ARIF. LOVE BIRD PAUD CUKHY DARI INDUKAN BIASA BISA JUARA

ARIF MAGELANG BC

Tak Punya Trah Juara, Cukhy Bisa 4 Kali Juara 1 Berturutan

 

 

Love bird juara itu berasal dari indukan juara juga. Begitu yang diyakini sebagian love bird mania. Kemenangan Cukhy, jago besutan Arif Magelang di BnR Markas Magelang, 6 Juni yang lalu, membantah hal itu.

Mamang, masih ada persepsi dan keyakinan pada sebagian lovebird mania, untuk mendapatkan burung juara, mesti punya keturuanan juara. Hal inilah yang membuat Arif, yang tergabung di Magelang BC, merasa tertantang.

“Saya kok yakin, asal dilatih benar dan dirawat secara tepat, lovebird dari trah sayur – love bird mania untuk love bird antah berantah alias asal usul indukan tidak punya catatan juara, bisa juga jadi juara. Sore ini saya kembali membuktikanya, si Cukhy kembali juara 1. Iini untuk yang ke empat kalinya,” ujar lelaki langsing itu tersenyum bangga.

Prestasi sebelumnya diraih di kontes berbeda di Magelang, Temanggung, hingga kota kretek Kudus beberapa waktu berturutan.

”Sekali lagi itu membuktikan meski dari trah sayur juga bisa ngekek duur sampai satu menit. Itu kekuatan fighter si Cukhy, walau dia berwarna kurang disuka – hijau kepala hitam kemerahan, tapi ya seperti orang ambon atau negro, meski fisik kurang menarik tapi suaranya istimewa, he he he,“ cerita Arif terkekeh.

Omong omong, dari mana Arif mendapatkan si Cukhy? Rupanya itu hasil ternakan sendirinya. Niat awalnya hanya untuk belajar ternak. Makanya dipilih dari Indukan murah yang didapat dari kawan hanya berdasar basik volume yang cukup tebal dan rajin ngekek.

“Sekali lagi perlu digarisbawahi, tidak ada keturunan juaranya. Uniknya, udah keturunan ke empat, semuanya bisa moncer di lapangan. Wajar kalau sekarang beberapa kawan love bird mania pada pengin nempil saudara-saudara si Cukhy,” imbuhnya.

Kalau boleh berbagi, apa kunci sukses si Paud yg baru berusia tiga bulan itu moncer?

“Jaga birahinya cukup dengan rajin mandi dan makan milet putih saja jangan bijian lengkap. Kalau bijian lengkap bikin Paud dan love bird pada umumnya over birahi, malah bikin jarang ngekek. Jangan lupa sangkar di krodong full saat istirahat. Biar burung tenang dan saat dibuka di gantangan langsung mau kerja maksimal,“ pungkas Arif.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

TERKAIT:

LOVE BIRD CUKHY MEROKET DI BnR MARKAS MAGELANG, KLIK DI SINI

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: arif magelang bc lb paud cukhy trah sayur bisa juara

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp