HENDRIK DAN 2 EKOR CILILIN DALAM SANGKAR, COCOK UNTUK MASTERAN MURAI BATU

ARIK BIRD SHOP MOJOKERTO

Suplayer Cucak Hijau Terbesar, Cari Masteran Bisa di Sini

Datang ke Kalimantan dengan tujuan untuk membuka bengkel motor. Namun, di sana Arik justru menjadi  pemasok ulat hongkong dan jangkrik yang didatangkan dari Jawa. Orangtua yang sakit membuatnya pulang ke Jawa. Kenalannya dengan pemikat dan pemasok burung selama di Kalimantan, membuat Arik ABS tidak kesulitan mendatangkan burung-burung khas Kalimantan.

Senin Malam, sekitar pukul 21.00 WIB, seorang lelaki datang dengan berjalan kaki ke kios burung Arik Bird Shop (ABS), yang berada di Dusun Ngingas Rembyong RT 04/02, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kios yang berada di samping rumah, dan yang letaknya bukan di jalan utama yang ramai, jam segitu ternyata masih buka.

 

 

 

Lelaki misterius itu tanpa banyak kata lalu menunjuk ke beberapa burung untuk diambilkan. Bahkan saat mengamati cucak hijau, salah satu burung masteran milik ABS, yaitu cililin sedang menunjukkan shownya. Ia mengeluarkan tembakan panjangnya hingga suguhan itu mampu membuat lelaki misterius itu langsung jatuh cinta. Harga 1,7 juta tidak ditawar lagi. Ditambah beberapa cucak hijau yang diambilnya, total belanjaan lelaki itu menghabiskan beberapa puluh juta rupiah.

Arik Kristanto, pemilik ABS yang kebetulan melayaninya, baru sadar jika lelaki yang berjalan ke mobilnya dan diparkir agak jauh itu adalah seorang kicaumania Mojokerto, yang juga seorang Camat di sebuah kecamatan di Mojokerto. “Saya baru sadar siapa dia setelah melihat di bagian belakang mobilnya banyak baju dinas yang tergantung,” ucap Arik.  

 

CUCAK HUJAU DALAM KIOS ABS MOJOKERTO, JUMLAHNYA MENCAPAI RATUSAN EKOR

 

Di zaman digital yang serba online, tempat usaha menurut Arik tidak harus di tempat yang strategis. ABS meski tempatnya terselip, dalam sehari ada banyak kicaumania yang mendatanginya. Tak hanya pembeli eceran, namun agen-agen dari beberapa kota yang membeli burung secara partai, seperti Malang, Sidoarjo, dan Surabaya juga banyak yang merapat ke ABS.

ABS Mojokerto, boleh dibilang adalah suplayer terbesar cucak hijau, bahkan mungkin tidak hanya di Mojokerto, namun di beberapa kota. Selain melayani agen-agen burung di beberapa kota terdekat, ABS juga memasok beberapa agen di Jakarta.  

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Selasa Siang, saat Burungnews.com berada di tempat itu, Hendrik salah seorang yang dipercaya menjaga kios ABS sedang packing burung untuk wilayah Jakarta. Tak menunggu lama, usai packing selesai, cucak hijau dalam kotak-kotak kecil itu langsung dibawa ke stasiun untuk dikirim menuju Jakarta.   

ABS Mojokerto, mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu mengenal sebab ABS tidak main di media sosial. “Saya tidak posting burung di FB ya untuk melindungi agen-agen yang mengambil dari saya. Baru jika stok melimpah saya sesekali posting ke FB,” ucap Arik, yang belum lama ini gaco murai batunya, Bandi mencetak double winner di KMS Cup 3 Mojokerto.

 

SETIAP HARI MESKI TEMPAT JAUH DARI KERAMAIAN, NAMUN BANYAK YANG MENDATANGI ABS

 

ABS Mojokerto bisa mendatangkan cucak hijau dan burung lain dari Kalimantan, sebab ia mempunyai hubungan yang baik dengan pemasok dan beberapa pemikat burung di sana. Sekitar 6 tahun yang lalu, Arik pergi ke Kalimantan dengan tujuan membuka usaha bengkel.

Setelah survei untuk mengetahui harga jasa memperbaiki motor, dimana mendapatkan onderdil dan lainnya, ia justru tidak tertarik membuka bengkel, namun membuka kios burung dengan mendatangkan pakan burung seperti jangkrik dan ulat hongkong dari Jawa. Dari sinilah Arik kemudian kenal dengan pemikat burung hingga pemasoknya.

 

 

“Saya pulang ke Jawa karena orangtua jatuh dari sepeda motor. Pulang tanpa persiapan dan banyak barang yang tidak sempat dibawa pulang, yang kemudian dikirim via paket oleh keluarga di Kalimantan,” ucap Arik.

Kios pakan dan burung yang di Kalimantan masih bisa dikontrol dari Mojokerto. Bahkan, saat di Mojokerto, ia membuka usaha mendatang  burung-burung dari Kalimantan, usaha itu makin berkembang pesat.  Beberapa agen di luar Mojokerto sempat bekerja sama dengannya dengan membayar setelah barang datang. Ada yang berhasil, namun ada pula yang gagal.

 

KIRIMAN KE JAKARTA TAK PERNAH BERHENTI

 

Selain bisa dikatakan sebagai suplayer cucak hijau terbesar, ABS juga bisa dikatakan sebagai tempatnya mencari burung masteran dengan harga miring seperti cililin, kapas tembak, dan pelatuk sampit. Menurut Hendrik, adik Arik, yang sehari-hari bertugas menjaga kios ABS, meski suara burung masteran bisa didapatkan dari HP, namun hasilnya akan lebih bagus jika memakai suara burung asli.

‘’Burung yang dimasteri biasanya lebih peka dan mudah menerima jika memakai suara burung yang keluar dari masteran asli. Namun, karena harga burung masteran seperti cililin cukup mahal, maka tak jarang hanya pemain burung tertentu yang bisa membelinya,” pungkas Hendrik.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: arik bird shop mojokerto

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp