, dan terakhir di Kopdar Murai Batu di Tambakberas Jombang nyaris hatrik.

Kehebatan Cincin yang memiliki gaya nagen di satu titik ini langsung terlihat saat kerodong dibuka. Belum naik gantangan sudah mengumbar tembakan gereja kawin. Saat digantang langsung melengkapi dengan vokal cililin, prenjak betina, keprek, dan besetan cucak jenggot.

 

 

Sejumlah kehebatan yang dimiliki Cincin, membuat sejumlah pemburu gaco mendekat. "Sejak turun di Kebokicak, Cincin sudah dipantau. Waktu turun di Rimba Raya Pare, sudah ada yang berani tanya mahar. Dan waktu tampil di Kopdar Murai Batu, ada juri dari Surabaya yang kebetulan datang siap membayar Rp 15 juta," bilangnya.

Meskipun Cincin dibeli dari pasar dengan banderol relatif miring, mendapat iming-iming mahar tersebut tak membuat Bagas Gafello keblinger. Ia tetap ingin mempertahankan Cincin karena menurutnya, gaco inilah yang membuatnya ingin kembali ke gantangan.

 

CENDET CINCIN DAN PRESTASI DI BULAN JUNI 2021

 

Di rumah saya juga punya gaco cendet, cucak hijau, dan murai batu. Tapi hanya Cincin yang membuat saya ngin kembali ke gantangan. Apalagi saat ini kelas cendet mulai nain daun. Terus terang, Cincin saya beli dari pasar burung hanya Rp 750 ribu," ungkapnya.

Saat membeli Cincin, beber Bagas, Cincin baru saja tuntas mabung. Kebetulan pemilik lapak di pasa itu punya banyak burung master. Dengan logika yang pas, ia pun tidak ragu memboyong cendet pasar ini.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

"Logikanya, waktu mabung cendet butuh master yang bagus. Saya lihat, di lapak itu ada burung gereja gacor, keprek, cucak jenggot, dan cililin. Dengan asumsi ini, maka saya tinggal melengkapi saja, serta mencari setingan yang pas," katanya.

Pola perawatan yang diterapkan Bagas juga tidak terlalu ribet. Untuk harian diberi pakan kroto bersih satu sendok makan plus jangkrik lima ekor pada pagi dan sore. Setiap pagi mandi semprot, diangin-anginkan sebentar dan dijemur hanya 15 menit. Setelah itu air minum diganti dengan air galon yang diberi campuran vitamin, lanjut full kerodong sampai sore.

 

 

"Sore tidak perlu dimandikan lagi. Cukup diberi lima ekor jangkrik dan diangin-anginkan. Untuk vitaminnya, saya percaya sama Lemans yang saya beli di Tokopedia. Lemans ini bukan doping, tapi obat untuk menjaga kesehatan burung. Kalau burung sehat pasti rajin bunyi," bilangnya.

Untuk urusan lomba, Bagas Gafello juga tidak mau memforsir Cincin. Setiap pekan, ia hanya mengagendakan turun di satu even. "Cendet termasuk burung fighter, kalau diforsir lomba, lama-kelamaan akan rusak. Karena itu saya instruksikan kepada Romadhon perawat saya, hanya boleh membawa Cincin ke lapangan seminggu sekali," kata Bagas. (RAFFAEL)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: bagas gaffelo

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp