BAYU ANISERS JOGJA, TOMBO ATI NYERI DI MEXOLIE CUP


ANIS MERAH TOMBO ATI

Nyeri & Harumkan Jogja di Mexolie Cup, Bayu Bagikan Perawatannya

Salah satu bintang lapangan di even Mexolie Cup Kebumen, 13 Mei yang lalu, adalah anis merah Tombo Ati. Gaco milik Bayu yang datang berombongan dengan para Anisers Jogja ini merebut dua kali juara 1, dari 3 kelas yang tersedia.

Mexolie Cup garapan Kicaumania Kebumen feat Radjawali Indonesia yang antara lain mendapat suport penuh dari Billy Indra Gunawan ini memang memanjakan para anis merah mania. Panitia sampai membuka tiga kelas. Pesertanya juga cukup ramai, nyaris memenuhi separuh gantangan.

Hal ini salah satu yang membuat Bayu, Yasmen, dan kawan-kawan Anisers Jogja melurug ke sini. Padahal Jogja – Kebumen lumayan jauh, mengingat di saat bersamaan juga ada pilihan even lain yang jaraknya lebih dekat.

Pilihan yang tak keliru. Jago-jago dari Anisers Jogja relatif mendominasi kejuaraan. Marcopolo misalnya, jago milik Yasmen yang sebelumnya menang di Supremasi Jogja Istimewa (nama baru untuk even tahunan Valentine PBI), meraih runner up dan juara ke-3.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Histeris milik Ihsan juga menempati posisi ke dua, sementara  Paparazi milik Mr. NSBC menempati rangking ke empat. Satu kelas yang lainnya, dimenangkan oleh Siluman milik Mr. H2D Purwokerto, yang tak lain juga kolega sesama komunitas anis merah.

“Asyiknya main di komunitas ya begini, ada semacam gentlemen agreemen untuk main fairplay, lalu siapa pun yang juara ya dirayakan bersama, dianggap kemenangan bersama. Selama lomba kita juga bisa tenang, senyam, tak perlu teriak-teriak,” jelas Bayu.

 

 

ANISERS JOGJA. ASIKNYA MAIN KOMUNITAS, MENANG DIRAYAKAN BERSAMA (DO. YASMEN)

 

Prestasi Tombo Ati lumayan panjang bila dirunut ke belakang. Tombo Ati tercatat pernah merebut juara  di even PBI, yaitu juara 2 Walikota Cup Jogja dan juara 1 di Bupati Cup Kulonprogo. Catatan lainnya,  juara 1 di Dandim Cup Jogja (BnR), juara 3 di Road to BnR Award 403, juara 3 Piala Prabukusumo (RI), serta juara 3 Pyramid Cup (RI).

Dalam perawatannya, Bayu juga sangat memperhatikan variasi makanan. Harian mulai Senin – Jumat diberikan buah pepaya. Lalu hari Jumat dan Sabtu diberikan buah apel. Burung dikeluarkan dan buka kerodong pagi sejak jam 07.00, anginkan selama 30 menit kemudian masuk keramba untuk mandi.

 

 

Senin – Kamis jemur dari jam 08.00 – 10.00, Jumat jemur dari jam 08.00 – 09.00, dan hari Sabtu jemurnya dari jam 08.00 – 08.30. Hariannya cukup dikasih jangkrik 1 ekor, pemberiannya sekitar 30 menit selesai jemur, lalu dikrodong. Hari  Sabtu diberikan satu sendok teh kroto.

Minggu sebelum berangkat lomba, diberikan cacing 1, jangkrik 2, dan kroto satu sendok teh. Setiap kali mau gantang, diberikan lagi 1 jangkrik. Ada pun asupan utama diberikan voer Topsong kuning.

 

JUARA DI MEXOLIE CUP KEBUMEN, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: mexolie cup kebumen anisers jogja am tombo ati tombo ati

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp