H JUPRI (KIRI) DAN SINYO


ARJUNO BC JOMBANG: MB Darah Muda, Baru Pastol Bisa Koncer

Surprise! Umur baru enam bulan dan baru ganti bulu sudah bisa moncer di gelaran Arjuno BC Jombang, Jumat 23 Oktober 2020. Apa yang membuat murai batu Darah Muda milik H Jupri dari Setro BF ini bisa juara?

Sangat beresiko, punya gaco murai batu masih muda sudah dipaksa dikonteskan. Ini bukan pendapat satu dua orang, tapi sering jadi bahasan para pakar murai batu di sejumlah group murai batu di facebook atau medsos lainnya.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Jadi ingat dengan Muhammad Irfan, breeder kondang sekaligus pencetak murai batu handal dari Pare-Kediri. Ia adalah salah satu pemain yang tidak suka kalau melihat ada pemain yang memaksa murai batu muda tampil di kontes.

"Saya sih sangat tidak setuju kalau ada pemain yang memaksa gaco muda tampil di kontes. Cari bahan murai batu bagus itu susah. Sudahbanyak contoh, gaco muda yag dipaksa tampil di kontes, begitu berhadapan dengan gaco yang sudah berumur, mentalya langsung drop," katanya.

 

JUARA LOVE BIRD M1 A

 

H Jupri pemilik murai batu Darah Muda dari Setro BF Jombang setuju dengan argumentasi itu. Tapi ia tidak tahan untuk mencoba menurunkan gaco mudanya, terlebih melihat Darah muda sudah pandai berolah vokal dan bersuara lantang.  Darah Muda adalah salah satu anakan dari kandang Setro BF Jombang.

"Ini tampil perdana, mungkin setelah ini akan saya tahan sampai umurnya cukup. Saya penasaran ingin mengukur kualitas tarungnya. Di rumah, Darah Muda sudah punya kelebihan yang jarang sekali saya temukan di gaco lain. Suaranya sudah keras, olah vokalnya juga bagus. Sudah bisa melantunkan suara love bird dan kenari dengan durasi mewah," ujarnya, usai menggantang Darah Muda di Latber Arjuno BC di Desa Plosokerep, Peterongan, Jombang.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU VIP G 30

 

Di atas gantangan, darah muda terlihat mampu mengimbangi aksi murai batu lain yang digantang di kelas yang sama. Begitu kerodong dibuka, suara love bird langsung menyeruak dan memuat pemain lain terkagum-kagum.

Pun saat digantang, sudah bisa unjuk talent dan berani meladeni gempuran gaco yang ada di sebelahnya. "Ini gaco baru lepas trotol, umurnya belum enam bulan. Ekornya saja masih belum tuntas, masih dorong ekor," kata Sinyo, joki yang dipercaya menggantang Darah Muda.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Saat penentuan koncer, Darah Muda yang tampil menonjol dari awal berhasil merebut hati tim juri yang akhirnya memberikan bendera koncer A mutlak. "Lagunya mewah, volum suaranya juga bagus," kata Wasis salah satu juri yang bertugas.

Gelaran Arjuno BC kali ini sebenarnya meriah, Sayang, lomba baru berjalan lima kelas, hujan deras mengguyur dan membuat lomba harus dihentikan. "Mohon maaf, karena cuaca tidak mendukung, latber kali ini terpaksa kita hentikan," kata Madiq Aska, MC cerdas yang memandu gelaran Arjuno BC.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER VIP G 30

 

Lima kelas yang sudah tergelar di Arjuno BC pada Jumat ini adalah, kelas Love Bird M1 A, Cucak Hijau G 30, Love Bird Fighter G 30, Murai Batu G 30, dan Love Bird M2 A. Sayangnya, data juara di gelaran Arjuno BC kali ini tidak bisa ditampilkan. "Mohon maaf, data juaranya kena air hujan, tulisannya jadi luntur. Jadi untuk kali ini data juara tidak bisa diupload di media," kata Madiq.

Gaco lain yang tampil impresif dan mampu menyita perhatian para pemain adalah duo love bird Fighter orbitan Joko dari ASL Team. Kedua gaco adalah Mozart meraih juara I dengan sebutan ekstrim 6 dan ekstrim 2, dan Maret meraih juara II dengan sebutan super 2 dan panjang 1. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: arjuno bc jombang mb darah muda

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp